Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 6 Cara Sembuhkan Sakit Gigi yang Paling Ampuh, Sudah Tahu?

qsehat.com - Cara sembuhkan sakit gigi pastilah sangat dibutuhkan bagi Anda yang mengalami nyeri pada gigi. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sakit yang ditimbulkan ketika terserang sakit gigi adalah sakit yang luar biasa. Banyak sekali orang yang mengeluhkan rasa sakitnya ketika terserang sakit gigi. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahasa bagaimana cara menyembuhkannya.

Cara mengatasi sakit gigi agar cepat sembuh juga bisa dilakukan di rumah, sebelum Anda membawanya ke dokter. Banyak sekali caranya, tetapi diklaim sangat efektif dalam menyembuhkannya. Untuk mengetahui cara meredakan dan menyembuhkannya, simaklah pembahasan di bawah ini.

cara sembuhkan sakit gigi
cara sembuhkan sakit gigi

 Inilah Cara Sembuhkan Sakit Gigi di Rumah

Di bawah ini merupakan pembahasan secara detailnya:

1. Mengompres dengan Es Batu

Siapa sangka bahwa cara sembuhkan sakit gigi dapat dilakukan dengan mengompresnya menggunakan es batu. Caranya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasukkan bongkahan es ke dalam plastik dan melapisinya dengan waslap tipis. 

Setelah itu, tempelkanlah pada bagian pipi selama kurang lebih 15 menit, atau Anda juga dapat menempelkannya secara langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Dengan cara tersebut, maka sakit pada gigi akan berangsur hilang.

2. Mengunyah Bawang Mentah

Mengunyah bawang merah dan juga bawang putih merupakan salah satu dari cara mengatasi sakit gigi yang terbilang efektif. Hal ini disebabkan oleh keduanya memiliki sifat antimikroba dan antiseptik untuk membunuh kuman. 

Selain itu, bawang merah dan juga bawang putih dapat mengendalikan rasa nyeri pada gigi yang terasa sakit. Untuk bawang merah, Anda dapat mengunyahnya secara langsung dan tempatkan pada gigi yang terasa nyeri.

3. Berkumur Menggunakan Air Cuka

Cara sembuhkan sakit gigi yang lainnya adalah dengan menggunakan air cuka. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan ½ sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah dan tahan di daerah yang terasa sakit selama kurang lebih 30 detik. Jika sudah selesai, maka buanglah air kumuran tersebut. Gunakanlah cuka dapur dan cuka apel dalam hal menyembuhkan gigi yang sakit ini.

4. Berkumur Menggunakan Air Garam

Selain menggunakan air cuka, Anda juga dapat menggunakan air garam untuk cara sembuhkan sakit gigi ketika di rumah. Larutkanlah ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat dan kumurlah untuk beberapa saat. 

Jika sudah begitu, maka konsentrasikan pada area yang terasa sakit dan buang bekas air kumur tersebut. Alasan kuat yang melatarbelakanginya adaah karena garam memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

5. Mengonsumsi Paracetamol

Jika Anda tidak bisa menggunakan obat herbal, maka alternatif lain dari cara sembuhkan sakit gigi adalah dengan menggunakan obat paracetamol. Paracetamol ini memiliki cara kerja untuk meredakan nyero akibat peradangan dan meringankan skit kepala akibat sakit gigi. Namun, obat ini tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki alergi ataupun masalah serius pada hati.

6. Mengonsumsi Naproxen

Obat gigi selanjutnya adalah Naproxen yang mampu mengobati sakit gigi. Hal ini dianggap ampuh dalam meredakan nyeri saat sakit gigi menyerang. Namun, Anda harus berhati-hati terhadap efek samping yang ditimbulkannya. Efek samping yang mungkin terjadi adalah mulas ringan, sakit perut, sembelit, perut kembung, dan sakit kepala.

Itulah pembahasan secara detail mengenai cara sembuhkan sakit gigi yang bisa Anda lakukan ketika di rumah. Alternatif-alternatif tersebut tidak membutuhkan biaya yang mahal sehingga masih bisa terjangkau. Hal ini hanya dilakukan untuk meredakan. Jika setelah beberapa hari masih terasa keluhannya, maka sebaiknya Anda membawanya untuk diperiksa ke dokter.

Post a comment for " Inilah 6 Cara Sembuhkan Sakit Gigi yang Paling Ampuh, Sudah Tahu?"