Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Ampuh, Harus Coba!

qsehat.com - Cara mengobati sariawan dengan cepat menjadi buruan banyak orang. Pasalnya, penyakit ini dirasa sangat mengganggu bagi yang mengalaminya. Faktor penyebab sariawan diantaranya kekurangan vitamin atau mineral, terbentur sikat gigi atau tergigit lidah atau bibir bagian dalam, perubahan hormon, stress dan bakteri serta infeksi.

Penyakit terbilang ringan. Namun, jika tidak diatasi bisa berubah menjadi penyakit yang membahayakan. Selama penyakit ini masih ringan dapat diatasi tanpa menggunakan obat-obatan. Jika mengkonsumsi obat-obatan biasanya ditujukan untuk mengurangi rasa nyerinya. Akan tetapi ada cara mengobati sariawan dengan cepat dan alami.


cara mengobati sariawan dengan cepat
cara mengobati sariawan dengan cepat

Inilah Cara Mengatasi Sariawan Dengan Cepat 

Rasa perih dan nyeri akibat luka sariawan tidak dapat diremehkan. rasa sakit saat mengunyah makanan membuat enggan untuk sekedar mengemil atau makan. Padahal, semakin jarang makan maka semakin perih rasanya. Oleh sebab itu, cara mengobati sariawan dengan cepat dan bebas dari perih bisa menggunakan cara di bawah ini:

1. Mengoleskan Bawang putih

Bawang putih ternyata dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat tanpa perih. Meskipun umumnya tumbuhan ini terkenal sebagai bumbu, namun juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi penyakit sariawan yang cukup ampuh.

Bakteri dan jamur yang ada di mulut dapat dihambat oleh allicin dalam bawang. Cara mengatasi sariawan dengan cepat menggunakan bahan ini dilakukan dengan mengoleskan irisan bawang ke bagian yang terkena sariawan, maka luka akan berangsur-angsur sembuh.

2. Kumur air garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat sembuh dan tentunya sangat simpel adalah menggunakan air garam. Sifatnya yang antibakteri dapat mempercepat penyembuhan luka sariawan dan mengurangi rasa perih. Berkumur ini bisa dilakukan setiap bagi setelah bangun tidur dan belum menyantap apapun.

Campur satu sendok teh garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur secara rutin tiga kali sehari hingga sariawan sembuh. Jadi saat sariawan datang tak perlu takut lagi gunakan cara mengatasi sariawan dengan cepat melalui kumuran air garam, maka akan cepat pulih kembali.

3. Kompres dengan kantong teh

Manfaat kantong teh masih jarang diketahui, biasanya setelah digunakan akan langsung dibuang karena dianggap sebagai sampah. Tapi jangan salah, meskipun bekas ternyata berguna sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat tradisional.

Kandungan tanin dalam teh dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Jadi obat alami ini bisa kamu jadikan Cara menghilangkan sariawan dengan cepat. Caranya oleskan kantong teh celup yang basah tersebut pada bagian sariawan.

4. Kumur air kayu manis

Cara mengatasi sariawan dengan cepat bisa menggunakan air kayu manis. Sifat antiparasit dan antijamur yang dimiliki kayu manis dapat digunakan untuk mengatasi luka di mulut. Cara mengobati sariawan dengan cepat menggunakan kayu manis ini dapat dilakukan dengan merebus atau merendam satu potong kayu manis yang kecil saja ke dalam 1,5 gelas air. Kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Menggunakan es batu untuk mengompres

selain digunakan untuk bahan pendingin es batu memiliki khasiat yang cukup ampuh mengobati sariawan secara cepat, tepat dan efektif. Pasalnya suhu dingin yang terdapat dalam es batu dapat menghambat aliran darah menuju sariawan. Jadi, selain nikmat untuk tambahan minuman es batu juga dapat digunakan sebagai Cara mengobati sariawan dengan cepat sehingga mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi.

6. Mengoleskan minyak kelapa

Cara mengatasi sariawan dengan cepat secara alami bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa yang dapat digunakan adalah minyak kelapa murni. Kandungan asam laurat yang ada di dalamnya dapat menghancurkan bakteri patogen.

Cara menghilangkan sariawan dengan cepat selanjutnya dengan minyak kelapa. Caranya Oleskan minyak kelapa murni pada bagian mulut yang terkena sariawan kemudian lanjutkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

Demikianlah cara mengobati sariawan dengan cepat agar bebas dari rasa sakit yang diakibatkannya. Nah, agar terhindar dari penyakit ini kamu dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah da sayur. Semoga tips di atas bermanfaat.

Post a comment for "6 Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat dan Ampuh, Harus Coba!"