Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengobati Cantengan di Tangan dengan Treatment Rumahan

qsehat.com - Cara mengobati cantengan di tangan sebenarnya mudah, asalkan tahu faktor penyebabnya. Cantengan sendiri merupakan kondisi di mana kuku bertumbuh tidak sesuai dengan jalurnya, sehingga menusuk dan menembus lapisan epidermis kulit. Hal ini pasti akan terasa cukup menyakitkan dan menghambat aktivitas.

Cantengan sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja, karena dapat menimbulkan bengkak kemerahan dan berisiko terinfeksi. Dalam beberapa kasus, bahkan ada yang sampai mengeluarkan nanah. Kalau sudah begini, maka cara mengobati cantengan bernanah di tangan harus dilakukan ke pihak medis.

cara mengobati cantengan di tangan
cara mengobati cantengan di tangan

Inilah Cara Mengobati Cantengan di Tangan 

Cantengan cenderung dialami oleh orang-orang yang memiliki kuku tebal dan bengkok ke dalam. Namun, tidak menutup kemungkinan kuku tipe lain pun juga dapat mengalaminya. Misal, karena jari terluka, tertusuk, menggunting kuku terlalu pendek, atau infeksi jamur. 

Untuk menghindarinya, pastikan selalu menjaga kebersihan dan kerapian kuku. Jika sudah terlanjur terjadi, maka ikuti cara mengatasi cantengan di tangan dengan treatment rumahan berikut ini :

1. Merendam dengan Air Hangat

Cara mengobati cantengan di tangan pada treatment rumahan adalah merendam tangan dengan air hangat atau suam kuku. Cara ini dapat merangsang kuku untuk tumbuh ke arah luar dengan sendirinya, dan cukup efektif untuk mengatasi cantengan tanpa gejala. Cara mengatasi cantengan di tangan dengan air hangat, yaitu :

  • Siapkan wadah atau baskom berukuran sedang, lalu masukkan garam
  • Tambahkan air hangat secukupnya, kira-kira sampai jari terendam
  • Rendam jari kurang lebih 15-20 menit
  • Bilas tangan menggunakan air bersih, lalu keringkan 

Untuk memberikan hasil yang lebih optimal, oleskan salep antibiotik, lalu tutup dengan perban. Selain itu, gunakan garam inggris atau cuka apel untuk memaksimalkan cara mengobati cantengan di tangan. Karena larutan tersebut dapat meringankan rasa nyeri, serta mampu mengeluarkan nanah yang ada di dalam kulit.

2. Memasukkan Kasa Steril

Jika cara mengobati cantengan di tangan di atas tidak mampu mengurangi rasa nyeri, maka terapkan cara lain. Yaitu dengan memasukkan kasa steril atau kapas yang sudah dipilin ke bawah kuku. Tujuannya yaitu untuk dijadikan bantalan kuku yang sudah tumbuh ke dalam.

Sehingga kuku yang tumbuh tersebut tidak langsung menusuk kulit dan menyebabkan infeksi. Hal ini juga dapat memberikan kesempatan pada kulit di bagian bawah untuk dapat sedikit bernapas. Cara alami mengobati cantengan di tangan ini dapat dipertimbangkan, jika kuku Anda mulai terasa menusuk kulit.

3. Gunakan Benang Gigi

Benang gigi adalah benang yang sering digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Siapa sangka, dental floss juga dapat digunakan sebagai cara mengobati cantengan di tangan. Hal ini dapat dijadikan alternatif, jika cara di atas ternyata cukup sulit untuk diaplikasikan.

Cara mengobati cantengan di tangan, rendam kuku dengan air hangat terlebih dahulu. Tujuannya agar kuku menjadi lunak, sehingga Anda dapat memasukkan dental floss ke bagian bawah kuku yang tumbuh. Namun ingat, berhati-hatilah. Karena benang gigi juga dapat melukai kulit sekitar, jika tidak digunakan secara perlahan.

4. Menggunakan Tea Tree Oil 

Cara mengobati cantengan di tangan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Teteskan minyak ini secukupnya ke jari yang sakit secara perlahan, biarkan meresap. Tujuannya agar kuku menjadi lebih lunak dan dapat dipotong atau dibersihkan. 

Selain itu, tea tree oil ini juga mampu melawan bakteri dan jamur pada kuku tersebut. Cara mengobati cantengan di tangan ini patut dipertimbangkan, mengingat mudahnya cantengan berubah jadi infeksi. Hal ini tentu dapat menimbulkan permasalahan yang lebih besar.

Jika keempat cara mengobati cantengan di tangan di atas tidak juga menyembuhkan, maka jangan ragu untuk pergi ke dokter. Karena semakin lama dibiarkan, bukan tidak mungkin infeksi akan menyebar ke jari-jari di sebelahnya. Tetap semangat dan jaga selalu kebersihan kuku.

Post a comment for "4 Cara Mengobati Cantengan di Tangan dengan Treatment Rumahan"