Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengobati Sariawan pada Anak, Simak Yuk!

qsehat.com - Cara mengobati sariawan pada anak, sariawan adalah hal yang sangat mengganggu. Bagaimana tidak keberadaan sariawan di dalam mulut dapat mempengaruhi berbagai kegiatan seseorang. Apalagi sariawan yang terjadi pada seorang anak, tentu sangat menyedihkan. 

Untuk itu sebagai orang tua sangat wajib untuk mengetahui bagaimana cara mengobati sariawan pada anak. Selain untuk pengetahuan anda juga diwajibkan mengetahui cara pengobatan nya agar bisa siaga jika sewaktu-waktu anak anda mengalami sariawan. Berikut ini adalah ulasannya. 

cara mengobati sariawan pada anak
sariawan

Inilah Cara Mengobati Sariawan pada Anak 

Ada beberapa cara mengatasi sariawan pada anak yang harus diketahui para orang tua, sehingga lekas sembuh. Diantaranya adalah:

1. Hindari pemicu parahnya sariawan

Cara mengobati sariawan pada anak bisa dilakukan dengan cara mandiri ataupun resep dokter. Untuk cara mandiri yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari pemicu semakin parahnya sariawan. Sebagai orang tua untuk bisa mengobati sariawan yang diderita anak, anda harus mencegah anak mengkonsumsi makanan atau minuman yang sekiranya memperparah sariawan yang diderita.

2. Berkumur dengan larutan garam

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah untuk mengobati sariawan anak adalah dengan berkumur menggunakan larutan garam. Cara ini cukup ampuh untuk menyembuhkan sariawan, untuk membuat larutan garam ini campurkan baking soda. Takarannya cukup dengan 1 sendok teh baking soda dan setengah cangkir air hangat. Gunakan untuk berkumur, lakukan 2-3 kali sehari. 

3. Gunakan sedotan saat minum

Bagi anak-anak adanya sariawan di mulut tentunya sangat mengganggu. Hal ini bisa mengganggu kegiatan belajar dan bermain nya. Bahkan untuk makan dan minum juga bisa tidak selera. Namun sebagai orang tua hendaknya kita tetap memberikan asupan gizi yang cukup untuk anak. Caranya yaitu dengan memberikan minum dengan menggunakan sedotan agar tidak memperparah sariawan yang ada di mulut.

4. Banyak mengkonsumsi air putih

Selanjutnya cara mengobati sariawan pada anak adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air minum. Anjuran untuk mengkonsumsi 2 liter air minum setiap hari tentunya bukan tanpa alasan. Banyak air minum sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit yang sedang diderita. Seperti sariawan pada anak yang mampu disembuhkan hanya dengan sering mengkonsumsi air minum.

5. Mengkonsumsi makan yang tepat

Saat menderita sariawan atau pun sakit lainya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menjadikan sariawan lebih parah. Untuk anak anak yang sedang menderita sariawan sebaiknya diberi makanan yang halus dan lembut. Hindari makanan pedas,asin, asam dan minuman panas. 

6. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur

Saat menderita sariawan tubuh memerlukan banyak nutrisi, untuk itu perbanyak makan buah dan sayur alami agar nutrisi dapat terpenuhi. Perbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C, B , folat dan zat besi untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. 

7. Kompres dengan es batu

Cara mengobati sariawan pada anak yang masih mungkin dilakukan adalah dengan mengompres sariawan dengan es batu. Sensasi dingin yang ada pada es membuat sariawan mati rasa, sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat. 

Setelah semua cara dilakukan namun tidak membuahkan hasil, anda bisa melakukan cara lain yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter. Namun pada umumnya, sariawan bisa sembuh dalam hitungan hari, tetapi jika anda merasa tidak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter yang lebih ahli. 

Itulah beberapa informasi mengenai 7 cara mengobati sariawan pada anak. Semoga dengan informasi yang kami berikan anda bisa sigap mengobati anak anda yang sedang menderita sariawan dan lekas sembuh. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Post a comment for " 7 Cara Mengobati Sariawan pada Anak, Simak Yuk!"