Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menghilangkan Keputihan yang Bau, Alami tapi Ampuh!

qsehat.com - Cara menghilangkan keputihan yang bau banyak dicari oleh kaum wanita. Pasalnya tidak sedikit wanita mengalami keputihan berlebih dan abnormal. Banyak memang penyebabnya dari mulai faktor stress, kontaminasi  bahan-bahan kimia, sampai dengan tertular oleh orang lain.

Namun perlu diketahui juga bahwa Cara mengatasi keputihan yang bau secara alami tanpa ke dokter dapat dilakukan dengan mudah. Perlu diketahui dulu sebaiknya penyebab keputihan tersebut. Keputihan ada yang normal dan tidak normal juga. Jadi jangan terlalu khawatir berlebih sebelum memastikannya.

cara menghilangkan keputihan yang bau
cara menghilangkan keputihan yang bau

Inilah Cara Menghilangkan Keputihan yang Bau Tanpa ke Dokter


Berikut ini akan dijabarkan beberapa cara mengatasi keputihan yang bau:

1. Gunakan celana dalam berbahan katun

Cara menghilangkan keputihan yang bau yang paling mudah adalah dengan mengganti celana dalam yang digunakan. Bahan yang terbaik yang dapat digunakan untuk tahap awal mengatasi keputihan yang bau yaitu bahan katun. Bahan ini selain menyerap keringat juga tidak membuat daerah sekitar vagina gerah.

Kelembaban yang wajar sangat diperlukan bila ingin cara mengatasi keputihan yang bau dengan cepat. Kondisi basah yang terus menerus menyebabkan daerah sekitar vagina akan tumbuh bakteri jahat dengan subur.

2. Konsumsilah makanan probiotik

Makanan probiotik yang mengandung lactobacillus sangat perlu dikonsumsi secara teratur. cara menghilangkan keputihan yang bau dengan makanan yang mengandung probiotik adalah tempe, kimchi, yoghurt, miso. Lactobacillus sangat baik untuk menumbuhkan bakteri baik di daerah vagina.

3. Makan bawang putih

Bawang putih mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang mampu menghancurkan bakteri jahat dalam tubuh. Cara mengatasi keputihan yang bau dengan mudah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi langsung bawang putih tanpa diolah.

4. Gunakan tea tree oil

Penggunaan tea tree oil pada vagina yang terinfeksi biasanya dicampur dengan minyak lain seperti minyak atsiri, minyak zaitun dan minyak lainnya. Cara menghilangkan keputihan yang bau secara alami adalah dengan mengoleskannya pada vagina yang mengalami keputihan yang berbau.

5. Hindari douching 

Sebagian wanita mengira bahwa dengan menggunakan alat douch maka hal itu merupakan cara mengatasi keputihan yang bau dan akan menghindarkannya dari keputihan. Sayangnya hal itu justru beresiko menyebabkan luka dan justru menimbulkan keputihan.

6. Setialah pada pasangan

Untuk orang yang telah menikah, jangan coba-coba untuk berhubungan seksual dengan yang bukan pasangannya. Selain merupakan hal yang dilarang agama, hal itu juga dapat menjadi jalan penularan penyakit kelamin. Cara menghilangkan keputihan yang bau dan ampuh yaitu berhubungan dengan pasangan resmi saja.

7. Jaga kebersihan vagina

Untuk menjaga agar vagina tetap sehat dan bila sudah terkena penyakit pun tidak akan bertambah parah, maka kebersihannya harus dijaga. Cara mengatasi keputihan yang bau dengan mengganti celana dalam ketika terasa lembab karena berkeringat.

Tanda keputihan yang berbahaya

Memang tidak semua keputihan berbahaya. Baiknya kenali terlebih dahulu apakah keputihan yang dialami harus ditangani lebih serius dengan tenaga medis. Cara menghilangkan keputihan yang bau secara mandiri dapat dilakukan kemudian.

Cara mengatasi keputihan yang bau harus diawali dengan mengenali Tanda keputihan berbahaya adalah keputihan menjadi sangat tebal dan lengket lalu warnanya juga kuning atau hijau. Lalu timbul bau yang menyengat, kemudian gatal serta kemerahan pada vagina.

Selanjutnya adanya bercak darah namun bukan saat menstruasi. Keputihan yang berbahaya tentunya harus diatasi oleh tenaga medis dengan profesional. Setelah cara-cara di atas dicoba dan tak berhasil, maka jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter dengan lebih serius.

Cara menghilangkan keputihan yang bau telah dijabarkan di atas dapat dicoba ya. Bila gejala mulai mereda maka teruskan perawatan. Jangan lupa juga untuk lebih menjaga kebersihan vagina dan jangan stress. Semoga berhasil ya.

Post a comment for "7 Cara Menghilangkan Keputihan yang Bau, Alami tapi Ampuh!"