Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tahu Cara Mengobati Tenggorokan Kering Dengan Cepat? Simak!

qsehat.com - Pernahkah Anda mengalami tenggorokan yang terasa kering? Meski penyebab tenggorokan kering bermacam-macam, ada baiknya kita mengenali beberapa penyebab dan cara mengobati tenggorokan kering secara alami. Sebab, bisa saja terjadi infeksi yang tidak kita sadari malah akan memperburuk kondisi tenggorokan kita.

Ada banyak sebab yang membuat tenggorokan terasa kering, baik itu karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat atau sebab penyakit yang belum Anda ketahui. Maka dari itu, sebelum terjadi masalah yang lebih serius pada tenggorokan Anda yang kering, ada baiknya Anda mencegahnya dengan mengenali beberapa penyebab tenggorokan terasa kering.

cara mengobati tenggorokan kering
tenggorokan kering

Penyebab Tenggorokan Kering

Adapun penyebab tenggorokan kering adalah :


1. Perubahan Cuaca

Penyebab tenggorokan terasa kering yang pertama bisa saja karena kondisi cuaca yang tidak menentu. Saat musim kemarau, tubuh lebih banyak membutuhkan cairan. Minum 2 liter atau setara dengan 8 gelas air setiap hari dapat memenuhi asupan mineral bagi tubuh. 

Saat musim hujan tiba, udara terasa dingin dan tubuh akan lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Namun, biasanya hal tersebut akan berbanding terbalik dengan asupan air putih yang kita minum. Oleh sebab itu, pemenuhan kebutuhan air putih perlu diperhatikan.

2. Batuk Kering

Masalah tenggorokan kering dapat juga disertai dengan rasa gatal. Hal ini dapat dipicu karena Anda juga mengalami batuk kering maupun batuk berdahak. Saat batuk kering atau berdahak tenggorokan akan terasa sangat gatal karena terjadi infeksi di saluran tenggorokan.

3. Flu

Flu. Penyebab tenggorokan kering selain batuk juga karena Anda mengalami flu. Flu atau pilek yang membuat hidung Anda tidak nyaman, sakit kepala, demam, hingga tenggorokan terasa kering dan gatal.

4. Masalah Kesehatan Serius

Masalah kesehatan lain yang lebih serius. Seringkali tanpa sadar tenggorokan kering yang harusnya segera ditangani bagi sebagian orang dianggap sepele. Padahal bisa menjadi penyakit yang lebih serius seperti amandel, radang tenggorokan, bahkan infeksi saluran pernapasan. Setelah mengetahui beberapa penyebab tenggorokan terasa kering maupun gatal, ketahui pula cara mengobati tenggorokan kering secara alami.

Inilah Cara Mengobati Tenggorokan Kering Secara Alami

Berikut ini cara mengatasi tenggorokan kering secara alami, diantaranya:

1. Minum air putih dengan teratur

Kebutuhan air putih manusia dalam sehari minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Dehidrasi pada umumnya kerap dialami sebagian orang lantaran asupan air putih yang kurang.

2. Minum air hangat

Cara mengobati tenggorokan kering berikutnya adalah Saat tenggorokan Anda terasa kering dan gatal, minumlah air hangat untuk membantu mengatasi tenggorokan Anda yang terasa kering dan gatal. Selain mengatasi tenggorokan kering dan gatal, air hangat juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan peredaran darah.

3. Minum madu

Selain air hangat, madu juga dapat mengobati tenggorokan kering dan gatal. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan ditambahkan dalam segelas air hangat. Madu memiliki banyak kandungan antiinflamasi sehingga dapat menenangkan tenggorokan Anda yang terasa kering dan gatal.

4. Minum wedang jahe

Selain madu, menambahkan satu ruang jahe yang sudah digeprek ke dalam segelas air hangat juga dapat menjadi cara mengobati tenggorokan kering dan gatal. Jahe dapat meringankan tenggorokan Anda yang terasa kering dan gatal, karenanya madu memiliki kandungan antiradang. Jahe juga dapat mengurangi pembengkakan jika tenggorokan kering Anda sudah cukup parah dan terasa sakit.

5. Menjaga asupan makanan

Selain mengonsumsi beberapa menu di atas. Hal penting yang perlu diperhatikan saat tenggorokan mulai terasa kering dan gatal adalah dengan menjaga asupan makanan. Sebab, terlalu banyak makan makanan yang pedas juga dapat membuat tenggorokan terasa kering bahkan sakit. Tentunya slogan yang mengatakan bahwa mencegah sakit itu lebih baik daripada mengobatinya perlu kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati tenggorokan kering secara alami. Poin penting yang perlu dijaga dan diperhatikan adalah menjaga makanan apa saja yang kita makan.

Post a comment for "Mau Tahu Cara Mengobati Tenggorokan Kering Dengan Cepat? Simak!"