Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Gigi Keropos Tanpa Mengeluarkan Biaya Banyak

qsehat.com - Cara mengatasi gigi keropos? Banyak yang menyangka masalah gigi keropos hanya terjadi pada para lansia. Namun fakta yang terjadi masalah ini juga terjadi pada yang berusia muda. Banyak penyebabnya seperti kebiasaan buruk malas sikat gigi. Sering makan gula dan asam yang tidak dibersihkan setelah itu.

Apakah gigi keropos bisa diatasi dengan cara alami? Apakah sulit mengatasi gigi keropos? Bagaimana juga cara mengatasi gigi keropos di usia muda maupun tua akan diulas sedikit dalam artikel ini.
Cara mengatasi gigi keropos
Cara mengatasi gigi keropos
 Inilah Cara Mengobati Gigi Keropos yang Mudah dan Aman

Tidak sulit sebenarnya, hanya perlu sedikit ketekunan. Mari simak beberapa cara mudahnya berikut ini.

1. Konsumsi makanan yang asam atau manis sedikit saja

Ya makanan yang terlalu asam maupun terlalu manis memang bisa menjadi penyebab kerusakan gigi. Sebenarnya cara mengatasi gigi keropos yang satu ini susah-susah gampang bagi mereka pecinta makanan asam dan manis. Rasanya tak lengkap bila tak mengkonsumsi makanan bercita rasa tersebut. Tapi ya bila mau sehat harus berkorban.

2. Kunyah permen karet bebas gula

Kebiasaan mengunyah permen manis sangat tidak baik karena kandungan gula dapat merusak gigi. Namun bila mengunyah permen karet bebas gula setelah makan, justru membantu ekosistem yang baik dalam mulut. Dengan mengunyah permen karet maka hal itu akan merangsang air liur.

Ini cara mengobati gigi keropos yang cukup mudah. Caranya dengan mengunyah permen karet memang cukup mudah. Produksi air liur akan dapat melindungi gigi dari asam yang menyerang. Asam memang sangat mudah merusak gigi.

3. Gunakan sedotan saat minum

Mungkin sebagian orang menganggap cara mengatasi gigi keropos yang satu ini sia-sia. Siapa sangka justru perlindungan yang diberikan sedotan agar cairan tidak langsung melapisi gigi, sangat signifikan.

Zat asam, manis, air terlalu dingin, maupun air yang terlalu panas dapat dihindari dari mengenai gigi secara langsung. Dengan bantuan sedotan, maka otomatis deretan gigi-gigi akan lebih terlindungi karena cairan yang masuk dalam mulut. Tentunya cara ini akan efektif bila disiplin melakukannya.

4. Sikat gigi sejam sesudah makan

Wah mungkin cara mengatasi gigi keropos secara cepat yang berikut mungkin cukup banyak orang yang belum tahu. Kebanyakan tahu bahwa sikat gigi dianjurkan segera setelah makan. Ternyata sebaiknya dilakukan satu jam setelahnya. Kenapa ya? Rupanya ini disebabkan agar gigi dapat membangun kandungan mineral sebelum disikat.

5. Sikat gigi 2 kali sehari

Berikutnya adalah menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari. Yaitu satu jam setelah sarapan pagi. Kemudian sekali lagi saat malam sebelum tidur. Ketika tidur bila gigi dalam keadaan kotor maka bakteri jahat akan banyak menyerang gigi. Ini disebabkan oleh asam yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

6. Pilih sikat gigi yang lembut

Bulu sikat yang lembut dan cara mengatasi gigi keropos erat kaitannya. Dengan kehalusannya, maka gigi dapat dibersihkan tanpa melukai lapisan gigi. Lakukan juga penyikatan gigi secara perlahan ya. Jangan terlalu semangat memberi tekanan karena hal itu akan merusak lapisan gigi dan membuat keropos.

7. Konsumsi air putih yang banyak

Bakteri jahat dalam mulut itu akan cepat berkembang biak bila berada dalam kondisi mulut kering. Itulah sebabnya usahakan agar mulut selalu terhidrasi, jangan biarkan kering. Karena Ini juga dapat merangsang produksi air liur sehingga gigi terlindungi dengan baik.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi keropos yang mudah dan aman. Bila memang sudah terlanjur keropos, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penangan langsung. Namun usaha-usaha lain perlu juga dilakukan agar kondisi keropos tidak menyebar dan bertambah parah.

Post a comment for "7 Cara Mengatasi Gigi Keropos Tanpa Mengeluarkan Biaya Banyak"