Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Jamur Kuku Ternyata Sangat Mudah dan Cepat Hasilnya

qsehat.com - Cara mengobati jamur kuku juga wajib untuk dipahami. Selain mengganggu penampilan, jamur kuku juga dapat menimbulkan permasalahan lainnya. Seperti pembengkakan jari, gatal-gatal, kuku berubah warna, retak, hingga memicu bau tidak sedap. Jamur kuku adalah infeksi yang terjadi akibat paparan jamur yang berada di bawah kuku. 

Jika dibandingkan dengan tangan, jamur kuku lebih sering terjadi pada jari kaki. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari kebersihan kaki yang kurang terjaga, keringat berlebih dan lainnya. Jika hal ini sudah terjadi, maka cara mengobati jamur kuku yang harus dilakukan akan lebih kompleks. Oleh karena itu, sebelum parah, segeralah mengatasinya. Berikut beberapa cara yang dapat dicoba.

cara mengobati jamur kuku
cara mengobati jamur kuku

Inilah Cara Mengobati Jamur Kuku dengan Bahan Alami

Berikut adalah cara mengatasi jamur kuku yang dapat dilakukan di rumah dan dengan bahan sederhana :

1. Cuka Apel

Cara mengobati jamur kuku dengan cuka apel terbilang sangat mudah. Cukup campurkan cuka apel ke dalam wadah yang berisi air hangat dengan perbandingan 1:2. Gunakan untuk merendam kaki selama kurang lebih 20 menit. Agar jamur kuku segera teratasi, maka lakukan perendaman secara rutin.

Cara mengatasi jamur kuku ini sudah sangat tenar. Karena cuka tidak hanya mencegah penyebaran jamur saja, tetapi juga menyeimbangkan pH kulit. Sehingga infeksi yang terjadi segera dapat terobati.

2. Minyak Zaitun

Cara mengobati jamur kuku yang kedua adalah menggunakan minyak zaitun. Di dalam minyak zaitun terkandung bahan-bahan yang bersifat antimikroba dan antijamur. Selain dalam bentuk minyak, zaitun juga tersedia dalam kemasan salep. Keduanya sama-sama dapat digunakan untuk mengobati jamur kuku.

Cara mengatasi jamur kuku pada kaki menggunakan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskannya ke bagian kuku yang terkena infeksi secara langsung. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk memastikan jika area di sekitar kuku benar-benar sudah bersih dan kering. 

3. Baking Soda

Sudah bukan rahasia lagi, jika baking soda memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang cukup populer yaitu sebagai cara menyembuhkan jamur kuku. Hal ini berkat kemampuan baking soda yang mampu mengurangi kelembapan pada jari kaki, sehingga terhindar dari bau kaki.

Cara mengatasi jamur kuku dengan baking soda, yaitu dengan membuat pasta dari campuran baking soda dan sedikit air. Oleskan ke bagian kuku yang terkena infeksi, diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih, dan keringkan. 

4. Tepung Jagung

Tepung jagung merupakan salah satu perlengkapan dapur yang dapat digunakan sebagai cara mengobati jamur kuku. Di masyarakat, tepung ini memiliki sebutan lain, yaitu tepung maizena. Caranya, masukkan tepung jagung sebanyak 230 gram ke dalam wadah besar, lalu campurkan dengan air 2 liter. 

Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam, lalu gunakan untuk merendam kaki. Tak perlu lama, cukup sekitar 30 menit saja. Cara mengatasi jamur kuku yang satu ini wajib dicoba.

5. Bawang Putih

Lagi-lagi, bumbu dapur menjadi primadona, yaitu bawang putih. Senyawa ajoene dan allicin yang terdapat di dalamnya, dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengobati jamur kuku. Hal ini dikarenakan kedua senyawa tersebut memiliki sifat antimikroba dan antijamur.

Cara mengatasi jamur kuku dengan bawah putih, yaitu dengan mencincang beberapa siung bawang putih sampai halus. Letakkan pada jari kaki yang terkena jamur, kurang lebih selama 30 menit setiap hari. Aromanya mungkin sedikit menyengat, tetapi berusahalah untuk kuat.

Demikian sederet cara mengobati jamur kuku dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah. Setelah diobati, pastikan untuk lebih memerhatikan kebersihan dan kesehatan kuku.

Post a comment for "5 Cara Mengobati Jamur Kuku Ternyata Sangat Mudah dan Cepat Hasilnya"

Berlangganan via Email