Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengobati Asam Lambung Naik, Cari Tahu Yuk!

qsehat.com - Cara mengobati asam lambung naik sangat penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan asam lambung yang memiliki bahaya di dalamnya. Bahaya dari asam lambung ini bisa berupa striktur esofagus atau kerongkong yang mengalami penyempitan. Hal ini pun akan merembet pada peradangan di jaringan parut yang bisa menyebabkan kesulitan dalam proses menelan.

Dari bahaya tersebut, seseorang perlu mengetahui cara mengobati asam lambung naik agar dapat meminimalisir rasa sakitnya. Asam lambung yang naik ini janganlah disepelekan karena sangat berbahaya, seperti yang telah dijelaskan diatas. Lalu, di bawah ini adalah pembahasan secara detail mengenai cara-caranya.

cara mengobati asam lambung naik
asam lambung naik

Cara Mengobati Asam Lambung Naik yang Paling Ampuh

Simaklah pembahasan di bawah ini untuk mengetahui cara-caranya:

1. Hindarilah Mengonsumsi Makanan Secara Berlebihan

Jika Anda mengalami rasa sakit di bagian kerongkongan, maka ini berarti adanya gangguan pada otot cincin lambung. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sedang menelan, bersendawa, dan juga muntah. Penyebabnya bisa jadi adalah jumlah makanan yang masuk terlalu besar. Oleh karena itu, cara mengatasi asam lambung naik dalam hal ini adalah mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

2. Jauhilah Konsumsi Kopi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kopi menjadi salah satu penyebab dari sfingter bagian bawah mengalami masalah. Hal ini sejalan dengan risiko naiknya asam lambung yang Anda miliki. Kafein yang terlalu banyak dikonsumsi akan mengakibatkan lemahnya sfingter esofagus di bagian bawah. Dengan begitu, cara mengobati asam lambung naik yang paling ampuh adalah menghindari meminum kopi.

3. Batasilah Mengonsumsi Minuman Berkarbonasi

Cara mengatasi asam lambung naik adalah dengan menjauhi konsumsi minuman yang berkarbonasi. Hal ini berkaitan erat dengan meningkatnya gejala refluks pada asam lambung. Jika seseorang telah meminum minuman tersebut dan terlalu banyak bersendawa, maka hal itu tidak baik bagi kesehatan. Dikhawatirkan pula bahwa hal tersebut dapat meningkatkan jumlah asam lambung yang keluar dari kerongkongan.

4. Hindarilah Meminum Es Jeruk

Siapa yang menyangka bahwa es jeruk ini adalah salah satu penyebab dari buruknya gejala refluks asam lambung. Es jeruk ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki Riwayat asam lambung sebelumnya. Hal ini adalah karena adanya komposisi di dalam es jeruk yang mungkin bisa membuat iritasi pada lapisan esofagus. Sehingga cara mengobati asam lambung naik adalah dengan tidak mengonsumsi es jeruk.

5. Mengunyah Permen Karet

Permen karet ini dipercaya mampu menjadi alternatif dari cara mengatasi asam lambung naik yang Anda alami. Hal ini karena permen karet memiliki peran untuk mengurangi keasaman yang terjadi pada kerongkongan, apalagi jika permen karet tersebut memiliki kandungan bikarbonat. Meskipun tidak sepenuhnya mengurangi refluks asam lambung keseluruhan, tetapi permen karet ini memiliki peran yang sangat penting.

6. Berbaringlah ke Sisi Kiri

Cara mengobati asam lambung naik selanjutnya adalah dengan berbaring menghadap ke sebelah kiri. Jika asam lambung tersebut naik di malam hari, maka Anda dapat mencoba cara yang satu ini. Hal ini mampu membuat esofagus di bagian bawah berada di posisi lebih tinggi daripada batas asam lambung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukannya.

Itulah beberapa cara mengobati asam lambung naik yang bisa Anda lakukan sebelum diperiksa ke dokter. Hal tersebut tentunya sangat membantu sehingga sangat direkomendasikan untuk dilakukan ketika asam lambung tersebut naik. Namun, jika gejala yang dirasakan masih saja belum mereda, maka sarannya adalah untuk segera berkonsultasi ke dokter. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Post a comment for "6 Cara Mengobati Asam Lambung Naik, Cari Tahu Yuk!"

Berlangganan via Email