Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Busuk Dengan Cepat, Ikuti Yuk!

Qsehat.com - Cara menghilangkan bau mulut busuk  yang dialami sebagian orang, banyak ragam. Penyebabnya dari kebiasaan minum, alkohol, merokok. Juga makan makanan yang memicu bau mulut, sampai kerusakan pada pencernaan, atau dari kurang bersihnya kebiasaan sehari-hari.

Anda harus membiasakan diri untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi karena dari sinilah awal kesehatan tubuh. Sebab, mulut dan gigi merupakan bagian utama dari masuknya makanan ke dalam tubuh. Untuk hal-hal yang terkait kesehatan lain dan bagian dalam tubuh, memang sebaiknya diperiksakan ke dokter. Namun sebelum itu, boleh dicoba cara menghilangkan bau mulut busuk  yang cepat.


cara mengobati bau mulut busuk
cara mengobati bau mulut busuk

Cara Mengatasi Bau Mulut Busuk Dengan Mudah Dan Cepat

Bila nanti belum reda juga bau mulut busuk, maka segera hubungi dokter yang berkompeten ya. Berikut cara mengobati bau mulut busuk:

1. Berkumur dengan soda kue

Sudah tahu kan bahwa baking soda atau soda kue memiliki manfaat yang luar biasa. Bukan hanya untuk mengembangkan kue tapi untuk kebersihan menghilangkan noda. Juga sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut busuk  yang aman.

Ternyata soda kue juga efektif mematikan bakteri penyebab bau mulut. Cara mengatasi bau mulut busuk dengan soda kue sangat mudah yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Kumur sebentar saja sekitar 30 detik. Lakukan rutin sehingga bakteri penyebab bau mulut dapat diatasi.

2. Hindari makan perangsang bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut busuk  yang sangat aman yaitu dengan menjauhi makanan seperti bawang putih, kopi, durian, petai, jengkol, yang memang beraroma kuat. Senyawa-senyawa dalam makan tersebut dapat menyebabkan aroma mulut yang tidak sedap dan akan mengganggu orang-orang di sekeliling.

3. Sering sikat gigi

Meskipun sikat gigi terlalu sering tidak dianjurkan tapi Anda tetap harus rutin dalam menggosok gigi dan setelah makan-makanan manis. Selain itu, hindari menggosok gigi terlalu kencang atau keras karena bisa membuat email gigi erosi. Jadi, Anda harus memperhatikan cara menggosok gigi.

4. Flossing

Salah satu yang juga cukup efektif dalam cara menghilangkan bau mulut busuk adalah dengan menggunakan benang gigi. Selain membantu peran sikat gigi benang gigi juga bermanfaat untuk mencegah busuknya makanan karena terselip di sela-sela gigi yang tak terjangkau.

5. Gunakan obat kumur

Obat kumur yang tidak terlalu keras atau mengandung alkohol bisa digunakan sebagai cara mengatasi bau mulut busuk. Ingat dalam penelitian agar lebih efektif manfaat yang dirasakan, maka gunakan sebelum menggosok gigi atau satu jam setelah gosok gigi. Ini bertujuan agar manfaat menggosok gigi tidak terganggu.

6. Sikat lidah

Lidah merupakan salah satu sumber bersarangnya bakteri jahat di mulut. Sisa-sisa makanan ternyata banyak menumpuk dan menyebabkan bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut busuk dengan mudah, sikat dari arah pangkal ke depan lidah dengan sikat gigi. Untuk hasil maksimal, maka bisa digunakan scraper lidah.

7. Ganti permen mint dengan permen karet tanpa gula

Gula itu merupakan teman baik para bakteri di mulut. Bila tidak segera dibersihkan makan akan menimbulkan asam dalam mulut. Untuk itu cara mengatasi bau mulut busuk kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula.

8. Kesehatan gusi harus dijaga

Cara menghilangkan bau mulut busuk selanjutnya dengan menjaga produksi liur. Air liur adalah mekanisme pertahanan mulut terhadap asam plak. Bila tak ada air liur, maka bau mulut akan merajalela. Bakteri mulut memang tumbuh subur dalam suasana mulut yang kering.

9. Banyak minum air putih

Berikutnya, cara mengatasi bau mulut busuk adalah dengan minum banyak air putih, maka bakteri jahat dalam mulut akan dapat dikendalikan. Mereka tidak suka suasana yang lembab dan basah. Itulah sebabnya sangat dianjurkan agar menjaga mulut tetap terhidrasi.

10. Kunjungi dokter

Bila semua cara mengobati bau mulut busuk dengan mudah telah dilakukan, namun bau mulut busuk tetap melanda, segeralah mengunjungi dokter. Agar dokter dapat memeriksakan kondisi kesehatan yang menyebabkan masalah bau mulut busuk. Sebab, ada banyak kondisi kesehatan yang mengakibatkan bau mulut tak sedap.

Mudah kan bila menerapkan cara menghilangkan bau mulut busuk di atas. Semoga yang bermasalah dengan bau mulut busuk dapat segera diatasi.

Post a comment for "10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Busuk Dengan Cepat, Ikuti Yuk!"