Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi yang Berlubang Alami dan Ampuh

qsehat.com - Cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang dengan cepat, yaitu dengan minum obat sering dilakukan oleh penderita. Sakit akibat gigi berlubang sungguh sangat menyiksa. Selain rasa sakit dan nyeri pada area gigi dan gusi, penyakit ini juga dapat menimbulkan sakit kepala dan demam.

Sebenarnya Anda dapat melakukan cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di sekitar rumah. Mau tahu apa saja bahannya? Silahkan simak penjelasan berikut!


cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang
cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang
Inilah Bahan Alami Sakit Gigi yang Berlubang 

Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan sebagai cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang yang bisa anda temui di rumah:

1. Garam

Penggunaan garam sebagai cara penyembuhan sakit gigi yang berlubang telah dikenal sejak dahulu kala. Garam mengandung sodium dengan kadar tinggi yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.Selain sebagai salah satu alternatif cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang, garam juga dapat berfungsi sebagai antiseptik alami untuk meredakan gejala bau mulut.

Cara mengobati gigi berlubang dengan menggunakan garam adalah  mencampurkan 2 sendok makan garam halus ke dalam segelas air hangat kemudian aduk hingga larut. Kumurlah secara teratur dengan larutan ini setiap selesai menggosok gigi.

2. Bawang Putih

Cara mengatasi sakit gigi yang berlubang dapat dilakukan dengan mengunyah bawang putih. Bawang putih memiliki zat Allicin dan minyak alami yang bersifat antiseptik sehingga dapat menjadi obat sakit gigi alami.

3. Bawang Merah

Seperti bawang putih, bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat sakit gigi alami cepat sembuh. Umbi bawang merah mengandung zat antimikroba dan antiseptik yang dapat mengatasi rasa sakit di gusi atau gigi akibat gigi berlubang.

Cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang menggunakan bawang merah dapat dilakukan dengan mengunyah bawang merah atau menempelkannya pada bagian gigi yang sakit.

4. Jambu Biji

Bagian tanaman jambu biji yang dapat digunakan untuk cara mengatasi sakit gigi tanpa obat adalah daunnya. Daun jambu biji mengandung zat analgesik, anti mikroba, dan anti radang yang mampu mengurangi rasa nyeri.

Cara mengatasi sakit gigi yang berlubang menggunakan daun jambu biji adalah dengan menumbuk dengan jumlah secukupnya. Rebus dengan air hingga mendidih. Setelah air berubah hangat, Anda dapat menggunakannya sebagai obat kumur setiap selesai menyikat gigi.

5. Jahe

Cara mengobati sakit gigi yang berlubang besar selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jahe. Jahe sangat efektif karena tanaman ini memiliki kandungan antibiotik yang mampu membunuh bakteri dan kuman yang bersarang pada gigi berlubang.

Menggunakan jahe sebagai cara mengatasi sakit gigi berlubang pada anak dapat dilakukan dengan cara menumbuk hingga agak halus lalu menempelkannya pada area yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

6. Mengompres dengan Es Batu

Cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang lainnya adalah dengan menggunakan kompres es batu. Caranya adalah dengan membungkus beberapa bongkah es dengan handuk tipis kemudian tempelkan pada bagian pipi yang terasa sakit selama lebih kurang 15 menit.

Anda juga bisa menempelkan langsung bongkahan es ke atas gigi yang sakit sebagai cara mengobati sakit gigi yang berlubang dan bengkak. Langkah ini akan menyebabkan saraf gigi mengalami kebas sehingga nyerinya berkurang. Tapi perlu diketahui bahwa cara ini bersifat sementara saja.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan sakit gigi yang berlubang yang bisa Anda lakukan di rumah.  Walaupun telah melakukan pengobatan secara alami, alangkah lebih baik jika Anda memeriksakan kondisi gigi yang berlubang ke dokter agar mendapatkan perawatan cara mengobati sakit gigi yang berlubang dan gusi bengkak dengan tepat.

Post a comment for "6 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi yang Berlubang Alami dan Ampuh"