Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terapkan 4 Cara Menghilangkan Emosi Negatif Ini Sebelum Anda Menyesal!

qsehat.com - Cara menghilangkan emosi negatif seperti marah, kesal dan sedih sangat penting Anda ketahui, terlebih jika Anda sering mengalaminya. Karena jika tidak, hal tersebut bukannya dapat menyelesaikan masalah dan membuat hati menjadi lebih tenang, justru dapat merugikan diri sendiri.

Emosi memanglah wajar dialami oleh setiap orang, hal ini menjadi bentuk perasaan intens atas reaksi terhadap kejadian yang dialami seseorang. Namun, jika emosi sampai berujung pada tindakan-tindakan tidak baik dan merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain, maka segeralah mengendalikannya.

cara menghilangkan emosi
emosi negatif
 Inilah Cara Menghilangkan Emosi Negatif

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka cobalah untuk menerapkan cara menghilangkan emosi negatif di bawah ini:

1. Lepaskan emosi dengan berolahraga

Apabila Anda mulai ingin meluapkan amarah, maka sebaiknya lakukanlah olahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan sesuai kesukaan Anda atau bisa jugi pergi ke gym. Sebab, berolahraga berpengaruh besar terhadap peningkatan mood seseorang sehingga emosi akan mereda dan kemudian menghilang.

Selain itu, cara mengendalikan emosi dengan berolahraga ini Anda terapkan dalam jangka panjang tentu sangat baik untuk membantu mengurangi depresi. Jadi, apabila Anda mungkin mengalami depresi, maka jadikan, olahraga sebagai kebiasaan baik Anda dan lakukanlah secara rutin dan teratur.

2. Berbicara dengan seseorang yang dipercaya

Menghilangkan emosi memang tiak mudah dilakukan, tetapi jangan sampai Anda menyimpan  emosi negatif sedirian. Berbagilah dengan orang lain, berbicaralah, dan ceritakanlah. Dengan begitu, Anda akan merasa beban yang selama ini Anda rasakan menjadi berkurang.

Memang benar, bahwa memendam emosi di dalam hati tanpa membaginya dengan orang lain bisa menghilangkan emosi. Namun, seenarnya hal itu bersifat sesaat saja, karena justru akan berpotensi meningkatkan emosi menjadi lebih besar. Oleh karena itu, berbicara dengan seseorang yang sudah dipercaya ialah cara menghilangkan emosi yang sangat tepat.

3. Mengekspresikan perasaan frustasi

Maksud dari cara mengendalikan diri dengan mengekspresikan frustasi ini adalah  melampiaskan perasaan tersebut kepada hal-hal yang akan membuat hati bahagia. Contohnya berbelanja, jalan-jalan, ke taman, ke salon, dan lain sebagainya.

Akan lebih baik jika Anda mengajak orang-orang tersayang yang berada di sekitar Anda. Misalnya saja pasangan, teman dekat, atau keluarga lainnya. Hal ini dilakukan supaya Anda juga lebih nyaman dan dapat bercerita atau mengeluarkan keluh kesah yang Anda alami.

4. Mengambil napas dalam-dalam

Apabila kemarahan Anda mulai meledak, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam yang dihirup dari dada bukan perut. Untuk menerapkan cara menghilangkan emosi ini, Anda dapat melakukannya dengan mencari kursi terlebih dahulu, lalu duduklah dengan nyaman dan rileks.

Mulailah untuk mengambil napas, pmental Anda terguncang karena kejadian atau situasi tertentu. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi psikiater atau psikolog untuk berkonsultasi dan meminta bantuan untuk memberikan solusi atas permasalahan Anda.

Post a comment for "Terapkan 4 Cara Menghilangkan Emosi Negatif Ini Sebelum Anda Menyesal!"