Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Hamil Dengan Alami

qsehat.com - Cara menghilangkan sakit kepala saat hamil dapat diatasi dengan alami tanpa perlu ke dokter. Sakit kepala merupakan salah satu gangguan yang sering dialami saat hamil. Sakit kepala ketika hamil tidak boleh sembarangan diatasi dengan obat-obatan tertentu. Karena obat-obatan yang dikonsumsi khawatir dapat berbahaya bagi kesehatan janin. Perubahan hormon menjadi penyebab utama sakit kepala ketika sedang hamil.

Terdapat berbagai penyebab yang diduga menimbulkan sakit kepala ketika hamil, yaitu kurang tidur, gula darah rendah, dehidrasi, hingga stres. Selain itu, pemicu datangnya sakit kepala juga karena mengurangi konsumsi kafein secara tiba-tiba, kelaparan, bahkan gangguan sinus dan alergi. Berikut ini membahas mengenai cara menghilangkan sakit kepala saat hamil.

cara menghilangkan sakit kepala saat hamil
sakit kepala saat hamil
Kapan Ibu Hamil Mengalami Sakit Kepala?

Kepala pusing saat hamil muda paling umum terjadi di trimester pertama dan ketiga kehamilan. Selama trimester pertama, tubuh akan mengalami perubahan hormon dan peningkatan volume darah. Hal ini yang menyebabkan kepala terasa sakit ketika hamil muda. Selain itu, sakit kepala pada trimester ketiga sering dihubungkan dengan postur tubuh yang memburuk karena tambahan beban dari janin.

Sakit kepala tersebut disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan preeklampsia yang merupakan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Sakit kepala ini akan berlanjut dan diperburuk jika stress dan kelelahan. Oleh sebab itu, ketika sedang hamil sangat dianjurkan untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan. 

Inilah Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Hamil

Terdapat beberapa cara menghilangkan sakit kepala saat hamil, diantaranya :

1. Istirahat yang cukup

Cara mengatasi sakit kepala saat hamil yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Hindari begadang dan melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan ketika hamil. Karena kelelahan menjadi faktor utama penyebab sakit kepala. Disaat hormon pada tubuh tidak stabil ditambah dengan kondisi badan yang tidak fit dapat mengakibatkan kondisi tubuh semakin drop.

Oleh sebab itu, jika sakit kepala menyerang Anda posisikan tubuh berbaring di tempat tidur. Buat ruangan dalam kondisi gelap dan tidak berisik. Karena gangguan suara yang bising dan cahaya dari lampu dapat meningkatkan intensitas sakit kepala. Ciptakan suasana yang hening dan pejamkan mata supaya tubuh menjadi rileks.

2. Berikan pijatan kecil

Cara menghilangkan sakit kepala saat hamil selanjutnya adalah dengan memberikan pijatan kecil di kepala. Ketika sakit kepala datang, Anda dapat memijat lembut bagian kepala yang terasa sakit. Anda juga dapat meminta tolong suami atau keluarga untuk memijat pundak dan leher yang dapat mengatasi ketegangan.

Jika Anda mempunyai waktu luang, dapat mengunjungi tempat pijat profesional supaya mendapatkan pijak relaksasi seluruh tubuh. Pastikan pijat yang diberikan dijamin aman untuk ibu hamil.

3. Berikan kompres pada kepala

Cara menghilangkan sakit kepala saat hamil juga dapat dengan memberikan kompres di kepala. Caranya Anda kompres bagian wajah, mata, dan jidat dengan handuk yang sudah direndam air panas. Anda juga dapat mengompres bagian belakang leher dengan handuk dingin.

4. Perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh

Memperhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke tubuh dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala saat hamil. Hindari makanan yang dapat memicu sakit kepala seperti makanan yang mengandung MSG, pemanis buatan, makanan yang difermentasi, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih minimal sebanyak 2 liter sehari untuk mencegah dehidrasi.

Itulah 4 point penting yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan sakit kepala saat hamil. Kunjungi dokter jika dirasa sakit kepala terasa hebat dan tidak kunjung membaik. Dikhawatirkan sakit kepala terjadi karena terdapat indikasi penyakit yang lainnya.

Post a comment for "4 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Hamil Dengan Alami"