Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menghilangkan Sakit Perut PMS, Ampuh Tanpa Menggunakan Obat

qsehat.com - Cara menghilangkan sakit perut PMS bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara alami dan menggunakan obat-obatan.  Sakit perut pms adalah keluhan umum yang kerap dialami wanita saat haid tiba. Nyeri tersebut biasanya muncul pada awal menstruasi. Walaupun terkadang sakitnya ringan, tetap saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara mengatasi sakit perut pms yang paling banyak dilakukan oleh sebagian besar wanita adalah dengan menggunakan obat-obatan. Lebih praktis dan cepat. Namun, menggunakan bahan alami tanpa obat medis bisa juga dilakukan. Praktis dan tentunya lebih aman.


Cara menghilangkan sakit perut PMS
sakit perut saat pms
Inilah Cara Menghilangkan Sakit Perut PMS dengan Cara Alami

Nyeri yang datang saat haid membuat tidak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakannya. Tidak hanya obat, cara mengatasi sakit perut pms bisa menggunakan perawatan alami yang dapat meringankan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara alami untuk mengatasinya;

1. Olahraga Ringan

Jika Anda berpikir bahwa selama haid olahraga harus dihindari, hal tersebut ternyata salah besar. Cara mengurangi sakit perut pms faktanya bisa diredakan dengan melakukan olahraga ringan. Yang tidak dianjurkan adalah melakukan olahraga berat karena hanya akan membuat kesakitan.

Namun, melakukan peregangan ringan, berjalan-jalan atau bahkan melakukan yoga adalah alternative cara menghilangkan sakit perut pms karena olahraga dapat melepaskan endorphin yang merupakan hormon penghilang sakit secara alami.

2. Menerapkan Panas

Menerapkan suhu panas ke area perut diyakini sebagai cara menyembuhkan sakit perut pms untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan. Caranya mudah, isi botol dengan air hangat lalu tempelkan ke bagian perut. Panas yang diberikan  ke perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram.

Disamping itu, cara menghilangkan sakit perut pms dengan panas akan membantu otot rahim dan organ yang berada disekitarnya menjadi rileks sehingga otomatis kram yang dirasakan akan reda dan perut terasa lebih nyaman.

3. Pijat

Cara menghilangkan sakit perut saat pms selanjutnya adalah dengan melakukan pijat pada area perut untuk merilekskan otot panggul dan mengurangi kram yang muncul. Sebelum melakukan pijat, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengoleskan minyak khusus pijat atau minyak kelapa pada bagian kulit agar lebih mudah.

4. Oleskan  Minyak Esensial

Beberapa penelitian yang telah dilakukan, cara menghilangkan sakit perut pms dengan mengoleskan minyak esensial dirasa cukup efektif dan memberikan reaksi yang lumayan cepat. Nyeri yang dirasakan akan berkurang sedikit demi sedikit saat Anda menerapkan cara sederhana ini.

5. Mengubah Pola Makan

Cara menghilangkan sakit perut akibat pms juga dapat dilakukan dengan mengubah pola makan sehari-hari. Perubahan pola makan tersebut dapat mengurangi kram akibat adanya menstruasi. Misalnya mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Jangan lupa untuk menambah asupan cairan dengan banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Cara menghilangkan sakit perut pms sederhana ini bisa diterapkan secara rutin  mulai dari sekarang agar nyeri haid yang datang dapat berkurang.

6. Istirahat yang Cukup

Apabila nyeri haid muncul saat haid hari pertama, cara mengatasi sakit perut pms pertama adalah dengan menerapkan istirahat yang cukup. Bagi sebagian besar wanita tidur saat nyeri melanda, tubuh akan merasa lebih baik dan nyeri perlahan dapat hilang seiring berjalannya waktu.

Ternyata tidak sulit untuk menerapkan cara menghilangkan sakit perut pms yang datang hampir setiap bulan. Yang paling penting, sebelum masa haid tiba, lakukan olahraga ringan secara teratur dan jaga pola makan. Jangan buru-buru minum obat, karena terlalu banyak konsumsi obat tidak baik untuk tubuh.

Post a comment for "6 Cara Menghilangkan Sakit Perut PMS, Ampuh Tanpa Menggunakan Obat"