Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Aturan Diet Alami untuk Ibu Menyusui

Beberapa Aturan Diet Alami untuk Ibu Menyusui. Tidak dapat dipungkiri jika masa kehamilan membuat tubuh anda mengalami kenaikan BB. Namun, kenaikan berat badan tersebut adalah hal yang normal. Keadaan tersebut seringkali membuat busui tidak percaya diri dengan penampilannya. Dan salah satu hal yang terlintas dalam pikiran adalah: bolehkah busui melakukan diet?

Banyak pertimbangan yang harus dengan matang anda pikirkan ketika berniat jalankan diet. Pertama adalah tujuan anda melakukan diet, dan yang kedua adalah aturan diet busui yang harus anda ketahui. Mengapa ada aturan khusus untuk diet? Sebab periode menyusui ini, anda adalah sumber kehidupan untuk si buah hati.

diet alami untuk ibu menyusui

Beberapa Aturan Diet Alami untuk Ibu Menyusui

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh busui ketika memutuskan untuk lakukan diet. Ini karena ibu hamil harus memprioritaskan pemberian ASI yang berkualitas untuk si buah hati. Maka dari itu, berikut ini adalah aturan diet alami untuk ibu menyusui.

Dilakukan ketika si buah hati usia 2 bulan

Aturan diet sehat busui yang pertama ialah tunggu hingga si buah hati telah berusia 2 bulan. Hal ini karena untuk si bayi mendapat ASI ekslusif di dua bulan pertama, busui harus mengonsumsi makanan yang banyak gizi. Sebaliknya, diet yang busui lakukan pasca kelahiran akan mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Maka dari itu, sabar dan tunggu hingga si buah hati telah cukup mendapat suplai air susu dengan memadai.

Memenuhi asupan kalori harian

Tidak dapat dipungkiri jika asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi busui akan pengaruhi kualitas ASI. Inilah kemudian yang harus diperhatikan ketika diet alami untuk ibu menyusui. Sebab tujuan diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan atau membentuk kembali tubuh yang kendur karena hamil. Namun juga harus tetap dapat penuhi kebutuhan kalori harian demi hasilkan air susu yang berkualitas.

Memperhatikan batas normal penurunan BB

Salah satu idikator diet yang sehat adalah jika penurunan berat badan anda secara bertahap-tahap. Sebaliknya, penurunan berat badan secara drastis menjadi salah satu ciri diet yang tidak sehat. Lalu, berapa batas normal penurunan BB? Jawabannya adalah 0,6 kilogram per minggunya. Maka dari itu, pastikan busui memilih diet yang sehat dan tidak berdampak pada kesehatan ibu maupun si bayi.

Tetap memprioritaskan kesehatan

Tips diet alami untuk ibu menyusui berikutnya adalah tetap prioritaskan kesehatan ibu dan bayi. Dalam urusan memilih makanan, misalnya. Diet yang busui lakukan tentunya akan mempengaruhi jenis, jumlah dan jadwal makan harian. Akan tetapi, mengingat pentingnya kecukupan nutrisi si buah hati, usahakan untuk tetap penuhi kebutuhan tersebut. Sehingga bukan hanya dapatkan goals yang diinginkan, diet yang dilakukan busui tak pengaruhi kesehatan tubuhnya.

Berhenti diet jika muncul masalah kesehatan

Aturan diet untuk busui berikutnya adalah berhentilah jika sudah muncul gejala-gejala masalah kesehatan pada anda maupun si bayi. Sebab tentunya, gaya hidup busui yang baru selama menjalankan diet akan memberikan dampak bagi kelangsungan pertumbuhan si bayi. Sementara itu, jika telah menemukan masalah kesehatan pada si bayi, seperti tidak mau minum ASI, demam, dan lain sebagainya. Maka sudah seharusnya busui hentikan dulu diet yang dilakukan.

Demikianlah pemaparan mengenai beberapa aturan diet alami untuk ibu menyusui. Meski tidak dilarang melakukan diet, ada berbagai aturan yang harus anda patuhi. Tujuan diberikannya patuhan ini ialah untuk memastikan anda dan si buah hati tetap sehat dan aman. Terlebih di bulan-bulan awal pertumbuhannya.

Post a comment for "Beberapa Aturan Diet Alami untuk Ibu Menyusui"

Berlangganan via Email