Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengobati Bau Mulut Secara Alami dan Mudah Dilakukan

qsehat.com - Cara mengobati bau mulut ternyata sangat mudah untuk diterapkan, tentunya juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Menghilangkan bau mulut busuk sangatlah penting dilakukan, terlebih jika Anda sering berbicara saling berhadapan dengan orang lain.

Jika bau mulut tidak segera diatasi, tentu akan membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman dan bahkan akan menjauh. Sebenarnya penyebab bau mulut ada bermacam-macam, tetapi yang paling sering terjadi ialah karena jarang menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut. Simak yuk cara mengobati bau mulut tak sedap di bawah ini!



cara mengobati bau mulut
cara mengobati bau mulut
Inilah Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami dan Mudah

Selain dengan rajin gosok gigi, Anda juga bisa mencoba langkah-langkah mengobati bau mulut di bawah ini:

1. Minum air putih

Tidak hanya jarang gosok gigi, apabila Anda membiarkan mulut tetap kering maka hal tersebut dapat menyebabkan mulut menjadi berbau tidak sedap. Hal ini dikarenkan jika kurang minum air, putih, maka produksi air liur juga akan menurun sehingga bakteri menjadi mudah berkembang.

Dengan demikian, cara mengobati bau mulut dapat Anda lakukan dengan minum air supaya mulut tetap terhidrasi. Selain itu juga agar dapat mendorong produksi air liur menjadi lebih meningkat.

2. Akar manis

Sifat antibakteri yang dimiliki akar manis mampu membantu mengobati mulut yang tidak sedap dan mencegah terjadinya kerusakan pada gigi dan gusi. Cara mengobati bau mulut dengan menggunakan akar manis ini bisa dilakukan dengan menjadikannya sebagai obat herbal.

Sekarang ini sudah banyak produk-produk yang yang mengandung ekstrak akar manis. Biasanya tersedia dalam bentuk tablet hisap, gel, dan obat kumur. Meski begitu, pengobatan herbal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah efektif atau tidak.

3. Peterseli

Dari dulu, tanaman herbal ini sudah terkenal ampuh untuk membantu menghilangkan bau mulut busuk. Hal ini dikarenakan peterseli memiliki kandungan klorofil dan aroma yang segar sehingga dapat mengobati bau mulut.

Untuk mengatasi bau mulut busuk dengan menggunakan peterseli ini dapat Anda lakukan dengan mengunyah tanaman ini. Selain itu, kini sudah banyak tersedia suplemen makanan peterseli yang dapat Anda beli.

4. Susu 

Disamping dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, ternyata susu juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengobati bau mulut. Kandungan yang ada di dalam susu dinilai dapat membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan berbau menyengat.

Makanan yang berbau menyengat tersebut contohnya seperti bawang putih atau bawang merah. Minumlah susu setelah mengonsumsinya supaya mulut tidak berbau busuk dan Anda dapat lebih percaya diri untuk berbicara di hadapan orang lain.

5. Jeruk 

Kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki oleh buah jeruk mampu membantu mengobati bau mulut. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat membuat produksi air liur menjadi lebih meningkat. Sehingga bakteri penyebab bau mulut dapat dihilangkan bersamaan dengan terbuangnya air liur dari dalam mulut.

6. Daun sirih

Tanaman herbal yang satu ini sejak dulu sudah populer untuk dijadikan sebagai pengobatan alami dan tradisional. Sifat antibakteri dan antiradang yang ada pada daun sirih bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tidak hanya itu, daun sirih juga mampu membantu mengatasi permasalahan bau mulut yang seringkali menjadi keluhan banyak orang. Cara mengobati bau mulut menggunakan daun sirih ini bisa dilakukan dengan mengunyahnya langsung, tetapi jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Apabila cara mengobati bau mulut di atas sekiranya tidak membantu, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Mungkin saja Anda mengalami permasalahan kesehatan tertentu yang menyebabkan bau mulut tidak kunjung hilang walaupun sudah berupaya mengobatinya.

Post a comment for "6 Cara Mengobati Bau Mulut Secara Alami dan Mudah Dilakukan"