Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menghilangkan Radang Tenggorokan Ini Patut Anda Coba!

qsehat.com - Cara menghilangkan radang tenggorokan perlu Anda ketahui. Gejala radang tenggorokan ialah rasa sakit pada tenggorokan terutama saat menelan, batuk, serta tenggorokan terasa kering. Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu biasanya disertai dengan flu. Penyebab radang tenggorokan lainnya bisa dikarenakan gangguan asam lambung, alergi, atau iritasi akibat rokok maupun alkohol.

Anda bisa membeli obat radang tenggorokan apotik seperti naproxen dan ibuprofen. Namun sebaiknya Anda melakukan penanganan secara alami terlebih dahulu. Manfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah untuk mengatasi radang tenggorokan yang Anda atau keluarga Anda alami. Ulasan berikut membantu Anda menemukan cara mengatasi radang tenggorokan dengan cepat.

cara menghilangkan radang tenggorokan
radang tenggorokan
Inilah Cara Menghilangkan Radang Tenggorokan

Adapun cara mengatasi radang tenggorokan yang cepat dan ampuh adalah :

1. Minum air putih sebanyak mungkin

Memperbanyak minum air putih dapat meringankan gejala radang tenggorokan. Ketika tenggorokan terhidrasi dengan baik maka kelembabannya akan terjaga. Dengan begitu, peradangan yang terjadi tidak semakin buruk. Lebih baik Anda meminum air putih hangat agar kondisi tenggorokan segera membaik.

2. Meminum air campuran lemon

Cara menghilangkan radang tenggorokan yang pertama adalah dengan air lemon. Jika Anda tidak terlalu suka meminum air putih hangat, maka Anda bisa menambahkan air perasan lemon secukupnya. Lemon memiliki kandungan astringent yang mampu memulihkan peradangan di tenggorokan. Vitamin C pada lemon juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.

3. Berkumur menggunakan air garam

Cara mengatasi radang tenggorokan ini sangat mudah dan murah. Bahan yang dibutuhkan hanya air putih dan garam dapur. Anda tentu memiliki keduanya di rumah, kan? Cukup tuang satu sendok teh garam dapur ke dalam segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

Air garam bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan saat menelan. Selain itu, peradangan yang terjadi di tenggorokan juga dapat diredakan oleh air garam. Tidak hanya mudah dan murah, ternyata air garam efektif digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

4. Berkumur menggunakan cuka apel

Bagi Anda yang tidak tahan rasa asin, cuka apel bisa dipilih sebagai alternatif cara menghilangkan radang tenggorokan. Cuka apel bisa membunuh virus yang berada di tenggorokan. Tambahkan satu hingga dua sendok cuka apel ke dalam segelas air lalu gunakan untuk berkumur. Sakit tenggorokan yang Anda rasakan pun akan reda.

5. Mengonsumsi madu murni

Bukan hanya sebagai bahan pelengkap olahan makanan, madu sudah dikenal luas akan khasiatnya untuk kesehatan termasuk menyembuhkan radang tenggorokan. Zat antivirus yang ada dalam madu dapat mengurangi gejala radang tenggorokan akibat flu.

Anda bisa meminum madu secara langsung atau mencampurkannya ke dalam air hangat maupun teh hangat sesuai selera. Pastikan Anda menggunakan madu alami sebagai salah satu cara mengatasi radang tenggorokan.

6. Mandi menggunakan air hangat

Selain diminum, cara menghilangkan radang tenggorokan dengan air hangat adalah menggunakannya untuk mandi. Udara lembab diperlukan untuk menghilangkan radang tenggorokan. Ketika mandi menggunakan air hangat Anda menghirup banyak udara lembab. Pembengkakan dan lendir di tenggorokan akibat radang dapat dikurangi dengan menghitung udara yang lembab.

Keenam cara menghilangkan radang tenggorokan di atas bisa Anda pilih sesuai situasi dan kondisi yang Anda hadapi. Apabila akhirnya Anda memutuskan untuk menggunakan obat radang tenggorokan apotik, maka pastikan dosisnya sesuai untuk Anda.

Alternatif obat radang tenggorokan lainnya adalah permen pelega tenggorokan. Permen jenis ini memberikan rasa nyaman pada tenggorokan dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Intinya, jangan panik saat radang tenggorokan melanda. Selamat mencoba berbagai cara menghilangkan radang tenggorokan di atas, ya.

Post a comment for "6 Cara Menghilangkan Radang Tenggorokan Ini Patut Anda Coba!"