Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini 5 Cara Mengobati Mata Gatal dengan Cara Alami, Wajib Tahu!

qsehat.com - Cara mengobati mata gatal tidak harus dengan menguceknya. Anda bisa meredamnya dengan cara lain. Saat mengalami mata gatal, siapapun akan reflek untuk menguceknya. Namun, tahukah Anda menguceknya secara terus menerus justru akan membuat mata semakin sakit. 

Cara mengobati mata gatal dan merah bisa diredakan dengan memakai cara pengobatan yang alami. Selain lebih aman, bahan alami yang digunakan pun mudah didapatkan di sekitar Anda. Murah meriah dan cepat prosesnya.

cara mengobati mata gatal
cara mengobati mata gatal

Rekomendasi Cara Mengobati Mata Gatal dengan Bahan Alami

Mata gatal bisa disebabkan banyak hal. Misalnya karena terkena debu, benda tajam atau karena lelah terlalu lama di depan komputer atau menatap layar Hp. Cara mengatasi mata gatal tidak harus menggunakan obat, dengan bahan alami berikut pun masalah tersebut dapat diselesaikan. Ini dia deretan bahan alami yang dapat Anda coba:

1. Mentimun

Cara mengobati mata gatal dan bengkak yang pertama, direkomendasikan dengan menggunakan mentimun. Mentimun digunakan sebagai cara mengatasi mata gatal karena memiliki antioksidan yang kuat dan bersifat menenangkan. Sebab itu, rasa gatal akan berkurang.

Bahkan mentimun dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang sering mengiringi mata gatal. Cara mengatasi mata gatal terus menerus cukup mudah, ambil mentimun dingin, iris tipis dan tempelkan irisan tersebut pada mata yang tertutup. Biarkan selama beberapa menit hingga mentimun jadi hangat.

2. Kompres Dingin

Cara menyembuhkan mata gatal kadang bagi sebagian orang sangat sulit. Hal itu karena belum menemukan cara yang tepat dan mudah. Cara mudah mengobati mata yang gatal dapat menggunakan es batu sebagai kompres. Berkat anti-inflamasi dan pendinginan dari kompres tersebut akan mengurangi peradangan dan iritasi. 

Anda bisa mengambil beberapa es batu lalu letakkan pada mata yang gatal selama minimal 2 menit. Secara teratur Anda bisa mengulangi cara mengatasi mata gatal dengan es batu agar gatal yang dirasa bisa berkurang.

3. Kantong Teh Bekas

Jika Anda mencari cara mengobati mata gatal secara alami yang bahannya mudah sekali didapatkan, cara yang satu ini boleh dicoba. Menggunakan kantong teh bekas dinilai praktis dan mudah. Daun teh hitam atau hijau banyak mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat baik.

Oleh karena itu, cara mengatasi mata gatal dengan kantong teh bekas sangat dianjurkan. Mata yang gatal dan meradang dapat berkurang sedikit demi sedikit. Maka dari itu, jangan buru-buru membuang kantoh teh yang sudah selesai digunakan.

4. Air Mawar

Cara mengobati mata gatal dan berair akan lebih mudah jika mempunyai persediaan air mawar di rumah. Apabila mata Anda lelah karena sebab tertentu hingga gatal, gunakan kapas yang telah direndam ke dalam air mawar. Biarkan selama 15-20 menit dan lakukan 3 kali dalam sehari.

Air mawar sendiri banyak mengandung astringen alami yang bermanfaat untuk meringankan pembengkakan dan peradangan hingga gatal akan berkurang. Cara mengatasi mata gatal ini cukup simple dan tidak mahal untuk banyak kalangan.

5. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih sering kali digunakan untuk mengobati mata yang gatal. Cara mengobati mata gatal dengan daun sirih  sejak dulu telah dipraktekkan. Anda pun dapat mencobanya di rumah. Cukup dengan mengambil beberapa helai daun sirih dan rebus hingga mendidih. Air rebusan itulah yang digunakan sebagai cara mengatasi mata gatal alami, rendam mata Anda selama beberapa menit agar gatalnya hilang.

Nah, tidak sulit bukan cara mengobati mata gatal dengan bahan-bahan alami. Jadi tidak perlu menguceknya. Apalagi jika dilakukan terlalu sering, mata akan merah dan bertambah gatal. Efeknya bisa menimbulkan iritasi.

Post a comment for " Begini 5 Cara Mengobati Mata Gatal dengan Cara Alami, Wajib Tahu!"

Berlangganan via Email