Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi di Rumah, Terbukti Manjur!

qsehat.com - Cara Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi seringkali dicari oleh banyak orang. Wajar, karena sakit gigi memang terasa sangat menyiksa. Selain rasa sakit yang teramat, rasa nyeri yang ditimbulkan benar-benar mengganggu aktivitas. Bahkan, bisa membuat orang stress. Siapa pun pernah mengalaminya dan beberapa orang sudah ada yang menjadi langganan. 

Jika Anda juga pernah merasakannya, pasti menginginkan pengobatan yang lebih cepat dan mudah dilakukan. Nah sebenarnya, Anda bisa mendapatkan obat sakit gigi dengan bahan-bahan alami di rumah. Bagi yang masih bingung tentang cara menghilangkan nyeri sakit gigi, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini!

cara menghilangkan nyeri sakit gigi
nyeri sakit gigi

Inilah Cara Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi Tanpa Obat

Berikut pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit gigi agar tidak berlama-lama adalah :

1. Kumur Air Garam

Salah satu cara menghilangkan nyeri sakit gigi yang paling populer adalah berkumur air garam. Kandungan yang berada di dalam garam dipercaya mampu menyerap kelembaban di dalam mulut, sehingga bakteri penyebab sakit gigi dapat diatasi. Selain itu, larutan air garam juga dapat membantu meredakan peradangan.

Cara mengatasi nyeri sakit gigi dengan garam sangat mudah, yakni larutkan ½ sdt garam dengan 240 ml air hangat. Gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, fokuskan pada daerah yang sakit. Setelah berkumur, pastikan larutan air garam dibuang. Jangan ditelan.

Sebelum praktik cara mengobati nyeri sakit gigi, alangkah lebih baik melakukan flossing terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan disela gigi. Anda dapat menggunakan benang flossing yang dijual di pasaran.

2. Kompres Es

Cara mengatasi nyeri sakit gigi yang kedua adalah dengan mengompres menggunakan es. Kompres dingin terbukti dapat meredakan bengkak, mengurangi nyeri, hingga menghentikan perdarahan yang ada di dalam jaringan gusi. Caranya, masukkan beberapa keping es batu ke dalam plastik pembungkus.

Jangan lupa, lapisi dengan waslap, handuk, atau kain. Lalu tempelkan ke pipi yang sedang sakit, selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Cara menghilangkan nyeri sakit gigi dengan es batu ini dapat diulangi beberapa kali, sampai pembengkakan mulai mereda.

3. Bawang Putih

Cara mengobati nyeri sakit gigi yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan senyawa allicin yang bersifat anti bakteri. Senyawa ini lah yang digadang-gadang dapat membunuh bakateri penyebab sakit gigi. Selain itu, anti bakteri juga dapat menekan risiko timbulnya tumpukan plak pada gigi. 

Cara menghilangkan nyeri sakit gigi dengan bawang putih, yaitu tumbuk bawang putih sampai menjadi seperti pasta (halus). Campurkan sedikit garam, lalu aplikasikan pada gigi yang sedang sakit. Selain cara di atas, Anda juga dapat mengunyah bawang putih secara langsung. Namun, beberapa orang tidak menyukai cara mengatasi nyeri sakit gigi seperti ini, karena aroma bawang yang terlalu kuat.

4. Teh Peppermint

Punya stok teh peppermint di rumah? Anda dapat memanfaatkan teh tersebut sebagai pereda nyeri gigi. Sebab, senyawa mentol yang ada di dalam peppermint memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Selain itu, sensasi dingin yang ditimbulkan juga dapat meringankan rasa nyeri yang timbul.

Ada dua cara menghilangkan nyeri sakit gigi dengan teh peppermint. Pertama, gunakan kantong teh yang sudah digunakan. Rendam sebentar di dalam air hangat, lalu kompreskan pada gigi yang sakit. Atau masukkan kantong teh ke dalam freezer selama beberapa saat, baru dikompreskan.

5. Minyak Cengkeh

Cara mengatasi nyeri sakit gigi secara alami yang terakhir yaitu menggunakan minyak cengkeh. Minyak ini mengandung senyawa eugenol yang bersifat antiseptik, sehingga dapat meredakan peradangan. Teteskan minyak cengkeh pada kapas, lalu aplikasikan pada area yang sakit. 

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan nyeri sakit gigi yang dapat dilakukan di rumah. Segera cari tahu penyebab sakit gigi yang Anda alami, lalu atasi dan jika tidak kunjung sembuh, maka ke dokterlah.

Post a comment for "5 Cara Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi di Rumah, Terbukti Manjur!"