Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Intip Manfaat Kacang Walnut!

Yuk Intip Manfaat Kacang Walnut! – Kacang walnut atau disebut juga dengan kacang kenari ini mudah ditemukan di seluruh dunia. Keberadaannya diyakini sudah ada sejak 7.000 SM. Keberadaannya yang sudah sangat lama, ternyata tidak mengurangi popularitas kacang ini. Hingga sekarang, kacang walnut tetap menjadi kacang yang banyak digemari masyarakat. Hal ini tentu tidak terlepas dari rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah.

Coba perhatikan bentuk kacang walnut! Kacang walnut mempunyai bentuk tak beraturan. Bentuk permukaan kacang ini berkerut menyerupai bentuk otak manusia. Oleh karenanya, kacang ini mendapat julukan sebagai makanan otak (brain food) dan dijadikan sebagai simbol kecerdasan. Tidak sekedar julukan dan simbol, kacang walnut dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan. Lalu, apa saja manfaat kacang walnut? Mari kita ulas satu persatu!

manfaat kacang walnut

Manfaat Kacang Walnut

1.       Antioksidan Tinggi

Salah satu manfaat kacang walnut adalah antioksidannya yang tinggi. Sebenarnya, antioksidan tidak hanya ditemukan pada kacang walnut. Hampir semua kacang-kacangan juga mengandung antioksidan. Namun antioksidan pada walnut lebih tinggi, besarnya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kacang lainnya. Zat antioksidan dalam walnut berupa polifenol yang berfungsi mencegah kerusakan oksidatif akibat kolesterol jahat (LDL). 

2.       Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kolesterol jahat atau juga dikenal dengan sebutan LDL yang jumlahnya tidak terkontrol dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Resiko penyakit jantung dapat dikurangi dengan mengonsumsi kacang walnut. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan terhadap sejumlah orang dewasa, diperoleh kesimpulan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi kacang walnut setiap hari selama delapan bulan, kadar kolesterolnya turun hingga 5% dibandingkan dengan orang dewasa yang sama sekali tidak mengonsumsi kacang walnut.

3.       Sumber Omega 3

Manfaat kacang walnut selanjutnya adalah kandungan omega 3 yang dimilikinya. Kandungan omega 3 yang terdapat dalam kacang walnut dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Omega 3 ini ditemukan diberbagai makanan, salah satunya adalah kacang-kacangan. Omega 3 pada kacang walnut lebih besar dibandingakan dengan kacang lainnya. Jenis omega 3 yang tedapat pada walnut adalah alpha-linolenic acid. Mengonsumsi walnut memenuhi kebutuhan harian alpha-linolenic acid sehingga  dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 10 %.

4.       Makanan Diet Sehat

Kata orang mengonsumsi kacang membuat badan menjadi gemuk. Hal ini karena kacang termasuk makanan berlemak. Namun anggapan itu terbantahkan, karena secara medis mengonsumsi kacang membuat badan lebih langsing. Untuk mencapai tujuan itu, mengonsumsi kacang walnut bisa menjadi pilihan diet sehat. Diet dikatakan berhasil, apabila berat badan mengalami penurunan sampai ke berat badan ideal. Berat badan bisa turun dengan mudah karena kerja kacang walnut yang dapat mengurangi nafsu makan.

5.       Penuaan yang Sehat

Manusia secra alami akan mengalami pertumbuhan dari anak-anak hingga lanjut usia. Dari pertumbuhan tersebut, diharapkan badan selalu sehat termasuk ketika memasuki lanjut usia. Sehat di masa lanjut usia dapat diwujudkan dengan menjaga berat badan tetap ideal. Caranya dengan mengonsumsi kacang walnut sebagai makanan diet sehat. Seseorang yang menjalani diet sehat dapatbmenurunkan risiko masalah fisik sebesar 13%. Apa Anda tertarik ingin mencoba manfaat kacang walnut yang satu ini?

Itulah tadi beberapa manfaat yang dapat Anda temukan pada kacang Walnut. Untuk mendapatkan manfaat kacang walnut, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya dalam salad. Walaupun kacang ini mempunyai manfaat kesehatan, namun jangan mengonsumsinya berlebihan! Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, jika diperlukan!

 

 

Post a comment for "Yuk Intip Manfaat Kacang Walnut!"