Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Mengobati Perut Kembung Pada Anak, Patut Dicoba!

qsehat.com - Cara mengobati perut kembung pada anak sangatlah penting untuk diketahui oleh orang tua. Karena, tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami hal tersebut, anak-anak pun rentan mengalaminya. Perut kembung bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya akibat sembelit.

Saat terjadi sembelit, tinja akan cukup lama berada pada usus besar sehingga bakteri akan terus memfermentasi tinja yang kemudian menimbulkan gas hingga membuat perut menjadi kembung. Cara mengobati perut kembung pada balita tidak sama dengan cara mengobati pada orang dewasa. Tentu karena fisik tubuh yang berbeda.

cara mengobati perut kembung pada anak
cara mengobati perut kembung pada anak

 Inilah Cara Mengobati Perut Kembung Pada Anak

Jika Anda sebagai orang tua mempunyai anak yang mengalami sakit perut terus menerus dan selalu menangis, bisa jadi hal tersebut karena perutnya sedang kembung.  Cara mengatasi perut kembung pada anak di bawah ini bisa Anda coba untuk meredakannya;

1. Beri Air Minum Agar Anak Tidak Dehidrasi

Cara mengobati perut kembung pada anak satu tahun yang pertama adalah menjaganya tetap terhidrasi. Beri minuman atau cairan tanpa gula dalam keadaan hangat. Minuman tersebut akan menenangkan saraf perutnya dan meredakan sakitnya. Cara mengatasi perut kembung pada anak ini harus diimbangi dengan menghindari produk susu atau gorengan hingga perut anak merasa lebih baik. Anda bisa memberinya roti atau makanan lain yang aman ketika anak merasa lapar.

2. Kompres Hangat

Cara mengobati perut kembung pada anak usia dibawah 5 tahun memang tidak bisa sembarangan, karena biasanya mereka lebih rewel. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan kompres hangat. Cara ini dinilai lebih aman dan efektif untuk mengatasi perut kembung.

Selain itu, efek sampingnya juga tidak ada dan dapat memberikan bantuan lebih cepat pada perut yang sakit. Kompres hangat  juga sangat efektif untuk cara mengatasi perut kembung pada anak, karena efektif untuk merilekskan otot perut dan meredakan kembung.

3. Berikan Yogurt

Cara mengobati perut kembung pada anak yang efektif selanjutnya adalah memberikan yogurt atau makanan probiotik lainnya. Makanan ini dikenal dapat membantu meredakan perut kembung lebih baik dari makanan yang lainnya.

Yogurt memiliki bakteri baik yang bisa membantu memperbaiki fungsi hilangnya mikroba di usus.  Bakteri dalam yogurt pun dapat membantu proses fermentasi untuk mengurangi gas dan kembung. Cara mengatasi perut kembung pada anak yang satu ini boleh Anda coba di rumah.

4. Beri Madu Murni

Cara mengobati perut kembung pada anak secara alami bisa menggunakan madu yang merupakan sumber karbohidrat, gula dan antioksidan yang baik. Caranya sangat mudah, Anda boleh mencampur madu tersebut dengan air hangat. Atau bila anak Anda suka, bisa memakannya secara langsung.

Madu terbaik adalah madu murni. Namun, cara mengatasi perut kembung pada anak di bawah 2 tahun dengan menggunakan madu harus terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter.

5. Pijat dengan Lembut

Memijat perut anak dengan lembut juga bisa menjadi cara mengobati perut kembung pada anak yang cepat. Saraf dan otot perut yang sakit dapat hilang apabila sirkulasi darah di sekitarnya lancar dan meningkat. Caranya tentu dengan memijatnya secara lembut.

Pijat bagian dada ke bagian bawah pada perut untuk mengeluarkan angin yang ada di dalam perut.  Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu di tekan agar anak tidak merasa sakit dan tetap nyaman. Cara mengatasi perut kembung pada anak dengan pijat juga bisa meningkatkan bonding antara anak dan orang tua.

Jadi, pada dasarnya setiap orang tua harus paham bagaimana cara mengobati perut kembung pada anak, karena caranya cukup mudah. Yang terpenting buat anak selalu merasa nyaman, agar dia tidak rewel karena perutnya yang sakit.

Post a comment for "Inilah Cara Mengobati Perut Kembung Pada Anak, Patut Dicoba!"