Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Obat-Obatan Populer Di Indonesia Yang Bisa Ditanam Sendiri Di Rumah

Tanaman Obat-Obatan Populer Di Indonesia Yang Bisa Ditanam Sendiri Di Rumah. Sebelum memakai obat dokter, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memakai obat herbal untuk pengobatan. Banyak yang berpendapat jika menggunakan obat herbal ini lebih murah harganya. Belum lagi tanpa efek samping jangka panjang sehingga lebih aman dikonsumsi.

Tanaman obat-obatan di Indonesia sangat melimpah. Bagi yang membutuhkannya, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman apa. Pasalnya setiap tanaman ini memiliki kandungan serta manfaat yang berbeda. Nah, bagi yang ingin menggunakan tanaman obat-obatan, Anda bisa menanam sendiri di rumah karena memang sangatlah mudah. Berikut contoh tanamannya

tanaman obat-obatan populer di Indonesia

Tanaman Obat-Obatan Ini Bisa Ditanam Sendiri Di Rumah Karena Mudah Dan Simple

1.     Jahe

Jahe menjadi salah satu tanaman obat-obatan populer di Indonesia yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia karena manfaatnya. Tanaman ini mampu mengatasi berbagai masalah. Misalnya gangguan pada pencernaan, pusing karena vertigo, sakit kepala, nyeri karena haid dan masih banyak lainnya.

Jahe sangat aman untuk obat tradisional karena mampu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan. Hanya saja Anda harus memperhatikan kadarnya terlebih dahulu. Ada baiknya tidak mengkonsumsi jahe lebih dari 1 sendok teh atau 5 gram setiap hari.

2.     Kunyit

Kunyit menjadi salah satu tanaman obat yang banyak digunakan di Indonesia. Selain sebagai tanaman obat-obatan populer di Indonesia, tanaman ini juga untuk tambahan bumbu dapur, kecantikan dan jamu. Kandungan kunyit untuk kesehatan tidak bisa dilepaskan dari zat kurkumin didalamnya yang benar-benar sangat membantu.

Kunyit bisa dimanfaatkan untuk antiradang, antioksidan, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan masih banyak lainnya. meskipun bermanfaat, kunyit tidak boleh dikonsumsi secara berlebihamn karena memberi efek samping seperti asam tubuh yang naik.

3.     Lengkuas

Laos atau lengkuas menjadi salah satu tanaman obat terbaik dan populer yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini mengandung galangin, flavonoid, beta sitosterol dan masih banyak kandungan lainnya. Tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini bermanfaat untuk antioksidan, mengurangi rasa nyeri dan infeksi pada kesuburan pria.

Biasanya lengkuas dijadikan untuk tambahan penyedap rasa pada makanan. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai jamu atau minuman tradisional. Ingat, tidak disarankan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi tanaman ini. Pastikan tidak lebih dari 5 gram setiap harinya.

4.     Kencur

Tanaman obat-obatan populer di Indonesia lainnya adalah kencur. Tanaman ini bisa ditanam di rumah karena tidak membutuhkan bidang tanah yang luas. Kencur masih sedarah dengan jahe sehingga tidak heran banyak yang keliru soal perbedaannya. Sebagai tanaman obat-obatan, kenjur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Contoh manfaat yang bakal diterima adalah menambah nafsu makan, memperlancar haid, mengatasi masuk angin, mengatasi sakit kepala, mengatasi batuk dan diare serta masih banyak lainnya. biasanya tanaman ini dijadikan sebagai minuman obat alias jamu.

5.     Temulawak

Terakhir, tanaman obat-obatan populer di Indonesia yang banyak dikonsumsi adalah temulawak. Mendengar nama tanaman ini pasti saja tidak asing karena memang sangat populer. Tanaman ini bisa mengatasi berbagai masalah penyakit. Sebut saja seperti perut kembung, gangguan lambung serta masalah lain.

Meskipun bermanfaat untuk tubuh, tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini memberi efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Efek sampingnya berupa iritasi pada lambung yang bisa menyebabkan asam lambung akut.

Post a comment for "Tanaman Obat-Obatan Populer Di Indonesia Yang Bisa Ditanam Sendiri Di Rumah"