Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti 5 Tips Diet Pasca Lebaran Idul Adha untuk Tetap Ideal dan Sehat

Qsehat.com - Diet pasca lebaran Idul Adha bisa menjaga tubuh Anda tetap langsing dan sehat. Momen lebaran Idul Adha merupakan momen yang dinanti-nanti seluruh umat muslim. Tentu ketika lebaran Idul Adha Anda akan mendapat jatah daging qurban ya.

Sebagian orang mungkin merasa resah karena berat badannya naik ketika lebaran Idul Adha usai. Kalau sudah begitu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan berat badan ialah melakukan diet pasca lebaran Idul Adha.
diet pasca lebaran Idul Adha
diet pasca lebaran Idul Adha
Inilah Beberapa Tips Diet Pasca Lebaran Idul Adha

Sebal karena berat badan kembali naik seusai lebaran Idul Adha? Tidak perlu sedih tentu ada cara untuk menurunkannya kembali. Berikut beberapa tips diet pasca lebaran Idul Adha yang perlu dicoba di rumah:

Minum Air Putih Hangat

Tips diet pasca lebaran Idul Adha yang pertama ialah mengonsumsi air putih hangat. Mengapa harus hangat? sebab air hangat dapat membantu pencernaan agar dapat lebih cepat sehingga metabolisme tubuh akan lancar.

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran ini sangat mudah dilakukan bukan? selain baik untuk diet juga bagus untuk kesehatan tubuh. Apabila rutin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, maka akan melancarkan kinerja ginjal. Ginjal berguna untuk membuang racun berbahaya dalam tubuh.

Melakukan Olahraga

Tips diet pasca lebaran Idul Adha selanjutnya ialah melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga sudah jelas dapat membantu menurunkan berat badan pasca lebaran Idul Adha. Apabila ingin berolahraga dapat memulainya dengan olahraga ringan saja seperti jogging, yoga, atau bersepeda di pagi hari.

Olahraga pagi dan sore pada dasarnya sama-sama untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, keduanya juga memiliki perbedaan dari segi manfaatnya. Jika olahraga pagi dapat membantu menurunkan berat badan hingga membakar lemak. Sementara olahraga sore bisa menunjang performa agar lebih efisien.

Diet Seimbang

Agar tubuh dapat kembali ideal, maka perlu melakukan diet seimbang dengan mengurangi porsi makan sehari-hari terutama makanan yang mengandung lemak. Sebagai gantinya, dapat mulai mengonsumsi menu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi serta rendah karbohidrat.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan asam lemak esensial sebagai menu makanan diet pasca lebaran Idul Adha sehari-hari. Sebab, asam lemak ini mampu membantu proses pembakaran lemak. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak esensial yaitu salmon, ikan sarden, udang, tuna, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Istirahat Dengan Cukup

Tips diet sehat saat lebaran Idul Adha selanjutnya yaitu istirahat dengan teratur dan cukup. Apabila waktu istirahat kurang dari 6 jam dalam sehari,maka tubuh akan melepaskan sejumlah hormon. Hormon tersebut merupakan faktor utama bertambahnya berat badan.

Agar tidak mengalami hal tersebut, maka beristirahatlah dengan waktu yang cukup. Kebutuhan waktu tidur dalam satu hari yaitu selama 7-8 jam supaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk membantu menurunkan berat badan, maka perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran. Beberapa sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin, serta rendah lemak, natrium, dan gula. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu diet.

Sayuran yang baik untuk diet yaitu brokoli, asparagus, bayam, wortel, timun, labu, dan lain sebagainya. Sementara buah yang baik untuk diet yaitu apel, jeruk, melon, beri, markisa, dan lain-lain. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, pencernaan akan sehat serta dapat merasa kenyang lebih lama.

Itulah tips diet pasca lebaran Idul Adha yang dapat diterapkan bagi untuk membantu menurunkan berat badan setelah lebaran Idul Adha. Terapkan tips di atas secara rutin dan teratur agar badan dapat kembali langsing.

Post a comment for "Ikuti 5 Tips Diet Pasca Lebaran Idul Adha untuk Tetap Ideal dan Sehat"

Berlangganan via Email