Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengobati Cantengan yang Ampuh dan Cepat Kempes

qsehat.com - Cara mengobati cantengan yang ampuh tidaklah sulit. Hal itu bisa dilakukan di rumah sendiri dengan bahan yang ada. Cantengan memang bukan penyakit yang parah, tapi kalau dibiarkan juga bisa menjadi parah dan menyebabkan infeksi berbahaya . Walaupun dengan bahan seadanya, penyakit cantengan bisa ampuh diobati dengan berbagai cara pengobatan sederhana.

Penyakit cantengan ini sendiri bisa terjadi pada berbagai  kalangan usia. Tidak hanya anak-anak maupun dewasa. Oleh karena itu cara mengatasi cantengan yang ampuh menjadi hal yang penting untuk diketahui. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati cantengan yang ampuh.

cara mengobati cantengan
cara mengobati cantengan

Inilah Cara Mengobati Cantengan Secara Alami

Adapun cara mengatasi cantengan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan memberikan efek cepat sembuh adalah:

1. Merendam kaki dengan air garam Inggris atau Epsom

Cara mengobati cantengan yang pertama adalah dengan merendam kaki menggunakan air garam Inggris atau epsom. Garam Inggris atau epsom adalah garam khusus yang digunakan untuk terapi kesehatan. Caranya, larutkan segenggam garam Inggris ke dalam baskom berisi air, lalu rendam kaki yang sedang mengalami cantengan. 

Dengan khasiat yang dimiliki garam Inggris seperti mengurangi pembengkakan,meredam sakit otot, serta melunakkan kulit, tentunya dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan cantengan tersebut. Selain itu dengan menggunakan garam Inggris untuk merendam kaki, dapat mempercepat keluarnya nanah sehingga cantengan bisa lebih cepat sembuh. 

2. Menggunakan gulungan kapas kecil berantiseptik

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengobati cantengan adalah dengan menggunakan gulungan kapas yang diberi cairan antiseptik. Cara ini dilakukan untuk memberi jarak antara kuku dengan kulit yang terinfeksi. Ketika melakukan cara ini jangan lupa untuk diselingi dengan merendam kaki di air hangat yang sudah dicampur garam Inggris untuk meminimalisir rasa sakit.

Cara mengobati cantengan dengan menggunakan kapas ini juga bisa memudahkan anda memotong kuku yang sedang cantengan. Dengan begitu kuku yang menusuk kulit bisa dipotong dan mempercepat proses penyembuhan cantengan. 

3. Menggunakan benang gigi atau dental floss

Cara mengobati cantengan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan benang gigi. Metode pengobatan menggunakan benang gigi ini hampir sama dengan penggunaan kapas, yaitu bertujuan untuk memisahkan kuku dari kulit dan tujuannya untuk bisa memotong kuku yang tumbuh ke dalam sehingga menimbulkan cantengan.

Setelah anda menggunting kuku penyebab infeksi, maka anda akan lebih mudah untuk mengeluarkan nanah yang ada di dalam kulit.  Sehingga  rasa sakit atau nyeri pada cantengan menjadi lebih reda dan perlahan sembuh.

4. Menggunakan tea tree oil

Terakhir, cara mengobati cantengan adalah dengan menggunakan tea tree oil. Penggunaan tea tree oil ini untuk melunakkan kuku, dengan ini kuku yang menancap ke dalam kulit akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain itu tea tree oil juga bisa berfungsi untuk melawan infeksi yang disebabkan jamur.

Sehingga pengobatan dengan menggunakan tea tree oil ini bisa membantu anda untuk lebih mudah mengeluarkan kuku yang menancap serta meminimalisir infeksi yang terjadi pada kulit, dan menjadikan cantengan cepat sembuh.

 Dengan melakukan beberapa cara di atas cantengan yang anda alami akan mudah untuk sembuh jika masih sulit setidaknya rasa sakit yang diakibatkan menjadi lebih minim. Cara mengatasi cantengan tersebut walaupun sederhana tapi bisa di buktikan ampuh untuk proses penyembuhan.

Jika dengan melakukan cara tersebut dirasa belum bisa menyembuhkan cantengan yang anda alami, sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter. Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai 4 cara mengobati cantengan yang ampuh. Semoga bermanfaat dan membantu. Terimakasih.

Post a comment for " 4 Cara Mengobati Cantengan yang Ampuh dan Cepat Kempes"