Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Pada Anak yang Efektif dan Ampuh

qsehat.com - Cara menghilangkan sakit gigi pada anak sangat beragam. Bisa dengan bahan alami maupun obat-obatan. Rasa sakit atau nyeri pada gigi tentu menyiksa, tidak hanya bagi orang tua tetapi juga anak-anak. Sakit gigi yang menyerang anak-anak mengganggu aktivitas mereka. Apalagi anak-anak biasanya kurang tahan terhadap rasa sakit atau nyeri.

Sakit gigi yang diderita anak-anak disebabkan oleh berbagai faktor seperti gigi berlubang, radang gusi, atau tumbuh gigi. Apabila anak Anda mengalami sakit gigi, jangan langsung panik. Sebab ternyata ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit gigi pada anak. Ikuti penjelasan berikut sampai selesai.

Cara menghilangkan sakit gigi pada anak
sakit gigi pada anak
Inilah Cara Menghilangkan Sakit Gigi pada Anak

Anda bisa memilih obat atau bahan alami untuk mengobati sakit gigi pada anak. Pilihan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang sedang Anda dan anak Anda hadapi.

1. Berkumur menggunakan air garam

Cara menghilangkan sakit gigi pada anak ini mudah dan murah. Anda cukup pergi ke dapur untuk membuat air garam. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Jangan gunakan air dingin maupun air panas mendidih, cukup air hangat. Air garam dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi sehingga mampu meredakan rasa sakit pada gigi

2. Mengompres dengan air dingin

Saat gigi sakit, biasanya pipi anak mengalami bengkak. Cara menghilangkan sakit gigi pada anak yang kedua berguna untuk mengempeskan bengkak. Celupkan kain kompres ke air dingin lalu usap di bagian yang bengkak. Bisa juga dengan mengusapkan es batu yang dibungkus handuk. Tanyakan pada anak cara mana yang membuatnya merasa nyaman.

3. Mengoleskan minyak cengkeh

Jika Anda mempunyai minyak cengkeh, maka Anda dapat menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi anak. Kandungan senyawa eugenol serta sifat antibakteri menjadi alasan mengapa cengkeh bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi yang diderita anak.

Cara menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi anak ialah dengan bantuan kapas atau cotton bud. Teteskan minyak cengkeh pada kapas atau cotton bud kemudian letakkan di gigi yang berlubang atau terasa sakit. Alternatif lain apabila tidak mempunyai minyak cengkeh maka bisa memakai cengkeh utuh atau bubuk cengkeh.

4. Menggunakan jeruk nipis

Selain cengkeh, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai pengobatan terhadap sakit gigi anak. Pasalnya, vitamin C yang dimiliki jeruk nipis mampu mengurangi keluhan sakit gigi.
Cara menghilangkan sakit gigi pada anak menggunakan jeruk nipis sama dengan penggunaan minyak cengkeh untuk sakit gigi anak. Letakkan jeruk nipis yang sudah dipotong kecil-kecil pada gigi anak yang sakit dan diamkan beberapa menit.

5. Menggunakan bawang putih

Siapa sangka, selain sebagai bumbu masakan, bawang putih mempunyai khasiat untuk menyembuhkan sakit gigi pada anak. Anda perlu menghaluskan satu siung bawang putih terlebih dahulu. Selanjutnya, taruh bawang putih yang telah dihaluskan tadi di bagian gigi yang sakit. Kandungan antibakteri yang dimiliki bawang putih menyebabkan penyedap rasa alami ini bisa meredakan sakit gigi.

Kelima cara di atas memanfaatkan bahan alami untuk mengobati sakit gigi pada anak. Pilihan lainnya, Anda dapat memberikan obat penghilang rasa nyeri seperti parasetamol saat anak mengalami sakit gigi. Akan tetapi, dosis paracetamol untuk anak harus benar-benar diperhatikan agar tidak berbahaya. Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi juga sangat penting dilakukan supaya anak terhindar dari sakit gigi.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan sakit gigi pada anak yang bisa dicoba untuk menyembuhkan gejala sakit gigi yang muncul. Semoga ulasan ini bermanfaat dan tetaplah simak qsehat.com.

Post a comment for "Ketahui 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Pada Anak yang Efektif dan Ampuh"