Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Rencana Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Berjalan Lancar

Tips Membuat Rencana Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Berjalan Lancar. Menetapkan tujuan olahraga akan membantu Anda tetap bugar selama kehamilan. Ini cukup mudah dilakukan ketika Anda sudah aktif olahraga sebelumnya, karena Anda tinggal meneruskan aktivitas tersebut. Sementara untuk Anda yang belum pernah berolahraga, maka sebaiknya mulailah ini dengan latihan intens 10-15 menit selama tiga kali dalam seminggu.

Idealnya Anda harus melakukan olahraga selama 30 menit, empat kali dalam seminggu. Namun jika Anda sulit untuk memulainya, maka bisa Anda kurangi hingga 10 menit. Untuk awal permulaan, ini mungkin cukup sulit dilakukan. Jadi untuk memotivasi Anda, maka cobalah mengingatkan diri Anda tentang manfaat olahraga selama kehamilan.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Cara Memotivasi Diri Untuk Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Letakkan pena di atas kertas

Banyak orang menemukan bahwa dengan menuliskan kegiatan yang telah mereka lakukan dan mereka rencanakan akan membuat mereka tetap termotivasi. Untuk itu, cara termudah untuk melacak seberapa aktif Anda adalah dengan mengisi lembar sasaran latihan mingguan Anda. Atau Anda juga bisa mencatat kegiatan olahraga sehat untuk ibu hamil Anda dalam buku harian. Sementara untuk Anda yang lebih praktis, maka bisa menggunakan aplikasi gratis untuk melacak aktivitas harian Anda

Menuliskan tujuan aktivitas Anda dan hal-hal yang sudah Anda capai akan memotivasi Anda untuk terus berolahraga. Anda bisa melihat pencapaian Anda dan dapat memutuskan kegiatan apa yang ingin Anda lakukan. Merasa lelah pada saat-saat kehamilan itu normal, namun dengan melakukan olahraga ringan sebenarnya dapat meringankan rasa lelah Anda. Untuk itu cobalah tetap pada rencana Anda.

Membuat ‘Rencana B’

Pastikan olahraga sehat untuk ibu hamil Anda berjalan lancar dan tidak terkendala dengan membuat rencana cadangan. Ini bisa bermanfaat ketika ada beberapa hal yang menghalangi, seperti Anda harus bekerja lembur atau terjebak kemacetan. Rencana B Anda bisa berupa olahraga ringan yang bisa dikerjakan di rumah, atau berupa jalan cepat dengan teman atau pasangan Anda.

Hadiahi kemajuan Anda

Jika itu bisa membantu, maka pilihlah hadiah setiap minggu untuk menghargai diri Anda karena tetap aktif dan bisa memenuhi tujuan Anda. Ini bisa berupa hal-hal kecil seperti perjalanan jangka pendek, menonton bioskop, pergi ke salon, atau sekedar rileksasi dengan mandi air gelembung. Menghargai diri sendiri akan membuat diri Anda menginginkan hal yang lebih, sehingga ini baik untuk kebugaran Anda.

Jadikan itu aktivitas kelompok

Melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil sendirian di rumah mungkin akan membosankan. Jadi buatlah ini lebih menarik dan bersemangat dengan mengikuti aktivitas bersama di suatu kelas. Ajaklah teman atau pasangan Anda untuk berjalan kaki, renang, atau mengikuti kelas kebugaran bersama. Atau cobalah mengikuti beberapa kelas yoga untuk ibu hamil. Dengan begitu Anda bisa bertemu dan berbagi pengalaman dengan calon ibu lainnya.

Hitung langkah Anda

Menggunakan pedometer (perangkat yang bisa menghitung langkah Anda saat berjalan) dapat membuat Anda lebih mudah untuk melacak aktivitas Anda. Untuk itu, buatlah kompetisi dengan diri Anda sendiri dengan menghitung langkah harian atau mingguan Anda. Lalu lihatlah, apakah Anda bisa menambahkan aktivitas olahraga Anda sedikit demi sedikit.

Melakukan olahraga selama kehamilan umumnya dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayinya. Namun tanpa niatan dan rencana yang serius maka olahraga sehat untuk ibu hamil ini akan menjadi sekedar wacana saja. Jadi cobalah tuliskan tujuan olahraga Anda mulai dari sekarang, dan nikmati kebugaran selama kehamilan yang baik untuk Anda.

Post a comment for "Tips Membuat Rencana Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Berjalan Lancar"