Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak, Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih!

qsehat.com - Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih sudah digunakan sejak zaman dahulu. Daun sirih memang memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun sirih sering digunakan sebagai pengobatan alami. Salah satunya adalah untuk mengobati masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Memiliki masalah bau mulut memang sangat mengganggu karena dapat mengurangi rasa percaya diri. 

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, bau mulut juga menyebabkan orang-orang di sekitar kita malas untuk berbicara. Sehingga orang akan sungkan dan membatasi diri untuk berbicara karena permasalahan bau mulut tersebut. Sebenarnya, banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut. Kali ini, akan membahas mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih. 

cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih
bau mulut dan ramuan daun sirih

Tentang Daun Sirih

Daun sirih merupakan obat tradisional yang sangat populer di China dan India. Daun sirih memiliki kandungan antioksidan alami dan efek antibacterial. Efek antibacterial ini yang terdapat dalam ekstrak daun sirih dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, dapat mengurangi produksi zat asam hasil dari bakteri. 

Menurut hasil penelitian yang dimuat pada American Journal of Ethnomedicine, daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri. Dimana di dalamnya memiliki kandungan zat allylpyrocatechol (APC) yang mampu mengikat bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Bahkan, fungsi antibakterial APC dikatakan mampu mengurangi produksi methyl mercaptan dan hydrogen sulfide.

Dimana kedua gas tersebut berbau yang dihasilkan oleh bakteri APC. Karena berbagai khasiat pada ekstrak daun sirih ini yang sering dimanfaatkan sebagai komponen tambahan dalam produk kesehatan gigi. Selain sebagai cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, tanaman ini juga dapat mengurangi terbentuknya karies gigi. 

Bahkan, penelitian yang diadakan oleh Departemen Oral Biologi FKG Universitas Padjadjaran mengatakan jika terjadi perubahan keasaman air ludah. Hal ini terjadi ketika sebelum dan sesudah menyikat gigi menggunakan pasta gigi dengan kandungan ekstrak daun sirih. Rata-rata derajat keasaman air ludah mudah naik menjadi cenderung basa setelah menyikat gigi. 

Dalam keadaan air ludah yang cenderung basa inilah mengakibatkan bakteri Streptococcus mutans tidak hidup bertahan lama. Karena ekstrak daun sirih dapat merusak selaput sel plasma dan membekukan inti sel bakteri. Sehingga, terhambatnya pertumbuhan bakteri dalam rongga mulut menyebabkan penurunan resiko karies gigi dan menghambat pembentukan plak gigi.

Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih

Setelah mengetahui manfaat daun siruntuk kesehatan mulut, berikut ini adalah cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, yaitu : 

  • Siapkan beberapa lembar daun sirih yang masih segar. Biasanya cukup dengan menggunakan 2 hingga 4 lembar daun sirih.
  • Kemudian, cuci daun sirih hingga bersih. 
  • Rendam daun sirih yang sudah dicuci bersih ke dalam air hangat dan diamkan dalam beberapa saat.
  • Jika sudah direndam, segera peras daun sirih dan mencampurkan air perasan tersebut dengan air daun sirih sisa rendaman sebelumnya. 
  • Aduh hingga merata dan diamkan sampai air rebusan menjadi dingin. 

Jika sudah dingin maka dapat langsung menggunakan air rendaman daun sirih tersebut untuk berkumur. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka lakukan cara tersebut maksimal 2 kali setiap hari. 

Demikian cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih yang bisa Anda coba. Selain menggunakan daun sirih, untuk menghilangkan bau mulut juga harus didukung dengan cara lainnya. Seperti rajin menyikat gigi dan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Karena, bau mulut datang akibat kondisi dalam mulut yang kotor.

Post a comment for "Simak, Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Daun Sirih! "

Berlangganan via Email