Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Saat PMS Agar Tetap Fit

qsehat.com - Cara menghilangkan rasa sakit saat PMS pastinya sangat penting untuk diketahui para wanita. Terlebih bagi remaja yang baru merasakan haid dan masih belum terbiasa merasakan rasa sakitnya. PMS merupakan gejala-gejala yang dialami oleh seorang wanita baik secara fisik ataupun emosional sebelum datangnya menstruasi. Biasanya akan dialami perempuan sekitar 7-10 hari sebelum mengalami masa haid.

Pada dasarnya rasa sakit saat PMS yang dialami para wanita berbeda-beda, ada yang merasa sakit yang biasa saja. Namun, ada juga yang merasakan sakit tidak tertahankan sehingga dapat mengganggu atau bahkan menghambat aktivitas yang sedang dijalan.

cara menghilangkan rasa sakit saat pms
Add caption
Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Rasa sakit Saat PMS

Supaya tetap bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan normal ketika PMS, maka cobalah cara menghilangkan rasa sakit saat PMS berikut:

1. Kompres perut dengan air hangat

Sebelum menstruasi, biasanya para wanita merasakan kram di bagian perut .. Untuk membantu mengatasinya rasa sakitnya, cobalah menerapkan cara menghilangkan rasa sakit saat PMS yang satu ini. Sebab, efek suhu panasnya bisa membuat otot-otot rahim yang tegang menjadi lemas sehingga nyeri yang dirasakan akan mereda.

Kompreslah perut Anda dengan menggunakan botol yang sudah diisi air hangat. Balut botol tersebut dengan waslap kemudian tempelkan pada bagian perut Anda. Anda tidak perlu khawatir karena cara ini tidak akan menimbulkan efek samping. Terapkan cara ini berulang-ulang hingga rasa sakitnya mereda.

2. Melakukan olahraga ringan

Ketika sedang mengalami gejala PMS, biasanya cenderung lebih memilih beristirahat atau bermalas-malasan. Namun sebenarnya jika Anda mau melakukan olahraga ringan, maka hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat PMS.

Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau sekedar berjalan-jalan saja. Dengan berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Olahraga juga mampu menghasilkan hormon endorfin, dimana bisa berperan sebagai obat penghilang nyeri haid alami.

3. Mengoleskan minyak essensial

Ada sebuah penelitian yang membandingkan antara dua obat pereda nyeri haid tradisional pada dua kelompok wanita yang sedang haid. Kelompok pertama dipijat menggunakan minyak almond, sementara kelompok kedua mendapat pijatan menggunakan minyak essensial.

Ternyata hasilnya kelompok yang mendapat pijatan menggunakan minyak essensial, rasa sakit dari kram menstruasinya lebih mereda dibanding kelompok pertama. Nah, jika Anda merasakan sakit yang luar biasa karena PMS atau haid, maka cobalah untuk memijat perut Anda menggunakan minyak essensial.

4. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Jika kram menstruasi terasa sangat menyakitkan dan masih banyak hal yang harus dikerjakan, maka bisa mengonsumsi obat penghilang nyeri haid. Salah satunya yaitu paracetamol yang bisa Anda beli di Apotek atau toko terdekat.

Namun, bila Anda ragu mengkonsumsi obat tersebut, alangkah baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nanti dokter akan memberikan obat serta dosis yang sesuai kepada Anda supaya nyeri saat PMS atau haid dapat mereda.

5. Kurangi stress

Mungkin masih banyak orang yang tahu bahwa stress bisa menjadi salah satu penyebab nyeri haid dan dapat memperparah rasa sakitnya. Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan rasa sakit saat PMS ini penting Anda coba.

Anda bisa melakukan segala hal yang membuat hati Anda senang. Tentu setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengurangi stress, ada yang ingin berjalan-jalan, shopping, menonton film, dan lain-lain. Cara yang paling sederhana yang bisa Anda coba adalah dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan.

Jika Anda sudah mencoba cara menghilangkan rasa sakit saat PMS di atas, tetapi kram yang dirasakan tidak kunjung mereda. Bahkan jika kram terasa begitu parah, diiringi demam, dan terdapat banyak gumpalan darah, maka sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter.

Post a comment for "5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Saat PMS Agar Tetap Fit"