Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Insomnia yang Mudah, Sehat dan Ampuh

qsehat.com - Cara mencegah insomnia merupakan langkah yang dicari banyak orang. Saat ini banyak sekali orang yang mengalami sulit tidur bahkan sampai beberapa hari. Sehingga, akhirnya terkena gangguan kesehatan yang serius. Tidur yang cukup dan rutin itu harus dilakukan karena sangat bermanfaat bagi tubuh. Umumnya waktu tidur malam adalah 8 jam, tergantung usia dan kondisi tubuh.

Anda tidak bisa mengganti waktu tidur malam Anda dengan tidur siang, tubuh tetap terasa lelah jika tidur malam kurang. Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa sangat membuat frustrasi. Sulit sekali mencari cara mencegah insomnia dan banyak yang tidak berhasil melakukannya. Nah, bagi yang sedang mencari tips mencegah insomnia, simak penjelasan berikut!

cara mencegah insomnia
cara mencegah insomnia
 Inilah Tips Mencegah Insomnia yang Mudah dan Pasti Berhasil

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah insomnia, diantaranya adalah:

1. Menjaga berat badan yang sehat untuk mencegah insomnia

Masalah tidur, seperti sleep apnea, dapat berkembang sebagai efek samping dari penambahan berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi kadar hormon penting terkait tidur dalam tubuh, meningkatkan kadar hormon stres kortisol, sekaligus menurunkan kadar melatonin yang memicu tidur. Maka, turunkanlah berat badan berlebih Anda sebagai cara mencegah insomnia yang efektif.

2. Kelola stres

Kita semua tahu bahwa stres dapat membuat Anda tetap terjaga. Jiika Anda tidak dapat mengalihkan pikiran dari berbagai hal saat Anda mencoba untuk tidur. Hal ini juga dapat membuat Anda terbangun atau membuat tubuh Anda sulit untuk rileks. Lakukan semampu Anda untuk mengelola stres seperti ikut kelas yoga atau meditasi. Pilih latihan mana yang cocok untuk Anda.

3. Periksa obat Anda

Cara mencegah insomnia berikutnya adalah dengan memeriksa obat Anda. Kalau Anda sedang menderita suatu penyakit atau gangguan kesehatan, mungkin akan banyak resep obat yang Anda konsumsi. Perlu ketahui juga bahwa banyak resep dan obat bebas yang dapat mengganggu tidur.

Ini termasuk beta-blocker, obat tiroid, jenis antidepresan tertentu, dekongestan, kortikosteroid dan obat yang mengandung kafein. Bicarakan dengan dokter Anda tentang mengubah dosis atau pengobatan jika Anda menggunakan salah satu obat ini. Penting sekali membicarakan kepada dokter mengenai resep Anda dan jangan ambil keputusan sendiri.

4. Hindari alkohol

Selanjutnya, hindari alkohol akan membuat Anda tidur nyenyak di malam hari dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Banyak orang mengira segelas alkohol sebelum tidur dapat membantu mengatasi insomnia, tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Meskipun alkohol dapat membantu Anda tertidur, alkohol sering kali menjadi penyebab tidur tidak nyenyak.

Itu juga mengganggu siklus tidur Anda, jadi meskipun Anda tidur sepanjang malam, Anda akan bangun dengan kelelahan. Mulailah untuk menghindari minum alkohol sedikit demi sedikit, lalu hilangkan sepenuhnya. Tidak hanya mendapatkan kualitas tidur yang baik, melainkan juga mendapatkan kesehatan yang lebih baik pula.

5. Berhenti merokok

Alasan lain untuk berhenti merokok adalah karena nikotin merupakan stimulan. Jika Anda masih merokok, usahakan untuk tidak merokok minimal 2 jam sebelum tidur. Jangan lupa menggosok gigi setelah merokok sebelum tidur. Sama seperti alkohol, berhenti merokok juga meningkatkan kesehatan.

6. Jangan lupa minum air putih yang cukup

Terakhir, cara mencegah insomnia adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari tergantung pula berat dan kondisi badan. Jika cairan Anda terpenuhi maka, tubuh Anda akan berfungsi dengan baik. Sehingga, kualitas tidur meningkat.

Itulah cara mencegah insomnia yang mudah dan pasti berhasil. Selalu jaga kondisi tubuh Anda agar terhindar dari insomnia dan penyakit.

Post a comment for "Cara Mencegah Insomnia yang Mudah, Sehat dan Ampuh"