Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Gigi Ngilu Secara Tradisional, Mudah Diterapkan

qsehat.com - Cara mengobati gigi ngilu secara tradisional dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemui, tentu tidak ada salahnya untuk Anda coba. Gigi ngilu memang sudah umum dialami oleh kebanyakan orang, biasanya hal ini terjadi karena gigi sensitif.

Ketika seseorang penderita gigi sensitif mengonsumsi makanan atau minuman terlalu panas atau dingin, maka ngilu yang dirasakan akan semakin hebat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena apabila gigi mulai terasa ngilu Anda dapat menerapkan cara mengatasinya dengan bahan alami dan tradisional.

cara mengobati gigi ngilu secara tradisional
cara mengobati gigi ngilu secara tradisional
Inilah Beberapa Cara Mengatasi Gigi Ngilu Secara Tradisional

Berikut merupakan beberapa cara mengobati gigi ngilu secara tradisional yang mudah untuk diterapkan di rumah:

1. Berkumur dengan air garam

Air garam sangat baik untuk membantu mengatasi permasalahan pada gigi dan mulut, seperti sariawan, sakit gigi, gigi ngilu, dan lain sebagainya. Dari dulu, air garam sudah populer digunakan sebagai antiseptik alami, dimana mampu meredakan peradangan.

Cara mengobati gigi ngilu secara tradisional dengan menggunakan air garam dapat Anda gunakan sebagai obat kumur. Untuk membuatnya, yaitu larutkan setengah sendok garam dengan segelas air yang sudah mendidih. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik, lakukan 2 kali dalam sehari.

2. Minyak cengkeh

Di dalam minyak cengkeh terdapat kandungan eugenol yang berperan sebagai antiseptik alami. Sehingga tidak heran jika minyak cengkeh sangat efektif untuk dijadikan sebagai obat gigi ngilu karena patah atau karena hal lainnya.

Untuk memanfaatkan minyak cengkeh sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati gigi ngilu, caranya tentu tidak ribet. Anda cukup membasahi cotton ball atau bola kapas dengan minyak cengkeh, lalu oleskan pada gigi yang terasa ngilu.

3. Mengunyah bawang putih

Salah satu rempah dapur ini ternyata juga sangat baik untuk membantu mengatasi gigi ngilu. Cara mengobati gigi ngilu secara tradisional ini sudah diakui sejak dulu mampu membunuh bakteri penyebab berbagai permasalahan pada mulut. Hal ini tidak lepas dari sifat antimikroba yang dimiliki bawang putih.

Supaya gigi ngilu cepat mereda, maka Anda dapat mengunyah setengah sepotong bawang putih secara langsung. Selain mengunyah sebenarnya juga ada cara lainnya, yakni menghaluskan bawang putih sampai lembut seperti pasta, lalu oleskan pada gigi ngilu.

4. Kunyit 

Selain berguna untuk masakan, ternyata kunyit juga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi gigi ngilu terus menerus secara alami dan tradisional. Kunyit memiliki sifat antiseptik, antibiotik, dan antiradang yang efektif untuk membantu meredakan gigi ngilu.

Cara memanfaatkan kunyit untuk mengobati gigi ngilu ini tidaklah susah. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 ruas kunyit yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok garam, dan 1 sendok minyak kelapa. Jika sudah, oleskan campuran bahan tersebut di area gigi yang terasa ngilu.

5. Air madu

Sifat antibakteri dan antiseptik yang dimiliki oleh madu bisa membantu mengatasi permasalahan gigi ngilu. Dengan menggunakan air madu sebagai obat gigi ngilu karena patah, gigi sensitif atau yang lainnya juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan peradangan.

Cara mengobati gigi ngilu secara tradisional ini bisa Anda lakukan dengan melarutkan satu sendok madu dengan satu gelas air hangat. Lalu, berkumurlah dengan air madu tersebut selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, buang dan bersihkan mulut dengan air putih.

Itu dia 5 cara mengobati gigi ngilu secara tradisional yang bisa Anda coba di rumah sebelum membeli obat dari apotek. Namun, perlu diingat jika gigi ngilu berkepanjangan dan tak kunjung sembuh padahal sudah melakukan berbagai cara. Maka penting untuk konsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidangnya.

Post a comment for "5 Cara Mengobati Gigi Ngilu Secara Tradisional, Mudah Diterapkan"