Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Bisul di Kaki yang Cepat dan Tanpa Perlu ke Dokter

qsehat.com - Cara mengobati bisul di kaki dapat Anda tangani sendiri di rumah tanpa perlu bantuan dokter. Bisul bukan merupakan penyakit yang berbahaya bahkan dapat kempes dengan sendirinya. Tetapi, munculnya bisul sangat mengganggu karena memberikan efek nyeri ketika dipegang. Bisul atau furunkel merupakan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan memberikan rasa nyeri. 

Bisul terbentuk saat nanah terkumpul di bawah kulit. Biasanya, bisul sering muncul di bagian punggung, ketiak, tengkuk, kaki, dan muka karena sering mengalami gesekan dan keringat. Bisul yang muncul di kelopak mata sering disebut dengan bintitan. Bisul bersifat menular dan tidak berbahaya tetapi cukup merepotkan. Berikut ini adalah cara mengatasi bisul di kaki yang bisa dilakukan di rumah. 

cara mengobati bisul di kaki
obat bisul

Inilah Cara Mengobati Bisul di Kaki 

Adapun cara mengatasi bisul di kaki agar cepat kempes dan sembuh adalah:

1. Mengompres dengan Air Hangat

Cara mengobati bisul di kaki yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Air hangat bisa mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah ke permukaan atau keluar dari kulit. Bisul bisa pecah dengan sendirinya setelah beberapa kali mendapatkan kompres air hangat. Ini biasanya terjadi dalam 10 hari semenjak munculnya bisul. 

Cara menggunakan obat bisul alami cepat sembuh ini adalah dengan merendam kain cuci dalam air hangat dan memerasnya. Ketika bisul sudah kering, cuci dengan menggunakan sabun antibakteri sampai semua nanah hilang. Kemudian, bersihkan dengan alkohol untuk mengurangi resiko infeksi dan mempercepat proses pemulihan. 

2. Menggunakan Tea Tree Oil

Selanjutnya, cara mengatasi bisul di kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Minyak atsiri di dalamnya mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik yang mampu mengobati infeksi bakteri penyebab bisul. Tetapi, minyak ini tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena memberikan efek terbakar. Cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak zaitun. 

Kemudian, masukkan tea tree oil yang sudah diencerkan ke kapas dan oleskan ke daerah kulit yang ditimbulkan bisul. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sampai bisul matang, pecah, dan benar-benar hilang. Bahkan cara ini dapat menjadi obat bisul alami cepat sembuh yang ampuh. 

3. Menggunakan Garam Epsom

Cara mengobati bisul di kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan garam epsom. Garam ini mempunyai banyak manfaat termasuk dapat mengobati bisul. Garam epsom akan membantu menguras nanah dan membuat bisul menjadi kering. Caranya adalah dengan melarutkan garam epsom ke dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area yang muncul bisul selama 20 menit. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari sampai bisul menjadi hilang. 

4. Menggunakan Minyak Jarak

Penggunaan minyak jarak juga termasuk cara mengobati bisul di kaki. Minyak jarak mempunyai kandungan senyawa yang bersifat anti inflamasi yang kuat. Minyak jarak juga mampu membunuh bakteri penyebab bisul. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak jarak ke bagian yang terkena bisul sebanyak 3 kali sehari. Lakukan cara ini sampai bisul mengering dan hilang. 

5. Menggunakan Neem Oil

Cara mengobati bisul di kaki yang terakhir adalah dengan menggunakan neem oil. Neem oil memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang dapat mengobati infeksi pada kulit. Cara pengobatannya adalah dengan mengoleskan minyak ini langsung ke bisul sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Lakukan secara rutin hingga bisul mengempis dan hilang. 

Demikian adalah beberapa cara mengobati bisul di kaki yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengobati bisul. Bila perlu selalu perban bisul selama proses penyembuhan supaya tidak ada bakteri lain yang masuk.

Post a comment for " 5 Cara Mengobati Bisul di Kaki yang Cepat dan Tanpa Perlu ke Dokter"