Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru Dengan Mudah dan Benar

qsehat.com - Cara menjaga kesehatan paru-paru dengan mudah dan benar sebenarnya adalah suatu kewajiban manusia untuk menjaga kesehatannya. Apalagi masalah paru-paru yang merupakan organ penting dan tidak bisa diganti dengan organ lain. Paru-paru mempunyai hubungan dengan peredaran darah pada tubuh kita. Bayangkan jika paru-paru sakit pasti manusia tidak lagi mempunyai mesin untuk mengatur peredaran darah. 

Paru-paru sehat adalah kondisi dimana paru-paru mampu menyediakan oksigen untuk alat bantu peredaran darah. Jadi, paru-paru disebut sebagai pengontrol kerja aktif setiap harinya dalam tubuh anda. Oleh karenanya, butuh yang namanya aktivitas, penangan khusus untuk paru-paru, dan gaya hidup sehat. Agar paru-paru tetap terkontrol serta harapan hidup semakin panjang. 

cara-menjaga-kesehatan-paru-paru
kesehatan paru-paru

Inilah Cara menjaga kesehatan paru-paru 

Adapun cara meningkatkan kesehatan paru-paru yang tepat adalah:

1. Tidak merokok

Penyebab utama yang membuat kesehatan paru-paru terancam adalah aktivitas merokok. Banyak orang yang sebenarnya sadar akan bahaya merokok. Namun, banyak dari mereka malah menyepelekan dampak buruk yang akan terjadi kedepannya. Terutama bahaya akan keselamatan paru-paru mereka.

Oleh karena itu cara menjaga kesehatan paru-paru yang pertama harus dilakukan adalah tidak merokok. Sebab, jika anda merokok tanpa terlihat dalam wujud nyata. Banyak senyawa kimia yang dapat merusak organ tubuh dan paru yang sudah ikut dihisap. Selain itu ada senyawa kimia dan terkandung didalam rokok yang menjadi sumber penyakit kanker. 

2. Menjauh dari asap rokok

Kegiatan merokok saja tidak boleh apalagi hanya terkena asap dari rokok. Hampir sama dengan merokok, orang yang terkena asap rokok juga akan mendapat dampak 50% dari perokok. Yaitu bisa memiliki riwayat sakit sesak, paru-paru terasa nyeri dan penyakit lainnya. 

Jadi cara menjaga kesehatan paru-paru yang kedua adalah berhati-hati bersanding dengan perokok pasif. Melarang anggota rumah yang menjadi perokok untuk merokok diluar rumah. Melarang sanak keluarga apabila anda berada dalam mobil bersama nya untuk tidak merokok. Tetap berusaha menjauhi asap rokok dan hal yang sekiranya dapat merusak kesehatan paru-paru anda. 

3. Aktif mencuci tangan 

Dapat dibayangkan dalam setiap harinya tangan dapat menyentuh dan melakukan aktifitas yang padat. Bisa jadi tanpa disadari banyak bakteri yang telah menempel pada tangan. Oleh karena tugas kita dan usaha dalam mencari cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mencuci tangan rutin.

Caranya dapat dilakukan mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh barang yang kotor. Selain itu, mencuci tangan sebangun dari tidur, dan sesudah buang air kecil ataupun besar. Langkah-langkah mudah tersebut dapat dilakukan secara mudah dan rutin setiap harinya.

4. Hindari polusi udara

Banyak orang tidak tahu bagaimana cara menjaga udara agar tetap bersih dan sehat. Kebanyakan dari mereka malah membuka sarang untuk penyakit paru-paru. Percaya gak sih?, contohnya saja banyak industri dimana pembuangan sampah pabrik secara sembarangan. Ada yang dibentuk asap dan limbah yang mengalir di sungai. Tindakan tersebut yang akan menjadi  udara berpolusi dan tidak sehat. 

Oleh karena itu cara menjaga kesehatan paru-paru yaitu menghindari dimana ada potensi udara yang tidak bersih. Seperti jangan dekat-dekat dengan asap mobil, Jangan menggunakan obat kimia untuk tanaman, dan jangan dekat dengan pembakaran sampah. 

5. Menjaga kebersihan

Baik untuk kalian jika kondisi ruangan yang setiap hari digunakan untuk beraktivitas bersih. Karena dari kebersihan itulah udara yang akan dihirup juga berpotensi bersih dan sehat. Maka tips cara menjaga kesehatan paru-paru adalah membersihkan secara rutin lantai tempat aktivitas. Menghilangkan debu dinding secara rutin dan menjaga kebersihan kamar mandi, dapur, dan kamar. 

Itulah tadi beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru, semoga dapat membantu dan bisa dipraktekkan.

Post a comment for " 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru Dengan Mudah dan Benar"