Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takut gemukan? Lakukan 6 Tips Mudah Diet Setelah Lebaran Idul Adha

Qsehat.com - Diet setelah lebaran idul adha banyak dilakukan oleh para kaum wanita yang mengeluhkan bobotnya naik setelah lebaran. Selama lebaran idul adha pasti banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dan bersantan. Dimana kedua makanan tersebut adalah musuh nyata bagi tubuh karena dapat menaikkan berat badan dalam sekejap.

Tetapi dengan mengikuti tips diet setelah lebaran idul adha ini berat badan anda dapat kembali ke bobot semula. Berikut ini adalah langkah yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal kembali!

diet setelah lebaran idul adha
diet setelah lebaran idul adha

Inilah Tips Diet Setelah Lebaran Idul Adha 

Bagi yang ingin tetap memiliki tubuh ideal dan sehat setelah lebaran Idul Adha, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

Perbanyak minum air putih hangat

Selama melakukan diet setelah lebaran idul adha coba untuk mengonsumsi air putih hangat. Fungsinya adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak juga akan lebih maksimal.

Konsumsi air putih hangat sebanyak 8 gelas sehari selama proses diet ini. Tubuh anda akan menjaga kerja hati yang terus berusaha mengolah kadar lemak yang berlebihan dalam tubuh.

Konsumsi buah dan sayur

Kandungan serat pada buah dan sayur sangat baik untuk melancarkan pencernaan bagi yang susah buang air besar. Makanan yang dimakan pada saat lebaran dapat menghambat proses pencernaan di usus. Makanan yang berserat ini yang akan membantu fungsi kerja usus menjadi normal.

Makanlah sayur dan buah dalam jumlah yang banyak selama proses diet setelah lebaran idul adha. Sehingga anda tidak akan tergoda untuk ngemil atau menambah porsi makan.

Istirahat cukup

Kurangnya istirahat dapat membuat kebutuhan insulin dalam tubuh terganggu. Fungsi insulin ini adalah untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Jika insulin terganggu maka dapat menjadi faktor utama penambahan berat badan.

Jika ingin sukses melakukan diet setelah lebaran idul adha, anda harus mencukupi kebutuhan istirahat setiap hari. Cukup 7-8 jam sehari anda akan merasakan tubuh menjadi sehat dan bugar.

Kurangi porsi makan

Jika sedang melakukan diet setelah lebaran idul adha, anda harus sedikit berjuang untuk tidak makan karbohidrat dalam jumlah banyak. Anda harus mengurangi porsi makanan karbohidrat dan lemak dalam sehari. Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat.

Karena cara seperti ini dapat mengurangi lemak lebih cepat. Selain itu, anda juga harus menambabhkan asam lemak esensial pada menu makanan. Fungsi asam lemak ini adalah untuk membantu proses pembakaran lemak tubuh. Contoh makanan yang mengandung asam lemak adalah ikan salmon, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Olahraga

Ketika melakukan diet setelah lebaran idul adha, tidak hanya menjaga pola dan menu makan tetapi juga harus diimbangi dengan olahraga. Karena dengan berolahraga dapat meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi resiko berbagai penyakit. Olahraga yang disarankan ketika melakukan diet ini adalah latihan cardio.

Anda dapat berlari, jogging, jalan cepat, berenang, atau bersepeda. Lakukan latihan cardio selama 30 menit sehari dengan intensitan 3-5 kali dalam satu minggu. Jika anda tidak suka atau tidak sempat berolahraga lakukan pekerjaan rumah tangga sebagai penggantinya.

Pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci, berkebun dan lain-lain dapat membakar kalori sehingga mudah berkeringat. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggerakan badan anda.

Puasa

Puasa merupakan cara terakhir yang sangat baik untuk dijadikan diet setelah lebaran idul adha. Dengan berpuasa tubuh akan beristirahat sementara untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Tentu saja hal ini dapat menjadi detoksifikasi alami untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak perlu.

Demikian informasi mengenai diet setelah lebaran idul adha yang bisa anda coba di rumah. Semoga dengan tips sederhana ini dapat membantu anda mengembalikan bobot tubuh seperti semula.

Post a comment for "Takut gemukan? Lakukan 6 Tips Mudah Diet Setelah Lebaran Idul Adha"