Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon di Rumah, Mudah dan Cepat Sembuh

qsehat.com - Cara mengobati gigitan tawon dari warisan nenek moyang sudah banyak tercacat. Karena tersengat tawon rasanya pasti sakit, panas dan juga nyeri. Sengatan lebah tergolong sengatan yang sangat sakit bahkan bagi orang yang tidak kebal dengan sengatnya, kulit akan bengkak dan merah, sehingga harus memahami cara mengobatinya. 

Cara mengobati sengatan tawon yang membengkak telah diturunkan secara turun temurun hingga sekarang masih tetap digunakan. Cara yang dilakukan umumnya memakai bahan alami yang mudah ditemukan. Khasiatnya bisa langsung terasa apabila cara yang dilakukan tepat dan benar.

cara mengobati gigitan tawon
cara mengobati gigitan tawon

 Inilah Cara Mengobati Gigitan Tawon di Rumah dengan Bahan Alami

Cara mengobati sengatan tawon, selain menggunakan obat-obatan pereda nyeri yang banyak dijumpai di toko obat, beberapa bahan alami dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat sengatan tawon. Apa saja bahan alami tersebut, cek di bawah ini:

1. Gel Lidah Buaya

Cara mengobati gigitan tawon yang sudah membengkak bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya.  Tanaman ini mengandung gek yang akan memberikan efek sejuk dan melembabkan pada kulit. Lidah buaya juga mempunyai khasiat antibakteri dan antiradang.

Cukup Anda oleskan lidah buaya pada luka gigitan tawon agar bengkaknya berkurang dan mencegah luka agar tidak terkena infeksi. Cara mengobati sengatan tawon yang satu ini,  bisa menggunakan produk gel aloe vera yang banyak dijual.

2. Pasta Gigi

Sebagain besar orang menggunakan pasti gigi sebagai cara mengobati gigitan tawon secara alami. Ini dikarenakan pasta gigi mengandung alkalin untuk mengobati sengatan tersebut. Namun, belum ada penelitian klinis tentang hal ini.

Jika Anda tetap ingin mencobanya, caranya cukup oleskan pasta gigi pada luka bekas sengatan tawon. Cermati, apabila cara mengobati sengatan tawon dengan bahan ini bertambah sakit, segera bersihkan luka dan basuh dengan air hingga bersih.

3. Madu

Sejak dahulu madu telah dikenal sebagai obat alami yang berkhasiat untuk penyakit atau luka apa pun termasuk sebagai salah satu cara mengobati gigitan tawon agar tidak bengkak. Madu mengandung senyawa yang mampu melawan inflamasi. Selain itu madu juga banyak dimanfaatkan untuk meredakan pembengkakan.

Anti bakteri yang terkandung di dalamnya banyak juga dimanfaatkan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Oleskan madu pada bekas luka gigitan tawon tunggu hingga bengkaknya mereda. Cara mengobati sengatan tawon ini lebih praktis dan mudah dilakukan di rumah.

4. Minyak Esensial

Pernahkan Anda digigit tawon di bagian kepala? Cara mengobati gigitan tawon di kepala ini pun sering menggunakan bahan alami yang aman dan sehat. Salah satunya dengan menggunakan minyak esensial yang memiliki khasiat antiseptic, antijamur dan anti bakteri.

Jenis minyak esensial sebagai aplikasi cara mengobati sengatan tawon misalnya tea tree oil, minyal lavender, witch hazel oil dan minyak rosemary. Untuk pemakaiannya, sebaiknya Anda mencampurnya dengan minyak zaitun, agar khasiatnya lebih cepat bereaksi.

5. Kompres Air Dingin

Setelah digigit tawon, cara aman yang dapat Anda lakukan agar tidak terjadi pembengkakan yang parah dan infeksi adalah bersihkan tempat gigitan tersebut dengan air mengalir.  Cara mengobati gigitan tawon paling mudah bisa dilanjutkan dengan mengkompresnya dengan es batu.

Cara mengobati sengatan tawon dengan es batu sangat mudah. Ambil es batu dan balut dengan handuk tipis. Tempelkan kompres es tersebut pada luka yang bengkak. Tunggu hingga 10-15 menit. Angkat lalu tempelkan kembali.

Demikianlah cara mengobati gigitan tawon dengan bahan alami yang ada di rumah. Sebelum melakukan pengobatan, pastikan sengatnya telah Anda ambil terlebih dahulu dan jangan panic. Tetap tenang agar luka tidak semakin bengkak, baru setelah itu bisa dilakukan pengobatan.

Post a comment for " 5 Cara Mengobati Gigitan Tawon di Rumah, Mudah dan Cepat Sembuh"