Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Cepat Mengobati Sakit Rahang yang Ampuh dan Efektif

qsehat.com - Cara cepat mengobati sakit rahang dapat dilakukan dengan berbagai solusi. Sakit rahang sering mengakibatkan rasa yang tidak nyaman dan mengganggu. Bahkan, jika sakit rahang kumat dapat menyebabkan mulut sulit dibuka dan ditutup. Sakit rahang dapat terasa ketika sedang menggigit, mengunyah, dan membuka mulut secara lebar.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak cara cepat mengobati sakit rahang yang bisa dicoba. Sehingga Anda tidak perlu segera ke dokter ketika rahang mulai dirasa tidak nyaman. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada rahang.

cara cepat mengobati sakit rahang
cara cepat mengobati sakit rahang
Inilah Cara Mengatasi Sakit Rahang yang Tepat

Adapun cara mengobati sakit rahang yang bisa anda lakukan di rumah adalah:

1. Lakukan kompres panas dan dingin

Cara cepat mengatasi sakit rahang adalah dengan mengompres yang benar sesuai dengan jenis rasa sakit yang dirasa. Karena berbeda rasa sakit maka berbeda pula kompres yang akan diberikan. Jika Anda merasakan sakit yang rasanya menusuk dan hilang timbul maka dapat menggunakan kompres dingin.

Karena kompres dingin mampu menumpulkan ujung-ujung syaraf nyeri di sekitar rahang. Selain itu, kompres dingin juga dapat menghambat pengiriman sinyal nyeri ke otak. Caranya adalah dengan membungkus beberapa es batu dengan handuk yang tipis. Kemudian tempelkan pada kedua sisi rahang selama sekitar 10 menit.

Sebaliknya, jika nyeri yang dirasakan bersifat tumpul dan menetap, maka Anda dapat menggunakan kompres hangat. Kompres hangat sangat efektif untuk melancarkan aliran darah dan membuat otot rahang menjadi lemas. Caranya adalah basahi handuk kecil dengan air hangat kemudian tempelkan ke rahang yang terasa sakit.

2. Istirahat sementara

Cara cepat mengobati sakit rahang yang mudah adalah dengan membiarkan rahang beristirahat sementara. Dengan beristirahat maka Anda membiarkan rahang untuk tidak menggigit makanan dan benda keras lainnya.

Dengan tidak menggunakan rahang secara berlebihan maka dapat mengurangi rasa sakit. Jika ingin makan, jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras dan alot untuk sementara waktu.

3. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Cara cepat mengatasi sakit rahang selanjutnya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang alot atau keras supaya rahang tidak bekerja terlalu keras.

Ketika makan jangan membuka mulut terlalu besar sehingga potong makanan terlebih dahulu menjadi bagian kecil. Hindari juga minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi, teh, dan coklat. Karena kandungan kafein dapat meningkatkan ketegangan pada otot sehingga rahang sakit ketika membuka mulut.

4. Kurangi stress

Ketika sedang stres secara tidak sadar Anda akan sering menggeretakkan gigi secara keras sehingga rahang menjadi sakit. Oleh sebab itu, cara cepat mengobati sakit rahang adalah dengan menghindari stres.

Anda dapat mengurangi rasa sakit dengan berolahraga secara rutin yaitu 3 kali seminggu selama 20-30 menit saja. Karena dengan menghindari stres dapat mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot.

5. Melakukan pijatan ringan

Cara cepat mengobati sakit rahang yang terakhir adalah dengan memberikan sedikit pijatan ringan pada rahang. Dengan memijat rahang beberapa kali dapat mengurangi rasa sakit karena dapat melemaskan otot dan melancarkan aliran darah. Cara melakukannya juga sangat mudah, yaitu :

  1. Buka mulut dan pijat bagian depan telinga yang berada tepat di sendi temporomandibular dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Pijat dengan gerakan memutar pada kedua sisi. Lakukan cara ini dengan mulut tertutup. 
  2. Pegang otot yang terasa sakit dan bagian dalam mulut. Kemudian pijat kedua sisi rahang menggunakan jari. 
  3. Pijat bagian leher kiri dan kanan. Otot leher tidak langsung berperan dalam pergerakan sendi rahang tetapi ketika terjadi masalah pada rahang, leher akan terasa tegang. Oleh sebab itu, sedikit pijatan pada leher dapat membantu melemaskan otot. 
Itulah beberapa point penting mengenai cara cepat mengobati sakit rahang. Jika sudah mengikuti tips tersebut tetapi rasa sakit di rahang tidak berkurang disarankan untuk segera mengunjungi dokter. Sehingga Anda akan lebih cepat mendapatkan penanganan yang tepat.

Post a comment for "5 Cara Cepat Mengobati Sakit Rahang yang Ampuh dan Efektif "