Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengurangi Rasa Sakit Gigi di Rumah Tanpa Obat yang Bisa Diandalkan

qsehat.com - Cara mengurangi rasa sakit gigi dapat dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter. Apabila Anda mengalami sakit gigi, jangan hanya ditahan karena sebenarnya ada banyak sekali cara untuk membantu mengurangi rasa sakitnya. Untuk meredakannya pun juga bisa menggunakan bahan yang biasanya tersedia di dapur sehingga tidak perlu membeli obat di apotek.

Sakit gigi tidak bisa dianggap sepele karena rasa sakitnya yang luar biasa sehingga banyak orang yang menganggapnya sebagai momok menakutkan. Apabila tidak segera diobati, maka dapat mengganggu aktivitas keseharian terutama pekerjaan.

cara mengurangi rasa sakit gigi
cara mengurangi rasa sakit gigi
 Beberapa Cara Mengurangi Rasa Sakit Gigi di Rumah Tanpa Obat

Agar sakit gigi mereda dan dapat menjalankan aktivitas dengan normal kembali, Anda bisa mencoba cara mengurangi rasa sakit gigi berikut:

1. Berkumur dengan air garam

Bahan yang biasanya dimanfaatkan sebagai perasa makanan ini ternyata baik untuk membantu meredakan sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat ini dari dulu sudah dipercaya ampuh dan efektif.

Untuk menggunakannya cukup mudah yaitu didihkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian larutkan dengan setengah sendok garam, tunggu hingga hangat lalu gunakan obat sakit gigi cepat sembuh ini untuk berkumur. Berkumurlah selama 30 detik, jika sudah buang air kumur tersebut.

2. Kompres dengan es batu

Apabila memiliki kulkas di rumah, tentunya menyimpan es batu bukan? Nah, es batu tersebut dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Es batu memiliki sensasi yang dingin, dimana efek tersebut dapat membantu mematikan saraf gigi yang terasa nyeri.

Untuk menerapkan cara mengurangi rasa sakit gigi dengan menggunakan es batu cukup simpel yaitu lapisilah es dengan kain. Setelah itu, tempelkan pada pipi tepat dengan area gigi yang sakit. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu ulangi hingga sakit gigi mereda.

3. Minyak cengkeh

Cara mengurangi rasa sakit gigi berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Rempah yang satu ini mengandung eugenol, dimana memiliki peran yang sangat penting untuk membantu meredakan sakit gigi.

Untuk mengaplikasikan minyak cengkeh sebagai cara mengatasi gigi tanpa obat ini, siapkan terlebih dahulu cotton ball atau bola kapas. Kemudian tetesi dengan minyak cengkeh dan langsung oleskan pada bagian gigi yang terasa sakit.

4. Mengunyah bawang putih 

Selain dapat dijadikan sebagai penyedap masakan, bumbu dapur yang satu ini juga efektif untuk membantu meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan sifat antibakteri didalamnya bisa melawan kuman pada gigi dan mulut. Selain itu, sifat tersebut juga mampu mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dicoba untuk menerapkan cara mengatasi sakit gigi tanpa obat ini. Cara pertama yaitu menempelkan potongan bawang putih pada gigi yang sakit. Cara kedua, Anda dapat langsung mengunyah potongan bawang putih secara langsung.

5. Menggunakan lemon

Buah yang terkenal dengan rasanya yang sangat asam ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat alami sakit gigi cepat sembuh. Sebab, lemon merupakan salah satu buah yang akan antibakteri dan antiseptik. Jadi, cukup efektif untuk membantu mengurangi rasa sakit gigi.

Cara menggunakannya juga cukup sederhana, yaitu tinggal memeras lemon lalu teteskan pada bagian gigi yang sakit. Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan perasan lemon dengan sedikit air, kemudian aplikasikan menggunakan cotton ball pada bagian gigi yang sakit.

Itulah 5 cara mengurangi rasa sakit gigi, diharapkan dapat membantu Anda terutama bagi yang sedang mengalami sakit gigi. Namun, apabila sakit gigi  Anda tidak kunjung mereda, cobalah untuk konsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidangnya.

Post a comment for "5 Cara Mengurangi Rasa Sakit Gigi di Rumah Tanpa Obat yang Bisa Diandalkan"