Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengobati Virus Corona di Rumah dengan Benar dan Cepat

qsehat.com - Cara mengobati virus corona tidak harus datang ke rumah sakit rujukan. Anda yang memutuskan untuk melakukan pengobatan sendiri dirumah juga bisa. Seperti yang sedang ramai saat ini, COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 membuat gangguan pada sistem pernapasan, mulai dari gejala flu hingga pneumonia.

Orang yang mengidap penyakit ini akan mengalami gejala ringan. Sekitar 70% pasien COVID-19 mengidap kondisi ringan yang bisa dirawat di rumah. Bahkan pemerintah membuat kebijakan untuk tidak ke klinik atau rumah sakit untuk menekan penyebaran virus, kecuali untuk kondisi darurat. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati virus corona di rumah!

cara mengobati virus corona
virus corona
 Inilah Cara Mengobati Virus Corona dengan Perawatan di Rumah

Adapun cara mengatasi virus corona dengan perawatan dan karantina mandiri di rumah adalah :

1. Perbanyak minum air putih

Cara mengobati virus corona yang pertama adalah dengan selalu jaga kebutuhan asupan cairan Anda. Dengan mengonsumsi air putih supaya tetap terhidrasi. Ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sekitar 2 liter sehari. Tetapi, jumlah tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Ketika dirasa sudah haus maka tetaplah untuk minum sebanyak 1 gelas air putih.

Anda juga dapat menggunakan urine untuk acuan apakan Anda terhidrasi atau tidak. Jika urine berwarna terang dan jernih maka tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Jika berwarna sangat kuning maka perbanyak minum air putih. Hindari mengonsumsi soda dan alkohol karena minuman tersebut membuat Anda mudah dehidrasi.

2. Istirahat yang cukup

Berisitirahat yang cukup merupakan cara mengobati virus corona yang harus dilakukan oleh setiap penderita. Selain dibantu dari obat dokter, istirahat yang cukup akan membantu dalam proses penyembuhan. Tidur dapat mengembalikan energi dan memperbaiki kondisi tubuh ketika sakit.

Ketika tubuh terinfeksi virus, Anda akan merasa tubuh cepat lelah dan mengantuk karena sistem imun berjuang melawan virus. Jika tidak diimbangi beristirahat maka tubuh akan terserang demam. Jangan paksakan diri untuk berolahraga berat, tetapi lakukan aktivitas ringan karena dapat membantu tidur di malam hari.

3. Penuhi kebutuhan vitamin 

Selanjutnya, cara mengobati virus corona adalah dengan mengonsumsi atau memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Terutama vitamin C dan E yang bisa membantu tubuh Anda dalam melawan virus corona. Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, alpukat, kiwi, pelaya dan lain sebagainya. Atau jika tidak, anda bisa beli suplemen di apotek.

4. Peka terhadap gejala

Cara mengatasi virus corona berikutnya adalah dengan peka terhadap gejala corona yang muncul. Anda harus segera mengatasinya dengan obat-obatan sesuai petunjuk dokter. Gejala corona ditandai dengan kesulitan bernapas, nyeri dan merasa dada tertekan terus menerus, lemas, dan kebiruan pada bibir. Dalam keadaan terdesak, hubungi hotline penanganan operator COVID-19 untuk segera dilakukan tindakan.

5. Minum parasetamol.

Dalam kondisi ringan, biasanya pasien diminta untuk mengonsumsi parasetamol untuk mengurangi gejala yang mengakibatkan demam. Beberapa ahli bahkan menyarankan parasetamol dibandingkan ibuprofen sebagai obat penurun demam. Karena dengan mengonsumsi ibuprofen dikhawatirkan akan memperburuk gejala. Selain itu, konsumsi juga obat-obatan tambahan lain seperti Pereda nyeri dan batuk.

6. Berjemur setiap pagi

Jangan lupa untuk berjemur setiap pagi dan itu merupakan cara mengobati virus corona yang dianjurkan pakar kesehatan. Dengan berjemur sistem kekebalan tubuh bisa meningkat, sehingga sanggup melawan virus yang masuk. Selama hasil swab test belum negatif, sebaiknya anda berjemur setiap pagi pukul 10.00 - 10.15. Cukup 15 menit saja untuk tubuh sehat bugar.

7. Melakukan isolasi mandiri

Cara mengatasi virus corona yang terakhir untuk mengobati penyakit ini di rumah adalah dengan mengisolasi diri. Jika Anda merasa tubuh mengalami gejala seperti COVID-19 maka lakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Jika perlu, bedakan kamar tidur dan toilet yang terpisah supaya mengurangi kontak langsung dengan anggota keluarga yang lain. Hindari memakai alat makan yang sama dengan anggota keluarga yang terkena virus.

Pandemi ini memang bukan hal yang sepele sehingga Anda dan pemerintah harus bekerja sama untuk mengurangi angka bertambahnya penderita. Anda hanya cukup mematuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan dan tidak memaksakan keluar rumah jika dirasa tidak penting. Selalu gunakan masker, hand sanitizer, dan cuci tangan. Demikian informasi mengenai cara mengobati virus corona, semoga dapat membantu.

Post a comment for "7 Cara Mengobati Virus Corona di Rumah dengan Benar dan Cepat"