Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Gusi Sakit Secara Alami. No. 7 Tak Terduga!

qsehat.com - Cara mengatasi gusi sakit, bagaimana tepatnya? Sudah pasti Anda sangat terganggu saat mengalami sakit gigi, terutama bila gusi yang sakit. Tentu tersiksa dan merasa tidak nyaman, bukan? Akan tetapi, bila mendapatkan cara mudah dan alami untuk mengatasinya, tentu Anda akan lebih suka.

Cara mengatasi sakit gusi secara alami merupakan cara mudah yang bisa ditempuh saat Anda merasakan gusi sakit yang menyiksa. Jangan meremehkan bahan-bahan sederhana di sekitar Anda jika ingin cepat meredakan rasa sakit. Bisa jadi Anda tidak langsung menemukan obatnya atau cukup dengan bahan alami saja. 

cara mengatasi gusi sakit
gusi sakit

Inilah Bahan Alami sebagai Cara Mengatasi Gusi Sakit


Berikut ini adalah tujuh bahan yang mudah didapatkan untuk cara mengobati gusi sakit yang bisa Anda peroleh dengan mudah

1. Garam

Selain efektif membersihkan karang atau plak pada gigi, garam bisa digunakan untuk cara mengatasi gusi sakit dengan cepat dan mengobati bengkak. Kandungan sodium yang ada pada garam bisa menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut. Cukup mencampurkan air dan garam dan dibuat berkumur setelah selesai menyikat gigi.

2. Daun Jambu Biji

Jambu biji sangat mudah didapat di sekitar kita. Anda bisa mencari cara mengobati gusi sakit dengan mudah yaitu merebus daun jambu biji dan menggunakan air rebusannya untuk berkumur.  Hal ini karena daun jambu biji mengandung antibakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut.

3. Minyak Serai dan Cengkeh

Mulai sekarang, Anda harus membiasakan diri dengan bau serai dan cengkeh karena dapat menjadi  cara mengobati sakit gusi dengan mudah. Manfaat itu bisa Anda peroleh dengan melarutkan dua hingga tiga tetes minyak serai atau cengkeh ke dalam air, lalu gunakan berkumur selama 30 detik, dua atau tiga kali sehari.

4. Teh Hijau

Berikutnya adalah cara mengatasi gusi sakit dengan teh hijau. Kandungan antioksidan dalam teh hijau berguna untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh sehingga dipercaya meredakan  gusi sakit.

5. Minyak Kelapa

Anda juga bisa menjadikan minyak kelapa sebagai obat sakit gusi dan gigi alami. Minyak kelapa berfungsi untuk mengurangi plak pada gigi. cara mengatasi gusi sakit karena plak yaitu mengoleskan minyak kelapa murni di gusi yang sakit, biarkan selama 20 sampai 30 menit. Setelah itu, minum segelas air dan menyikat gigi seperti biasa.

6 . Lemon

Selain sebagai minuman yang menyehatkan, lemon juga bermanfaat sebagai cara mengatasi gusi sakit. Lemon bisa membasmi bakteri penyebab gigi berlubang, sekaligus mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Peras lemon dan campur dengan air hangat. Kemudian minum tiga kali sehari.

7. Belimbing Wuluh

Selain bahan-bahan di atas, belimbing wuluh juga efektif untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut sebagai cara mengobati gusi sakit. Pilih belimbing wuluh yang belum matang, tumbuk halus, kemudian oleskan pada gusi yang sakit. Tunggu beberapa saat dan jika belum sembuh bisa ulangi lagi tapi bila dalam beberapa hari belum sembuh, maka konsultasi ke dokter gigi.

Demikian tujuh cara mengatasi gusi sakit secara alami yang dapat dipilih untuk meredakan sakit yang menyiksa. Mulai sekarang, jangan mengabaikan bahan-bahan  sederhana di sekitar Anda. Saat sakit gigi, Anda tidak harus buru-buru ke dokter bila bisa mengatasinya di rumah dengan bahan alami yang mudah didapat.
 

Post a comment for " 7 Cara Mengatasi Gusi Sakit Secara Alami. No. 7 Tak Terduga!"