Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak, Mudah dan Efektif

qsehat.com - Cara mengobati radang amandel ini wajib disimpan, terutama bagi orang tua yang masih memiliki anak kecil. Amandel merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh yang bertugas untuk menghalau virus dan bakteri. Letaknya ada di dalam tenggorokan, dan biasa disebut juga dengan tonsil.

Jika daya tahan tubuh sedang lemah atau amandel tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka dapat terjadi peradangan. Kondisi inilah yang sering disebut masyarakat sebagai penyakit amandel alias tonsillitis. Perhatikan, berikut adalah cara mengobati radang amandel pada anak yang dapat diterapkan.

cara mengobati radang amandel
cara mengobati radang amandel

Inilah Cara Mengobati Radang Amandel Tanpa Operasi

Pada anak kurang dari 5 tahun, radang amandel biasanya terjadi karena virus. Sementara pada anak antara 5-15 tahun, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Meskipun berbeda, keduanya harus tetap segera ditangani. Selain pergi ke dokter, berikut adalah cara mengatasi radang amandel yang dapat dilakukan di rumah.

1. Kumur Air Garam

Siapa sangka, berkumur dengan air garam tak hanya ampuh untuk meringankan nyeri gigi saja. Namun, juga dapat menjadi cara mengobati radang amandel. Caranya dengan mencampurkan ½ sdt garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur dengan cara menengadahkan kepala.

Namun, cara mengatasi radang amandel ini hanya direkomendasikan untuk anak-anak yang sudah cukup umur. Minimal mengetahui tata cara berkumur sampai ke pangkal mulut. Jangan sampai anak tersedak air garam, karena pasti akan terasa cukup panas atau pengar.

2. Bawang Putih

Memang tak pernah ada ruginya menyetok bumbu dapur di rumah. Selain memudahkan saat memasak, ternyata bumbu dapur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu bawang putih yang sering digunakan sebagai cara mengobati radang amandel dengan cepat.

Karena anak-anak pasti sulit untuk mengunyah langsung, maka dapat dilakukan dengan cara dibuat minuman. Geprek 2 siung bawang putih, lalu rebus sekitar 5 menit. Tambahkan sedikit madu dan perasan lemon untuk menambah rasa manis dan segar. Cara mengatasi radang amandel ini pasti akan terasa lebih nikmat.

3. Jambu Biji

Jambu memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat cocok untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Buatlah jus jambu biji sebagai alternatif cara mengobati radang amandel. Selain jambu, Anda juga dapat menggunakan buah lain yang kaya vitamin C.

4. Jahe Merah

Cara mengatasi radang amandel secara alami yang berikutnya adalah dengan jahe merah. Jahe merah memiliki berbagai macam kandungan yang bersifat anti bakteri, anti peradangan, serta anti virus. Sehingga cukup ampuh untuk membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan radang amandel.

Agar anak-anak mau meminumnya, tambahkan 2 sendok madu ke dalam air rebusan jahe merah. Berikan secara rutin pada pagi dan malam hari. Cara mengobati radang amandel patut dicoba di rumah, karena jahe merah juga memiliki sederet khasiat lain untuk kesehatan.

5. Kunyit

Selain jahe merah, rempah-rempah khas Indonesia yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi radang amandel adalah kunyit. Di dalam pengobatan, kunyit memiliki sifat antiseptik alami dan anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan. 

Anda dapat mencampurkan sedikit bubuk kunyit dan lada hitam ke dalam segelas susu hangat. Racikan ini dapat diminum pada malam hari atau menjelang tidur. Ingat, jangan memberikan terlalu banyak lada hitam untuk anak-anak. Karena sensasi rasa pedasnya cukup terasa. 

Selain menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara mengatasi radang amandel, optimalkan pengobatan dengan cara lain. Seperti perbanyak minum, cukup beristirahat, berikan makanan bertekstur lembut, serta pastikan rumah dalam keadaan bersih.

Biasanya, radang amandel akan pulih dalam beberapa hari. Namun, jika cara mengobati radang amandel yang sudah disebutkan di atas tidak juga memberi perubahan, segera ke dokter.

Post a comment for " 5 Cara Mengobati Radang Amandel Pada Anak, Mudah dan Efektif"