Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Tahu! Ini 5 Gejala Penyakit Lupus

Wajib Tahu! Ini 5 Gejala Penyakit Lupus – Penyakit lupus dapat menyerang laki-laki, perempuan, maupun anak-anak. Dalam sebuah kajian menyebutkan bahwa yang paling banyak diserang adalah kaum perempuan usia produktif kisaran 15-44 tahun. Penyakit lupus merupakan penyakit yang sulit didiagnosa sebab kelihaiannya dalam meniru gejala penyakit lain sehingga menimbulkan terjadinya kesalahan penangan.

Lupus merupakan penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun yang bekerja tidak sesuai kondisi normal. Di mana saat kondisi normal, sistem imun melindungi tubuh dari serangan infeksi virus atau bakteri. Sedangkan, pada penyakit lupus, sistem imun justru menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Bagian tubuh yang biasanya mengalami inflamasi yang disebabkan oleh serangan lupus adalah sel darah dan paru-paru. 


gejala penyakit lupus
 

Lupus atau disebut juga systemic lupus erythematosus (SLE)  adalah penyakit autoimun kronis yang bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh diantaranya kulit, sendi, ginjal, hingga otak. Gejala penyakit lupus bermacam-macam sehingga tidak heran jika penyakit lupus mendapat sebutan penyakit seribu wajah.

 

Penyebab penyakit lupus belum pasti, tetapi kombinasi faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus. Adapun pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari (UV), penyakit infeksi virus dan bakteri, masalah hormonal, stres, merokok, dan obat-obatan tertentu. Ada juga faktor resiko yang meningkatkan terjadi lupus, yaitu jenis kelamin, usia, dan ras.


Ini 5 Gejala Penyakit Lupus

 

Penyakit lupus yang terdeteksi cepat bisa ditangani sedini dan seefektif mungkin. Namun, sering terjadi kesulitan mendeteksi gejala yang ditimbulkan oleh lupus karena mirip gejala penyakit lain. Berikut 5 gejala penyakit lupus yang wajib diketahui :


Rasa Lelah yang Amat Sangat (Ekstrem)


Kegiatan sehari-hari seperti aktifitas kantor atau melakukan tugas rumah tangga bisa membuat kelelahan ekstrem. Meskipun sudah beristirahat tetapi belum menunjukkan kondisi fit harus diwaspadai siapa tahu penyebab lupus. Lupus dapat menyebabkan anemia, sehingga tingkat energi rendah. Lalu rasa lelah juga bisa berasal dari penurunan fungsi ginjal, paru-paru, dan jantung.

 

Ruam Kupu-Kupu di Wajah


Gejala penyakit lupus yang paling khas dan umum diketahui adalah munculnya ruam kemerahan yang menyebar pada batang hidung dan pipi berbentuk seperti sayap kupu-kupu. Istilah ini disebut ruam kupu-kupu (butterfly rash). Ruam kemerahan juga muncul di tangan dan pergelangan, kaki serta bagian tubuh lain. Ruam pada kulit akan bertambah parah jika paparan sinar matahari diakibatkan adanya reaksi fotosensitivitas.

 

Nyeri Persendian dan Otot


Pada sebagian besar penderita penyakit lupus, gejala nyeri dirasakan muncul pada persendian tangan dan pergelangan lalu buku-buku jari, serta jari-jari di pagi hari ketika bangun tidur. Tidak hanya nyeri tapi persendian juga terasa kaku dan mengalami pembengkakan. Pembengkakan dan rasa nyeri muncul di satu sisi tangan saja dan cenderung datang dan pergi, tidak mengalami bertambah parah dari hari ke hari seperti rematik.

 

Nyeri Dada


Sakit dada termasuk salah satu gejala penyakit lupus pada perempuan. Hal ini terjadi akibat peradangan jantung sehingga menyebabkan sesak nafas, nyeri dada, dan aliran darah terganggu. Penyakit lupus dapat mempengaruhi paru-paru sehingga sering merasa nyeri dada, apalagi saat bernapas.


Masalah Pada Ginjal


Salah satu organ tubuh yang mengalami komplikasi diakibatkan penyakit lupus adalah ginjal. Beberapa ahli berpendapat bahwa hal ini dikaitkan dengan sel antibodi yang seharusnya melindungi tetapi justru berbalik menyerang tubuh. Kerusakan pada ginjal akibat lupus bisa permanen. Masalah yang timbul pada ginjal disebabkan oleh lupu antara lain kenaikan berat badan, pergelangan kaki bengkak, tekanan darah tinggi, dan penurunan fungsi ginjal.

 

Tidak semua orang mengalami gejala penyakit lupus di atas tetapi bisa hanya satu atau dua gejala, sehingga penting untuk peka terhadap tubuh diri sendiri. Tidak ragu untuk periksa ke dokter apabila mengalami gejala yang tidak biasa dan muncul tanpa penyebab yang jelas.

 

 

 

Post a comment for "Wajib Tahu! Ini 5 Gejala Penyakit Lupus"