Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti 4 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Berlubang yang Cepat Menyembuhkan

qsehat.com - Anda perlu tahu cara mengobati sakit gigi yang berlubang agar mempunyai gigi dan mulut yang sehat. Masalah pada gigi ini tidak hanya terjadi pada kalangan anak-anak, namun ternyata bisa dialami oleh semua kalangan. Menurut survei data dari Kementerian Kesehatan (2013), kira-kira sebanyak 25,9% penduduk Indonesia memiliki masalah pada gigi dan mulut.

Banyak penyebab sakit gigi berlubang ini, diantaranya menyikat gigi yang salah, karies gigi, dan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Hal ini jika dibiarkan, akan menyebabkan adanya plak pada gigi. Apalagi, jika Anda tidak benar-benar memelihara kebersihan pada gigi, ini bisa dengan mudah menyebabkan adanya gigi berlubang. Untuk mencegahnya, Anda bisa coba cara mengobati sakit gigi yang berlubang yang akan diulas dibawah ini!

cara mengobati sakit gigi yang berlubang
sakit gigi berlubang

Inilah Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit gigi yang berlubang dapat dirasakan reaksi cepat dengan mengonsumsi kimia. Namun, bagi sebagian orang itu akan menyebabkan efek samping bagi tubuh. Daripada harus mengundang efek samping, alangkah baiknya Anda melakukan penanganan secara praktis di rumah. Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat, bisa menjadi jalan keluar bagi Anda.

1. Berkumur dengan Air Garam

Langkah praktis yang pertama sebagai cara mengatasi sakit gigi yang berlubang, yaitu berkumur dengan air garam. Bahan yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur ini, bisa mengatasi bau mulut dan membasmi bakteri.

Ini karena adanya kandungan sodium dan antiseptic alami yang dipercaya ampuh mengatasi sakit gigi. Cara mudah dan tepat, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga rata, dan gunakan sebagai obat kumur seusai sikat gigi secara rutin supaya bakteri benar-benar dibasmi.

2. Berkumur dengan Air Lemon

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat selanjutnya adalah dengan berkumur air lemon. Rasa asam dalam perasan air lemon ini berfungsi sebagai alkali alami, untuk menjaga Ph mulut secara seimbang. Tak hanya itu, air lemon pun berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat optimal dalam membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Caranya, hanya dengan mencampurkan air perasan lemon dengan segelas air hangat. Lalu, kumur-kumur dengan menggunakan air tersebut 3 kali sehari supaya bakteri segera menghilang.

3. Menggunakan Rempah Cengkeh

Cengkeh bisa menjadi bahan untuk cara mengobati sakit gigi yang berlubang yang cukup ampuh. Salah satu rempah-rempah di Indonesia ini, ternyata lebih efektif dalam mengatasi sakit gigi berlubang, yaitu cengkeh. Cengkeh ini memiliki sifat antibakteri, analgesik dan anti peradangan. Sehingga, selain mengurangi rasa sakit juga bisa mencegah adanya penyebaran gigi berlubang.

Ada 2 cara untuk dijadikan obat, yaitu menumbuk cengkeh dengan sedikit air sehingga menjadi pasta, lalu diletakkan di gigi berlubang. Dan yang terakhir, dengan mengunyah cengkeh secara langsung dan diamkan di bawah lidah selama beberapa menit.

4. Memanfaatkan Daun Sirih dan Daun Jambu Biji

Cara mengobati sakit gigi yang berlubang selanjutnya, yaitu dengan memanfaatkan daun sirih dan daun jambu biji. Kedua bahan ini, mempunyai fungsi sebagai antibakteri, analgesik, dan antiinflamasi yang mempunyai peranan penting dalam kesehatan mulut.

Keduanya bisa sebagai antiseptic, menghilangkan bau mulut dan menghentikan pendarahan pada gusi. Cara menjadikannya sebagai obat alami adalah dengan mengunyah secara langsung atau dengan berkumur dengan air rebusan.

Selain Itu, Apakah Ada Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Tidak Kambuh Lagi?

Masih banyak cara mengobati sakit gigi yang berlubang alami yang bisa dijadikan sebagai obat herbal sakit gigi Anda. Ada cara ampuh untuk mencegah gigi berlubang secara permanen, yaitu dengan mencabut gigi, menambal, dan perawatan akar gigi secara intensif. Ketiga cara itu memerlukan tenaga medis agar mendapatkan perawatan yang maksimal.

Jika Anda benar-benar ingin merasakan gigi normal pada umumnya, Anda bisa mencabut gigi dan ini pasti permanen. Jika gigi sudah berlubang cukup besar, Anda bisa melakukan perawatan akar gigi dengan mengeluarkan saraf yang sudah rusak atau mati.

Demikian cara mengobati sakit gigi yang berlubang banyak sekali tipsnya dengan mudah dan tepat. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dengan menggunakan obat alami, Anda harus konsultasikan dengan dokter gigi. Segera periksakan keluhan gigi pada dokter, untuk mencegah sakit menjadi lebih parah. Karena jika dibiarkan, maka akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit pada gigi.

Post a comment for "Ikuti 4 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Berlubang yang Cepat Menyembuhkan"