Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis Yang Mudah Dilakukan

qsehat.com - Cara mengatasi bau mulut kronis merupakan keinginan semua orang. Sebab, dari bau mulut yang tidak sedap dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri. Contohnya saja bau mulut membuat diri tidak merasa percaya diri, bahkan malah banyak teman dekat merasa ilfil bersanding dengan kita. Kondisi semacam ini membuat diri tidak nyaman dan membuat diri malas untuk membuka mulut berbicara.

Satu penelitian menjelaskan bau mulut tidak sedap disebabkan kurangnya menjaga kebersihan gigi seorang penderita. Sehingga gigi dijadikan sarang bekas-bekas makanan yang akan menumpuk menjadi karang gigi. Oleh karena itu, bau mulut yang sampai kronis sulit untuk dihindari. Disamping itu, apabila penderita mempunyai riwayat penyakit seperti diabetes dan kanker maka akan menjadi pemicu tidak sedap pada bau mulut juga.

cara mengatasi bau mulut kronis
bau mulut kronis
Inilah Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis yang Ampuh

Ada beberapa larangan dan pastinya anjuran wajib yang harus dilakukan penderita bau mulut tak enak, yaitu:

1. Hindari makanan dengan bau kuat

Percaya atau tidak percaya jika makanan yang dikonsumsi setiap hari adalah faktor pemicu utama bau mulut. Karena bau makanan tidak mudah dihilangkan cukup dengan menggosok gigi. Malah bau tersebut dapat bertahan sampai beberapa hari. Jadi, cara mengatasi bau mulut kronis hindari makanan yang tergolong memiliki bau kuat. Seperti jengkol, masakan pedas, dan minum minuman yang memiliki kandungan alkohol dan kopi.

2. Rutin merawat mulut 

Cara mengatasi bau mulut kronis yang banyak orang salah lakukan adalah menggosok gigi sembarangan. Hal tersebut malah dapat menyebabkan sisa makanan tidak hilang. Dari situlah sisa makanan akan berubah menjadi bakteri penyebab bau tidak enak di mulut anda. Jadi langkah kedua gosoklah gigi dengan teratur dan benar serta periksakan gigi rutin enam bulan sekali.

3. Kurangi kebiasaan merokok

Sebelumnya pasti anda sudah mengetahui jika merokok yang sering dapat memicu munculnya masalah pada mulut dan gigi. Pertama, dampak rokok yang dapat dilihat nyata adalah mulut menjadi berubah warna gelap. Kedua, didalam bulut tepatnya pada gigi akan muncul bintik-bintik kecil berwarna hitam. Ketiga, gusi lama-kelamaan akan rapuh selayaknya tulang persendian.

Maka, Anda harus mau meninggalkan sesuatu yang mungkin kita senangi. Salah satunya merokok, dari penjelasan diatas tentang akibat merokok dapat memicu tumbuhnya bakteri dalam mulut. Dan dapat mengakibatkan bau mulut tidak enak. Dari situlah biasanya orang yang pecandu rokok memiliki bau tak enak. Mulai dari bau mulut, keringat, dan urin yang dikeluarkan penderita semua berbau cengkeh atau pun kandungan rokok lainnya.

4. Menjaga kesehatan mulut, gusi dan gigi

Cara mengatasi bau mulut kronis selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut, gusi, dan gigi. Karena ketiga komponen tersebut menjadi kesatuan yang dapat menentukan bau atau tidak nya bau mulut. Terutama gusi dan gigi, jika gusi anda mengalami infeksi maka segera periksakan ke dokter. Atau bisa juga dibelikan obat infeksi gusi di apotik terdekat. Jangan sampai menunggu gusi bernanah ataupun gigi berlubang dan berkarang.

Itulah tadi 4 cara yang mudah dilakukan dan diingat penderita bau mulut tak enak. Jadi, anda dan kita semua sebaiknya mulai sekarang menjaga pola makan dengan baik. Supaya penyakit yang dapat menjadi pemicu bau mulut tak sedap tidak lagi menyerang. Diantara penyakit yang harus dihindari adalah penyakit lambung, naiknya asam lambung, dan infeksi. Semua penyakit tersebut dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan bau mulut menyengat.

Semoga artikel cara mengatasi bau mulut kronis ini bisa menambah wawasan dan juga bisa dipraktekkan.

Post a comment for "4 Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis Yang Mudah Dilakukan "