Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Obat-Obatan Populer Di Indonesia Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Tanaman Obat-Obatan Populer Di Indonesia Dan Manfaatnya Untuk Tubuh. Sejak jaman dulu, masyarakat Indonesia sudah akrab dengan berbagai tanaman yang bisa menyembuhkan penyakit. Hingga sekarang, masih banyak masyarakat yang lebih suka mengkonsumsi tanaman herbal dibanding harus pergi ke dokter dan mendapat obat kimia.

Wajar sebenarnya karena obat kimia mengandung zat kimia yang memberi efek samping jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Belum lagi, obat herbal ini memiliki harga terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan. Berbicara seputar tanaman obat-obatan, di Indonesia Anda bisa menemui ribuan tanaman obat. Bagi yang penasaran, simak beberapa tanaman populer berikut

tanaman obat-obatan populer di Indonesia

Tanaman Obat-Obatan Paling Populer Di Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Tubuh

Kumis kucing

Tanaman obat-obatan pertama yang akan dibahas adalah kumis kucing. Tanaman ini cukup mudah ditemukan di indonesia karena cukup melimpah. Sifat diuretik di dalam tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini bisa mengobati penyakit kencing manis serta melancarkan saluran kemih sehingga meningkatkan produksi urin.

Dengan begitu, bakteri kotor yang ada di kandung kemih bisa ikut terbuang. Tak hanya itu saja, tanaman obat ini juga memiliki zat anti radang yang bisa mengobati alergi, batuk, gangguan ginjal, asam urat serta hipertensi.

Lidah buaya

Lidah buaya menjadi contoh tanaman obat paling populer dan banyak disukai, khususnya oleh wanita. Tanaman lidah buaya sangat bagus untuk mempercantik wajah, menghilangkan jerawat serta menutrisi dan mengurangi bekas luka bakar di kulit. Daging tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini bagus untuk kesehatan tubuh.

Misalnya untuk mengatasi batuk, mengatasi masalah pada pencernaan, radang tenggorokan serta sembelit dan diabetes. Ketika cuaca panas, lidah buaya bisa diolah dengan dimasak pakai air gula  sebagai penyegar tenggorokan.

Belimbing wuluh

Tanaman obat ini biasanya dipakai untuk menambah rasa asam alami pada masakan tradisional. Ternyata bukan hanya untuk penyedap rasa saja. Tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini juga sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Belimbing wuluh terbukti bisa mengobati sariawan.

Selain itu, tanaman ini juga ampuh untuk mengatasi masalah gusi berdarah, rematik, gondongan serta sakit gigi. Bagian daun dan batang belimbing wuluh juga bisa dijadikan tanaman obat. Ini sudah banyak dibuktikan dari berbagai penelitian yang dilakukan di dunia kedokteran.

Temulawak

Tanaman obat berikutnya yang bisa dikonsumsi adalah temulawak. Sejak dulu, temulawak memang menjadi tanaman obat yang sering dijadikan jamu untuk dikonsumsi. Tidak heran jika termasuk tanaman obat-obatan populer di Indonesia yang banyak dikonsumsi. Bagian yang paling sering digunakan adalah akar serta dagingnya.

Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk obat gangguan ginjal, mengatasi masalah pencernaan, menjaga kesehatan jantung serta hati. Tak hanya itu, obat ini juga menjadi resep terbaik untuk mengobati berbagai penyakit kanker di dunia medis.

Jahe

Jahe mungkin tidak asing bagi Anda. Mengingat tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini sering diolah menjadi wedang jahe atau olahan lainnya. Sifatnya yang menghangatkan membuat jahe cocok untuk dikonsumsi ketika musim dingin. Jahe juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan pencernaan, mual serta batuk berdahak.

Bagi perempuan, tanaman ini bisa menjadi obat terbaik untuk meredakan nyeri ketika haid atau menstruasi. Jika diolah dengan baik, tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini juga bisa mencegah usus besar serta mencegah terjadinya kanker di tubuh. Sudah banyak hidangan tradisional yang memanfaatkan jahe sebagai bahan utamanya.

 

Post a comment for "Tanaman Obat-Obatan Populer Di Indonesia Dan Manfaatnya Untuk Tubuh"

Berlangganan via Email