Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar, Mudah Didapat dan Dilakukan!

qsehat.com - Cara mengobati sakit gigi berlubang besar merupakan sesuatu yang dapat dilakukan ketika rasa sakit tiba-tiba menyerang. Rasa sakit ini dapat dialami oleh setiap orang. Rasa ngilu pada gigi berlubang besar tak hanya dirasakan dan dialami oleh orang dewasa dan lanjut usia, tetapi juga bisa melanda anak-anak dan remaja. Hal ini karena setiap orang kurang memperhatikan pola hidup sehatnya masing-masing.

Rasa sakit bahkan ngilu ini begitu menyiksa hingga nafsu makan berkurang dan aktivitas terhalang. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Ada beberapa faktor yang membuat masalah pada gigi berlubang yaitu seperti sering makan yang pedas dan minum es, jarang menggosok gigi, Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara mengobati sakit gigi berlubang besar.

cara mengobati sakit gigi berlubang besar
sakit gigi

Inilah Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat mengalami rasa sakit pada gigi:

1. Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi berlubang besar yang Anda alami bisa dengan minum obat pereda nyeri. Banyak obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek terdekat. Sebelum minum obat, pastikan Anda membaca aturan pakai yang tertera pada label kemasan dengan teliti. Jika rasa nyeri pada gigi Anda tak juga membaik, segera pergi ke dokter gigi untuk mencari pertolongan. Hal ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Kumur-kumur dengan Air Garam

Selain cara di atas, yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit gigi berlubang besar yaitu dengan berkumur-kumur. Pada zaman dahulu berkumur dengan larutan air garam sering dilakukan untuk pengobatan sakit gigi. Hal ini tentu tidak asing lagi karena sangat popular. Selain cara di atas, Air garam dipercara terbukti dapat membantu meredakan sakit gigi berlubang besar.

Sebelum berkumur dengan air garam, alangkah baiknya Anda melakukan flossing gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal dan menempel pada gigi. Setelah itu, ambil 1-2 sendok makan garam dapur, larutkan pada segelas air hangat. Kumur-kumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Pastikan air garam tidak tertelan atau ditelan. Segera Anda muntahkan air larutan garam setelah berkumur.

3. Kunyah Bawang Putih

Bawang Putih merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang besar. Rempah yang satu ini mempunyai sifat sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang bisa membantu melawan infeksi. Dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang bisa membantu mengobati rasa nyeri pada gigi.  

Caranya, siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong menjadi dua bagian. Lalu, letakkan potongan bawang putih tersebut pada bagian gigi yang sakit dan berlubang besar. Anda bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit, lalu buang jangan ditelan.

4. Daun Jambu Biji

Cara mengobati sakit gigi berlubang besar bisa menggunakan daun jambu biji. Daun ini telah diteliti memiliki sifat anti radang yang bisa membantu mengobati luka. tak hanya itu, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan pada mulut dan gigi Anda. 

Cara mengobati sakit gigi berlubang besar bisa lebih sederhana dengan daun jambu biji. caranya Anda cuci terlebih dahulu daun tersebut. lalu, Anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji segar dengan langsung. Namun, jika Anda tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, maka cobalah hancurkan daun tersebut lalu masukkan pada air mendidih. Setelah hangat, Anda bisa kumur-kumur dengan larutan tersebut sebagai obat. 

Nah, itulah beberapa tips cara mengobati sakit gigi berlubang besar yang bisa Anda lakukan dengan sederhana. Selain dirasa ampuh, cara-cara tersebut juga sangat mudah dan tak memakan waktu lama. 

Pastikan Anda tahu hal apa yang lebih bisa dilakukan dengan cepat dalam keadaan darurat. Namun, jika Anda merasa tak kunjung membaik setelah melakukan cara tersebut Anda bisa segera menghubungi dokter gigi untuk mengetahui lebih jelas apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan.

Post a comment for " 4 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar, Mudah Didapat dan Dilakukan!"