Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Sesak Napas Secara Alami dan Cepat Legakan Dada

qsehat.com - Cara mengobati sesak napas secara alami bisa Anda lakukan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan dari toko atau apotek. Hal ini bisa Anda terapkan ketika tiba-tiba sesak napas mulai kambuh dan stok obat sudah habis. Ketika mengalami sesak napas, pastinya akan merasakan sesak di dada serta napas menjadi cepat dan dangkal sehingga membuat diri terasa tersiksa.

Sebenarnya apabila Anda mengalami sesak napas itu merupakan hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak orang. Namun, jika sesak nafas sampai berkepanjangan, hal tersebut dapat menjadi suatu tanda bahwa tubuh Anda terserang penyakit. Contohnya seperti asma, TBC, gagal ginjal, dan lain sebagainya.

cara mengobati sesak napas
cara mengobati sesak napas

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Berikut merupakan cara mengobati sesak napas secara alami yang bisa membantu mengurangi sesak napas:

1. Mengonsumsi jahe

Sebuah penelitian mengatakan bahwa jahe dapat membantu melawan virus yang menjadi penyebab sesak napas. Selain untuk orang dewasa, tanaman obat sesak napas ini juga aman untuk obat sesak napas anak karena merupakan bahan alami. Jadi, apabila sang anak mengalami sesak naps segera buatkan minuman jahe untuk mengobatinya.

Cara mengobati sesak napas secara alami dengan menggunakan jahe ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Anda dapat memilih jahe yang masih segar, kupas kulitnya dan bersihkan. Kemudian geprek dan beri air hangat secukupnya. Anda dapat menambahkan sedikit gula supaya rasanya menjadi lebih nikmat.

2. Minum kopi hitam

Kopi hitam biasanya sangat disukai oleh kebanyakan orang, terutama pria. Sehingga cara mengobati sesak napas secara alami yang satu ini mungkin menjadi pilihan bagi orang yang menyukainya. Minum kopi dapat membantu mengobati sesak napas karena kandungan kafein di dalamnya.

Kafein bisa membantu melemaskan otot-otot di saluran pernapasan sehingga baik untuk seseorang yang menderita penyakit asma. Namun, perlu diingat walaupun khasiatnya sangat baik untuk mengatasi sesak napas, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Pernapasan diafragma

Pernapasan diafragma dapat Anda jadikan salah satu cara mengatasi sesak napas pada malam hari. Caranya memang sedikit susah bila Anda belum pernah melakukannya, tetapi tentu akan sangat mudah bila mengikuti langkah berikut:

  • Duduklah di kursi dan mulailah untuk merelaksasikan kepala, leher, bahu, dan lutut Anda.
  • Letakkan satu tangan Anda pada bagian perut, tangan sebelahnya lagi taruh di bagian dada.
  • Ambil napas secara perlahan, melalui hidung sampai tangan Anda yang ada di bagian perut terasa bergetar.
  • Setelah itu, kencangkanlah otot perut dan mulailah untuk membuang napas melalui bibir. Agak sedikit berbeda menghirup napas, kali ini beri penekanan pada saat menghembuskan napas. Ulangi cara mengobati sesak napas secara alami ini kembali selama 5 menit.
4. Menghirup uap

Cara mengatasi sesak napas pada malam hari ini mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal uap mampu membantu memecahkan lendir di paru-paru ketika anda mengalami sesak napas sehingga perlahan akan mereda. 

Apabila Anda ingin menerapkannya, maka siapkan air panas dalam wadah dan campurkan dengan minyak esensial peppermint. Dekatkan wadah pada wajah, lalu tutuplah kepala Anda dengan handuk, lalu hiruplah uap tersebut.

5. Batuk

Ternyata dengan batuk Anda juga bisa mengurangi sesak napas, dengan catatan batuk yang terkontrol. Apalagi jika terdapat banyak lendir di dalam tenggorokan sehingga membuat Anda sulit bernapas.lakukan batuk 2-3 kali dengan kuat supaya lendir-lendir yang ada di dalam dapat dikeluarkan.

Itulah beberapa cara mengobati sesak napas secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Jika sesak nafas semakin parah, maka lebih baik periksakan diri ke dokter

Post a comment for "5 Cara Mengobati Sesak Napas Secara Alami dan Cepat Legakan Dada"