Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Permanen, dari Waxing hingga Bahan Alami

qsehat.com - Cara menghilangkan bulu kaki permanen mungkin sedang Anda butuhkan. Meski punya manfaat tersendiri, tetapi bulu pada bagian kaki terutama yang lebat dan  panjang bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, apalagi kaum wanita. 

Bermacam cara pun dilakukan untuk menghilangkan bulu kaki yang mengganggu penampilan. Anda bisa menghilangkan bulu kaki dengan berbagai cara mulai dari yang alami, waxing hingga menggunakan krim perontok bulu kaki permanen. Simak ulasannya berikut ini!

cara menghilangkan bulu kaki permanen
mencukur bulu kaki

Inilah Cara Menghilangkan Bulu Kaki Permanen secara Medis

Ada beberapa cara mencukur bulu kaki permanen yang bisa Anda lakukan agar kulit halus tanpa bulu, diantaranya:

1. Waxing

Anda bisa melakukan waxing di mana saja, di rumah ataupun di salon kecantikan. Cara menghilangkan bulu kaki permanen ini terbilang salah satu cara paling efektif menghilangkan bulu kaki, tetapi waxing juga memiliki kekurangan yaitu bila dilakukan ketika bulu kaki masih pendek maka bulu tidak akan tertarik maksimal.  Untuk mencegah kulit mengelupas dan kasar, oleskan pelembab secara rutin setelah mencabut bulu kaki dengan prosedur waxing bulu kaki permanen.

2. Obat dokter 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli, kemudian dokter biasanya akan meresepkan obat berupa krim yang bekerja menghambat pertumbuhan bulu. Penggunaan obat ini tidak benar-benar menghilangkan bulu kaki, tetapi hanya akan menghambat pertumbuhannya. Untuk hasil maksimal, sebaiknya konsumsi obat dokter ini dilakukan sebagai perawatan setelah melakukan prosedur penghilangan bulu kaki yang lain.

3. Teknik laser 

Cara menghilangkan bulu kaki permanen ini membutuhkan biaya yang lebih mahal serta waktu perawatan yang lebih sering yakni empat hingga enam kali perawatan setiap 6 bulan hingga 1 tahun. Cara kerjanya adalah sinar laser ditembakkan ke area yang terdapat bulu/rambut, kemudian diserap oleh pigmen di dalam folikel rambut yang berada di bawah kulit, dan akhirnya akan menghancurkan rambut.

Perlu diingat, prosedur laser harus dilakukan oleh ahli/profesional karena berisiko menimbulkan penggelapan warna kulit atau hiperpigmentasi, luka lecet atau bakar, meninggalkan bekas jaringan parut, bahkan infeksi. 

4. Krim perontok bulu kaki permanen 

Krim khusus ini mengandung bahan kimia yang bekerja efektif meluruhkan protein pada rambut atau bulu yang ingin Anda hilangkan. Cara menggunakannya: dioleskan langsung ke kulit. Setelah didiamkan beberapa saat, Anda tinggal mengusapnya saja maka bulu akan rontok dengan sendirinya. Krim perontok bulu ini bisa Anda beli di berbagai toko kesehatan serta apotek. 

5. Terapi hormon 

Meski jarang terjadi, bulu kaki berlebihan pada wanita bisa disebabkan oleh kelainan hormon seperti yang terjadi pada penyakit polycystic ovary syndrome. Untuk kasus spesial ini, penggunaan obat atas saran dokter sangat dibutuhkan. Biasanya obat yang diresepkan adalah seperti pil kontrasepsi, karena bekerja menurunkan jumlah hormon yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut dalam tubuh, yakni androgen.

Menggunakan bahan-bahan alami

Bila tidak ingin melakukan waxing bulu kaki permanen ataupun melakukan terapi serta teknik laser, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan bulu kaki permanen yang lebih aman. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan: 

1. Putih telur

Putih telur memiliki sifat perekat yang membantu menghilangkan bulu kaki. Cara menggunakannya: siapkan 1 butir putih telur, 1 sendok makan gula, dan setengah sendok makan tepung jagung. Campur dan kocok semua bahan hingga mengental menyerupai pasta. Oleskan langsung ke area kaki sembari dipijat pelan, biarkan hingga kering dan mengelupas dengan sendirinya. 

2. Garam dan kunyit

Cukup populer di India, caranya adalah campur kunyit dan garam hingga kental menjadi pasta, oleskan ke kaki, biarkan hingga menyerap kemudian gosok-gosokkan. 

Anda dapat menggunakan cara menghilangkan bulu kaki permanen yang menurut Anda paling aman. Namun tentu saja, efektivitasnya akan berbeda-beda kepada setiap orang. Kenali jenis kulit Anda terlebih dulu untuk menentukan metode teraman.

Post a comment for "7 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Permanen, dari Waxing hingga Bahan Alami"