Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Rutin

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Rutin. Kuliner menjadi salah satu hobi kebanyakan orang. Tapi apa jadinya jika kesehatan gigi terganggu? Seperti gigi berlubang, sariawan, bau mulut, dan gusi bengkak. Jika terdampak maka hobi kuliner kamu akan sangat tertanggu. Penyakit pada gigi juga bisa berdampak ke penyakit mata, jantung, dan organ penting lainnya.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi. Sebab dengan menjaga kesehatan gigi berarti kamu juga menjaga investasi kesehatan seluruh tubuh. Oleh karena itu, di bawah adalah cara-cara yang bisa dilakukan.

menjaga kesehatan gigi dan mulut

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menyikat Gigi Setiap Hari

Hal sederhana ini dapat memberikan dampak baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari saat terang dan sebelum tidur. Paling penting untuk menyikat gigi sebelum tidur. Karena saat tidur kuman dan bakteri akan menggerogoti gigi. Membuat gigi menjadi ngilu, berlubang, dan rusak. Rutin menyikat gigi juga menjaga agar gigi selalu putih. Tentu, akan membuat kamu semakin percaya diri untuk bicara di depan umum.

Gunakan Pasta Gigi yang Sehat

Dalam jangka panjang pilihlah pasta gigi yang sedikit mengandung deterjen. Supaya gigi kamu tetap kuat. Selain itu, memilih pasta gigi ber-flourida mampu memberikan perlindungan alami pada gigi. Flaurida dapat diserap tubuh untuk digunakan sel-sel yang menguatkan enamel gigi. Pada air mineral dan beberapa makanan juga mengandung flurida. Kandungan ini baik untuk perawatan gigi. Jika pasta gigi kamu mengandung bahan lain misal siwak, karbo, garam, dan lainnya itu tidak masalah. Yang penting hindari zat deterjen yang berlebih.

Jangan Merokok

Tembakau yang dikonsumsi jangka panjang dapat membuat gigi kuning dan bibir hitam. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting sekali untuk tidak merokok. Resiko kanker mulut juga semakin tinggi dan bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain. Jadi, berhentilah merokok sekarang juga. Apalagi jika kamu seorang wanita yang sedang hamil. Sangat berbahaya untuk ibu dan janin.

Perbanyak Minum Air Mineral

Banyak minum air putih bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut saja. Tubuh juga memerlukannya minimal 2 liter perhari. Kecuali, kamu penderita penyakit tertentu yang dianjurkan dokter untuk tidak terlalu banyak minum. Efek negatif dari minuman dan makanan yang kamu konsumsi akan di netralisir oleh air putih. Membuat gigi dan mulut kamu tetap bersih terhindar dari bau mulut. Jika kamu bosan minum air putih yang tidak ada rasanya. Kamu juga boleh membuatnya menjadi infuse water.

Batasi Makanan yang Manis dan Asam

Makanan yang manis dan asam berpeluang besar untuk membuat gigi berlubang. Makanan manis dan asam akan diubah oleh bakteri yang akan menggerogoti enamel gigi. Ternyata kamu perlu juga mendengakan nasehat lama “jangan mengkonsumsi gula berlebihan”. Tidak perlu menghindari makanan manis dan asin secara ekstrim. Kamu tetap boleh mengkonsumsinya tapi perlu dibatasi untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Sama halnya dengan memperbanyak minum air putih. Makan makanan yang bergizi mampu menjadikan gigi dan mulut tetap sehat. Seperti makan kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Susu juga sangat bagus untuk menjaga kalsium gigi. Makanan laut yang mengandung omega-3 dalam sebuah studi juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sehingga bisa menurunkan resiko bengkak gusi.

Sederhana bukan? Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Lakukan secara kontinu untuk pola hidup sehat jangka panjang.

Post a comment for "Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Rutin"

Berlangganan via Email