Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Buah yang Cocok untuk Diet Sehat dan Ampuh Menurunkan Berat!

qsehat.com - Buah yang cocok untuk diet terbukti memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat terbaik buah yang paling dicari oleh banyak orang adalah menyukseskan penurunan berat badan. Salah satu kandungan buah yang bisa menurunkan berat badan adalah serat. Fungsi dan manfaat serat sangatlah banyak, dari membuat kenyang lebih lama hingga memudahkan buang air besar. 

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet menurunkan berat badan atau diet penyakit, Anda harus tahu buah yang cocok untuk diet. Buah untuk diet adalah yang memiliki kandungan sedikit lemak dan kalori lainnya. Jika ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ada banyak buah yang bisa Anda konsumsi untuk menyukseskan diet Anda. Simak yuk buah apa saja itu!

buah yang cocok untuk diet
buah-buahan

Inilah Buah yang Cocok untuk Diet Sehat

Adapun buah yang bagus untuk diet adalah:

1. Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga efektif menurunkan berat badan. Jeruk juga mengandung banyak serat alami, yang menyebabkan seseorang tidak cepat merasa lapar setelah memakannya. 

Selain itu, jeruk juga berfungsi sebagai antioksidan karena ada kandungan phytochemical yang disebut hesperidin. Jeruk juga berfungsi menurunkan tekanan darah karena ada kandungan pektin. Sehingga, jeruk termasuk buah yang cocok untuk diet. 

Salah satu jenis jeruk yang sangat baik untuk menurunkan berat badan adalah jeruk bali. Kandungan kalorinya tergolong rendah sehingga buah ini termasuk salah satu buah yang paling  banyak direkomendasikan untuk diet. Diketahui, jeruk bali memiliki kandungan air hingga 90% yang menyebabkan Anda cepat kenyang sehingga tidak mudah lapar.

2. Apel

Buah apel mengandung serat yang tinggi tetapi rendah kalori. Selain itu, apel mengandung senyawa pektin yang bisa memperlambat proses pencernaan sehingga orang yang memakannya akan merasa kenyang lebih lama. Konsumsi apel dianjurkan bersama dengan kulitnya agar kandungan serat di kulit apel tidak terbuang sia-sia.

Faktanya, apel juga mengandung flavonoid yang disebut quercetin yang mempunyai bahan antikanker, menurut beberapa penelitian. Kandungan ini juga berfungsi sebagai bahan antiradang yang mampu menyembuhkan penyakit seperti arthritis. Buah ini juga mengandung vitamin C, tetapi tidak sebanyak kandungan jeruk. Perhatikan juga aturan makan buah untuk diet supaya hasilnya lebih efektif dan maksimal. 

3. Alpukat

Buah yang cocok untuk diet yang satu ini memang belum banyak diketahui karena adanya kandungan lemak pada buah ini. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang makan alpukat secara rutin akan menjadi langsing karena berat badan berkurang secara signifikan dan lingkar pinggang juga mengecil. Buah ini mengandung asam oleat yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Cobalah alpukat sebagai sarapan buah untuk diet.

4. Pir

Pir adalah buah yang cocok untuk diet karena mengandung serat yang tinggi, namun tetap rendah kandungan kalori. Makan tiga buah pir setiap hari diyakini bisa menghilangkan rasa lapar sehingga keinginan untuk makan lebih banyak pun akan otomatis menghilang. Hasilnya, asupan  kalori akan berkurang secara signifikan. Seperti apel, buah pir juga sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya.

5. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah yang cocok untuk diet karena adanya kandungan ellagic acid dan tinggi vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Berdasarkan beberapa penelitian, ellagic acid telah terbukti mampu mencegah pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah. Bahkan, stroberi mempunyai sifat antibakteri yang bisa membersihkan sistem pencernaan. 

Demi mendapatkan manfaat terbaik buah-buahan nan sehat, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan sarapan buah untuk diet. Terapkan juga gaya hidup sehat seperti memperbanyak minum air putih dan rajin olahraga.

Beberapa jenis buah yang cocok untuk diet tersebut memang dikenal efektif membantu proses  menurunkan berat badan. Namun bila merasa sulit untuk menurunkan berat badan, cobalah berkonsultasi dengan ahli gizi supaya mendapatkan info tentang aturan makan buah untuk diet dan program penurunan berat badan lainnya yang sesuai dengan kondisi Anda.

Post a comment for " 5 Buah yang Cocok untuk Diet Sehat dan Ampuh Menurunkan Berat!"