Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Batuk Secara Alami dan Cepat Sembuh

qsehat.com - Cara mengatasi batuk secara alami sedang dicari banyak orang terlebih di saat pandemi seperti sekarang ini. Batuk menjadi kondisi yang sangat mengkhawatirkan pada musim. Tak hanya itu, batuk juga bisa menjadi tanda dari kondisi kesehatan lainnya seperti sakit TBC, Pneumonia dan lain sebagainya. Jika dibiarkan berlama-lama dalam tubuh, batuk bisa menjadi parah dan menggerogoti tubuh. 

Sebenarnya nenek moyang kita sudah memiliki obat batuk alami yang ampuh. Dengan bahan-bahan alami mereka dapat menyembuhkan gangguan kesehatan ini tanpa mengonsumsi obat-obatan kimia. Untuk menggunakan bahan alami, harus bersabar dan lebih baik dibuat sendiri. Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara mengatasi batuk secara alami, bisa simak ulasan di bawah ini!

cara mengatasi batuk secara alami
cara mengatasi batuk secara alami

 Inilah Cara Mengobati Batuk dengan Bahan Alami

Ada beberapa cara mengatasi batuk secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah, diantaranya adalah:

1. Madu

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu adalah obat alami batuk yang diyakini sangat efektif dalam mengurangi batuk. Madu dapat membantu mengencerkan sekresi lendir di tenggorokan, sehingga meredakan batuk. Konsumsi 3 sendok makan madu setiap hari untuk sembuh dari batuk. Sedangkan untuk anak-anak 1 – 2 sendok teh dan bayi di atas 1 tahun ½ - 1 sendok teh madu setiap hari. 

Hindari memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun karena sistem pencernaannya belum matang. Itu, justru bisa meningkatkan risiko penyakit karena bakteri yang ditemukan dalam madu. Jadi, cara mengatasi batuk secara alami dengan madu adalah menggunakannya sesuai anjuran. Jika perlu, konsultasikan pada dokter agar lebih aman dari resiko buruk. 

2. Minum-minuman hangat 

Untuk mengurangi rasa gatal atau iritasi yang dapat menyebabkan batuk kering, minum-minuman hangat. Untuk bayi berusia 3 bulan hingga 1 tahun, cobalah 1–3 sendok teh empat kali sehari. Anak-anak yang lebih dari 1 tahun bisa menambah dosisnya. Sedangkan orang dewasa, minum air hangat satu gelas setelah bangun tidur. Bagi anak yang sedang dalam tahap menyusui, berikan ASI secara rutin untuk cara mengatasi batuk secara alami yang tepat.

3. Istirahat yang cukup di malam hari

Batuk malam hari bisa sangat mengganggu, tidak hanya pada diri sendiri tapi juga mengganggu orang lain yang mendengarnya. Oleh karena itu, obat alami batuk yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah tidur yang cukup. Mungkin Anda akan merasakan batuk frekuensinya lebih sering di malam hari dan Anda harus bisa menyiasati kondisi tersebut untuk tidur nyenyak. 

Cara mengatasi batuk secara alami di malam hari adalah dengan menempatkan kepala lebih tinggi daripada badan. Itu, dapat mengurangi penumpukan lendir di bagian belakang tenggorokan Anda. Selain itu, jika batuk disertai pilek, maka hidung Anda juga lebih lega jika kepala terangkat.

4. Udara hangat dan lembab

Menghirup udara lembab dapat mengurangi pembengkakan di saluran napas bagian atas dan meredakan ketidaknyamanan anak Anda. Itu meruapakn cara mengatasi batuk secara alami yang sering dilupakan banyak orang. Anda bisa menghirup uap air panas atau mandi dengan air hangat. Jika Anda menghirup uap air panas, jangan lupa terapkan handuk pada kepala. Sehingga manfaat uap air lebih efektif ke kondisi Anda. 

5. Atasi dengan jahe

Perlu Anda ketahui bahwa jahe bisa menjadi obat batuk alami yang ampuh. Jahe mengandung dekongestan dan antihistamin alami yang bisa mengatasi batuk. Cara mengatasi batuk secara alami dengan jahe adalah membuat ramuah jahe. Siapkan jahe secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air dan sisakan 1 gelas. Setelah itu, angkat dan tuang ke gelas. Tambahkan perasan lemon dan 1 sendok makan maduk. Minum selagi hangat dan lakukan secara rutin. 

Itulah cara mengatasi batuk secara alami yang cukup ampuh. Jika batuk berlangsung lebih dari 2 minggu, lebih baik periksakan ke dokter.

Post a comment for " 5 Cara Mengatasi Batuk Secara Alami dan Cepat Sembuh"