Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami yang Mudah Dibuat dan Efektif

qsehat.com - Cara menghilangkan bau mulut secara alami tidak hanya dengan selalu menjaga kebersihan mulut. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau yang tidak sedap pada mulut. Bau mulut umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya seperti mengonsumsi makanan tertentu dan adanya gangguan kesehatan.

Bau mulut memang selalu membuat ketidaknyamanan kepada penderitanya. Karena ketika bau mulut datang dapat menurunkan rasa percaya diri. Tetapi, kondisi seperti ini dapat diatasi dengan cara menghilangkan bau mulut secara alami. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:


Cara menghilangkan bau mulut secara alami
Cara menghilangkan bau mulut secara alami
Inilah Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami yang Ampuh

Ada beberapa cara mengobati bau mulut yang ampuh dengan bahan rumahan, diantaranya adalah:

1. Berkumur dengan air garam dan air jahe

Cara menghilangkan bau mulut secara alami yang pertama adalah berkumur dengan air garam dan air jahe. Salah satu penyebab mulut tidak sedap karena terdapat banyak bakteri yang menumpuk. Di dalam kandungan garam dan jahe memiliki sifat antibakteri sehingga sangat ampuh untuk mengurangi bau mulut.

2. Mengonsumsi jeruk nipis

Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis juga bisa Anda coba. Jeruk nipis memiliki rasa yang asam dan segar serta kaya akan kandungan vitamin C. Oleh sebab itu, jeruk nipis dapat meningkatkan produksi air liur secara alami. Sehingga, bakteri yang menyebabkan bau mulut dapat terbuang.

3. Perbanyak konsumsi air putih

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena kondisi mulut yang sangat kering. Oleh sebab itu, Anda harus banyak mengonsumsi air putih supaya mulut menjadi lebih lembab. Jika asupan cairan terpenuhi maka dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga bakteri yang menyebabkan bau mulut tidak berkembang biak.

4. Mengonsumsi susu

Cara menghilangkan bau mulut secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi susu. Terdapat beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya bau mulut seperti bawang putih dan bawang merah. Oleh sebab itu, setelah Anda mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau dianjurkan untuk minum susu.

Karena dalam susu terdapat kandungan yang dapat menghilangkan bau mulut. Tidak hanya susu, produk olahan susu lainnya seperti yogurt juga dapat menghilangkan bau mulut busuk. Karena dalam yogurt terdapat kandungan probiotik yang membantu mengurangi jumlah bakteri yang menjadi penyebab mulut bau.

5. Rajin membersihkan gigi

Cara menghilangkan bau mulut secara alami selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan gigi. Salah satu yang menjadi penyebab bau mulut adalah karena masih banyak sisa makanan yang terselip di gigi.

Oleh sebab itu, Anda harus rajin membersihkan gigi dan lidah dengan cara menyikatnya dengan rutin. Jika perlu Anda bersihkan juga sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.
Minum teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang bersifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut secara alami dapat dengan rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari. Anda dapat mencampurkannya dengan daun mint supaya mulut akan terasa lebih segar.

6. Mengonsumsi daun sirih

Cara menghilangkan bau mulut secara alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi daun sirih. Seperti yang kita tahu jika daun sirih sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal dan obat tradisional.

Selain itu, ternyata daun sirih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sehingga kebiasaan mengunyah daun sirih dapat menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

Demikian beberapa point mengenai cara membersihkan mulut secara alami yang bisa Anda coba. Jika bau mulut masih tidak hilang, sebaiknya kunjungi dokter gigi supaya mengetahui penyebabnya. Sehingga Anda akan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Post a comment for "6 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami yang Mudah Dibuat dan Efektif"